Peluang Bisnis Minuman White Cincau Alami dan Menyehatkan

0
720
Cincau putih (dok malangculinary.com)

Masyarakat Indonesia sudah mengenal cincau sebagai salah satu minuman yang segar dan juga memberi manfaat bagi tubuh. Karena itu, tidak heran bila minuman cincau banyak diminati masyarakat yang menjadikan usaha ini memiliki prospek yang menjanjikan untuk dijalankan.

Selain cincau hijau dan hitam yang sudah dikenal masyarakat luas. Saat ini ada produk cincau putih yang mulai merambah pasar minuman di tanah air.

Sama dengan cincau jenis lain, cincau putih merupakan salah satu minuman yang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Minuman rendah kalori ini memiliki beberapa manfaat seperti dapat meredakan panas, membantu menetralisir racun dalam tubuh, membantu mengeluar dahak, mengurangi timbulnya jerawat, menjaga kesehatan usus, kesehatan kulit, dan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Agar lebih memikat masyarakat untuk mencobanya, minuman yang kaya serat dan zat antioksidan ini dicampur dengan berbagai macam buah-buahan segar seperti anggur, jambu, strawberry, mangga, sirsak, leci, jeruk, melon, lemon dan sebagainya. Dan juga ditambahkan berbagai topping seperti  grass jelly, taro, matcha, egg, strawberry dan lainnya.

Ada empat varian rasa white cincau atau cincau putih yang ditawarkan dengan harga yang bervariasi seperti White Cincau Fruity Series dengan harga Rp 12 ribu per cup, topping series dengan harga Rp 16 ribu per cup, milky series Rp 16 ribu per cup, dan healty series Rp 12 ribu per cup. Semua varian tersebut disajikan dengan gelas/cup berukuran 14 ons dan tidak menggunakan bahan pengawet.

Cara Pembuatan

Memulai usaha cincau putih memerlukan modal yang lumayan besar. Karena peralatan yang digunakan bisa dibilang lumayan mahal, seperti misalnya membeli mesin pengolahan bubuk cincau, timbangan, pemipil biji, penggilingan, alat pengering dan sebagainya.

Selain itu  tempat usaha juga sangat penting karena dalam memproduksi bubuk cincau yang terbuat dari biji tanaman Physalis membutuhkan tempat yang agak jauh dari pemukiman penduduk bila lokasi produksi terletak di dekat pemukiman penduduk maka harus meminta izin dari warga sekitar agar polusi suara yang ditimbulkan tidak mengganggu warga sekitar.

Setelah peralatan siap, langkah berikutnya ialah mempersiapkan bahan baku yaitu membuat bubuk cincau yang berasal dari biji tumbuhan physalis. Selain dengan menggunakan biji physalis yang sulit didapat saat ini, Ada juga alternatif lain yaitu daun pohon Dolar.

Daun ini dicuci terlebih dahulu menggunakan air bersih agar mendapatkan zat pati secara maksimal. Setelah itu, 1 kg daun Dolar direbus bersama dengan zat NaOh yang bisa di dapat di toko kimia bersama dengan 20 liter air.

Perebusan terus dilakukan hingga air rebusan berkurang setengahnya. Selama proses perebusan, jangan lupa diaduk karena bila tidak buih dari campuran ini bisa meluap dan tumpah saat mendidih.

Setelah mendidih, ambil larutan zat pati rebusan daun dolar dengan cara disaring. Setelah disaring, rebus dan terus aduk zat pati hingga mendidih dan mengental. Bila sudah tuangkan kedalam loyang atau cetakan yang sudah dipersiapkan. Diamkan selama sekitar 7-10 jam hingga mendingin. Setelah dingin cincau putih siap disajikan dengan buah dan juga topping sesuai dengan keinginan.

Pemasaran.

Dalam memasarkan usaha ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyebar brosur baik itu di jalan, kampus, daerah perkantoran atau mal-mal ternama. Dalam brosur tersebut dilengkapi dengan daftar menu serta harga dari menu yang ditawarkan dan juga jangan lupa kontak pelaku usaha.

Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan memberikan tester pada awal usaha kepada masyarakat di sekitar lokasi usaha, agar mereka tahu bagaimana rasa cincau putih dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Selain itu untuk memperluas pemasaran, pelaku usaha bisa menggunakan media internet dengan membuat website dan mempromosikan di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Serta memasukan atau bekerja sama dengan toko swalayan lokal terdekat melalui sistem konsinyasi atau sistem pembayaran putus. Bila mempunyai modal yang cukup, pelaku usaha bisa mengikuti pameran yang kerap diadakan di berbagai tempat seperti misalnya di kampus atau pameran usaha di tempat lainnya.

Agar usaha ini dapat terus berkembang, pelaku usaha bisa memberikan edukasi kepada para konsumen seputar manfaat cincau putih untuk kesehatan atau menambah varian rasa baru untuk lebih memikat konsumen lebih banyak.

 

oleh: Tiffany Setiawan

Pemilik Cincau Putih “Be Happy”

Jl. Daan Mogot KM 14

Ruko Diamond Blok B1/20

Website: www.whitecincau.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.