Modal Rp 250 Ribu Kini Punya 150 Mitra

0
301
Baju anak muslim (dok nuqtoh.com)

Dunia fesyen memang gak ada matinya, apalagi bagi mereka yang terus berkreasi dengan berbagai desain dalam produk yang ditawarkan. Seperti yang dilakukan Rifani dan Rosyi Nurrosyidah dalam membangun usaha kaos anak Nuqtoh. Walau berawal dari sebuah usaha sampingan yang dilakukan Rifani saat masih bekerja di salah satu perusahaan desain fesyen di tahun 2013, namun dengan keuletan dan terus berkreasi dalam desain membuat kaos anak Nuqtoh mendapatkan respons positif dari konsumen.

Hasilnya, dengan modal yang tidak terlalu besar tepatnya pada 2015, Rifani mulai serius dan fokus pada usaha yang dijalankan. “Saya mulai memfokuskan pada usaha ini sejak bulan September 2015 lalu ,” ungkapnya.

Bertemakan Islam

Dengan background pendidikan Bahasa Arab, Rifani lebih memilih untuk membuat berbagai desain kaos anak bertemakan Islam. Selain itu, pesaing yang masih jarang di kaos anak muslimah dan pasar yang besar karena sebagai pendudukan Indonesia adalah muslim menjadi salah satu alasan.

Dari yang awalnya hanya mengeluarkan 3 desain kaos anak, kini Nuqtoh sudah memiliki puluhan desain kaos yang ditawarkan. Mulai dari desain yang menggabungkan bahasa Indonesia dengan bahasa Arab, desain gambar anak-anak menggunakan hijab hingga desain edukasi yang mengajarkan anak tentang Islam.

Ada beberapa ciri khas kaos anak Nuqtoh dibandingkan dengan produk sejenis di pasaran. Mulai dari desain yang kaya warna, tidak menggunakan tag merek atau ukuran pada leher dengan alasan ada anak yang kulitnya agak sensitif, sehingga menimbulkan iritasi ringan seperti gatal atau kulit memerah, menggunakan sablon berbasis air (waterbase) yang sudah mendapat sertifikat eco sulotion yang elastis dan tidak luntur, hingga menggunakan teknik jahit kumis dan rantai pada pundak agar lebih kuat dan cocok buat kaos model anak sehingga membuat produk kaos Nuqtoh terlihat lebih classy.

Harga kaos Nuqtoh bervariasi tergantung ukuran dan jenis kaos (lengan pendek/lengan panjang). Untuk lengan pendek mulai dari Rp 69 ribu hingga Rp 89 ribu, lengan panjang mulai dari Rp 69 ribu – Rp 99 ribu.

Selain kaos, Nuqtoh juga mengeluarkan produk jumper untuk bayi dengan desain islami. Untuk jumper lengan pendek di jual dengan harga Rp 59 ribu dan lengan panjang Rp 69 ribu. “Untuk produk jumper baru kita pasarkan 1,5 tahun lalu dan produk ini mendapatkan respons yang bagus dari konsumen,” tambahnya.

Walau masih berumur 6 bulan, namun Rifani mengaku permintaan kaos anak buatannya terus meningkat. Paling tidak setiap bulannya 500 sampai 700 pcs kaos dari berbagai jenis terjual. Permintaan juga mulai meningkat menjelang hari Idul Fitri, walaupun masih kurang beberapa bulan namun permintaan untuk bulan Maret-April ini sudah lebih dari 1200 pcs.

Free Ongkir Seluruh Indonesia.

Dalam mengembangkan usahanya, Rifani membuka kesempatan kerjasama. Ada beberapa konsep kerjasama yang ditawarkan, tentunya dengan investasi yang berbeda. Mulai dari Member dengan investasi Rp 250 ribu dengan diskon 10%, Reseller dengan pembelian awal Rp 500 ribu akan mendapatkan diskon 20%, Agen dengan investasi Rp 3 juta dengan diskon 30% dan untuk distributor dengan investasi Rp 7,5 juta dengan potongan harga 40%. Dalam kerjasama ini Mitra bebas memilih produk yang diinginkan, namun biasanya dengan persentasi 70% kaos anak dan 30% jumper.

Ada yang menarik dengan kerjasama kaos anak Nuqtoh, agar harga jual Mitra sama dengan harga jual pusat, maka Rifani membebaskan ongkos kirim pada para Mitranya ke seluruh Indonesia. “Untuk pengambilan berikutnya juga akan kita berikan free ongkir dengan besaran pengambilan yang sudah ditentukan seperti pengambilan Rp 3 juta untuk distributor,” ujar Rifani.

Bicara mengenai balik modal, Rifani tidak bisa memberikan target yang pasti. Karena hampir semua Mitra usahanya tidak hanya menjual produk Nuqtoh melainkan berbagai produk fesyen dari produsen lainnya. Tapi paling tidak dari pengalaman yang ada Mitra akan mengambil atau membeli produknya kembali pada bulan kedua.

Walau hanya memanfaatkan media online sebagai pemasaran namun dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, permintaan produk kaos anak Nuqtoh terus meningkat. Bukan hanya dari dalam negeri dengan jumlah Mitra yang sudah mencapai 150an Mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Permintaan juga sudah datang dari Singapura untuk produk jumper bayi. “Untuk Jumper sudah ada yang memesan dari Singapura,” ungkapnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.