Sukses dengan Pelajari Strategi Marketing dari Produsen yang Sudah Besar

0
75
Dompet Koin Unik

 

Keberadaan dompet koin yang berukuran kecil hingga besar, saat ini sudah banyak di pasaran. Walaupun saat ini pelaku usaha sejenis sudah cukup menjamur namun besarnya pasar dompet koin mampu menepis persaingan yang ada. Usaha ini akan terus mengalami peningkatan yang signifikan bila terus diimbangi dengan inovasi dan kreativitas produsen dalam menghasilkan bentuk produk baru yang tidak pasaran.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dan sekaligus sebagai penunjang pemasaran. Selain itu, produsen sebaiknya menciptakan ciri khas atau tema pada produknya, dengan tujuan untuk menciptakan brand image dan membentuk pasar sendiri.

Sebagai pemula atau yang baru mau memulai usaha, sebaiknya mengikuti atau mempelajari cara berbisnis, cara melihat pasar, dan cara mengembangkan usaha dari pelaku usaha yang sudah lama berkecimpung di bidang ini. Bisa ditempuh dengan cara menjalin hubungan dengan mereka. Karena kemampuan untuk dapat melihat perkembangan pasar memerlukan jam terbang yang tinggi, sehingga insting berbisnis Anda bisa terasah.

Pemilihan bahan baku juga menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan. Bahan baku sebaiknya disesuaikan dengan pemilihan tema produk tersebut. Bila produknya ingin bertemakan etnik, maka sebaiknya bahan baku diolah dari bahan daur ulang atau bahan alami. Bisa juga menggunakan bahan batik.

Sebaliknya, bila produknya mengarah pada tema modern, produsen sebaiknya menciptakan bentuk dompet koin dari bahan baku yang sedang trend. Sebaiknya kemasan produk dibentuk seunik mungkin dengan tujuan menunjukkan nilai seni yang tinggi.

Persaingan dengan produk impor juga bukan penghalang bagi pelaku usaha tingkat UKM. Alasannya, harga jual produk impor bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipat harga produk lokal. Namun perlu diingat pula, produsen lokal harus jeli dalam melihat momen. Karena biasanya pada moment-moment tersebut angka penjual dompet koin akan sangat tinggi.

Seringkali, para produsen dihadapkan dengan kendala kreativitas. Padahal unsur ini merupakan unsur terpenting dalam usaha kerajinan. Sebaiknya, sebelum terjun dalam dunia ini calon produsen melakukan riset terhadap minat pasar yang berkembang, sehingga saat akan menjual produknya, produsen tidak salah sasaran.

Sisi yang ditonjolkan dari produk dompet koin adalah kreativitas bentuk produknya. Seringkali, produsen membuat produk sejenis dalam jumlah yang besar, sehingga dompet tersebut terkesan pasaran dan tidak eksklusif. Sebaiknya produk dihasilkan dengan jalan handmade dan diproduksi dalam jumlah sedikit dengan bentuk yang beragam.

Pemasaran yang tepat dalam menjalankan usaha ini sebaiknya dilakukan dengan berbagai macam cara. Langkah yang pertama yakni dengan menjalin hubungan dengan banyak komunitas guna menjaring calon konsumen. Langkah berikutnya dapat dilakukan dengan jalan mengiklankan produk di jejaring sosial, atau internet. Pembuatan blog maupun website dapat menjaring lebih banyak konsumen. Namun, dengan mengikuti beberapa pameran juga mampu meningkatkan daya jual.

Akan tetapi, langkah ini sebaiknya dilakukan dengan mengikuti pameran dalam skala yang besar seperti pameran tingkat nasional dan internasional, guna menjaring konsumen dalam jumlah yang luas. Bila usaha sudah besar dan menjadi pelaku besar, sudah seharusnya memikirkan tentang ekspansi pasar dengan memperluas jaringan, bisa dengan sistem kemitraan atau keagenan/reseller.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.