Bioskop Keliling 4D Hadirkan Film dengan 5 Efek

0
1184
Bioskop keliling 4D (dok 4dimensi.com)

Hobi menonton film di bioskop membuat pria asal Wonosobo, Jawa Tengah ini tertarik membuka bisnis biskop 3D. Tak hanya hobi, pria bernama lengkap Giat Wahyu Mukti ini juga melihat potensi pasar yang sangat besar di bisnis cinema 4D..

“Melihat kondisi waktu itu bahwa bioskop daerah telah tenggelam, Maka saya yakin disana ada peluang untuk bioskop dengan teknologi baru seperti hadirnya XXI ternyata menjawab semua kebutuhan para pecinta film. Peluangnya adalah Kita akan coba hadirkan bioskop mini ke daerah atau kota yang jauh dari XXI,” ungkap pria yang kerap disapa Wahyu.

Tidak memiliki kemampuan mengembangkan bisnis seperti ini, di tahun 2010 wahyu mencoba menjalin kerja sama dengan salah satu bioskop mini yang memang sudah ada pada saat itu. Tetapi karena tidak membuka sistem kerja sama Wahyu gagal menjadi Mitra bioskop mini tersebut. Dengan kegigihan dan passion yang kuat, Wahyu mencoba membangun usahanya sendiri di Wonosobo dengan nama StarCinema.

“Keinginan yang begitu kuat maka saya berusaha menghadirkan Bioskop Mini Dengan nama StarCinema dengan tagline Enjoy with Your Favorite Movies” jelas wahyu.

Semakin berkembangnya teknologi, StarCinema akhirnya menayangkan film 3D sesuai dengan permintaan pasar dan booming-nya film 3D dengan menggunakan kacamata 3 dimensi saat menonton film. Tak hanya itu, belum lama ini, Wahyu menghadirkan film 4 dimensi (4D) yang memang saat ini sedang tren di kalangan pecinta film.

Wahyu mengaku mengembangkan teknologi 4 dimensi ini karena menjawab kebutuhan pelanggan agar lebih nyaman dalam menonton sebuah film. Modal awal untuk mengembangkan bisnis hiburan 4 dimensi ini Wahyu mengaku sudah mengeluarkan biaya yang lumayan besar.

“Untuk mengembangkan experience ini biaya sudah banyak saya keluarkan,” paparnya sambil tertawa.

Karena mengembangkan konsep teknologi 4 dimensi, Wahyu mengatakan jika bioskop 4 dimensi.com memiliki 84 jumlah kursi gerak. Tidak kalah dengan bioskop IMAX yang ada di kota besar, mini bioskop 4 dimensi.com juga memberikan efek seperti angin, air, kilat, asap hingga bubble.

Dengan mematok tarif mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 50 ribu Wahyu menghadirkan film edukasi dan hiburan anak yang memiliki panjang durasi 10 hingga 15 menit. Dalam satu hari 4Dimensi.com bisa menarik pelanggan ratusan orang. Dengan begitu tidak heran jika dalam satu bulan Wahyu bisa meraup omset hingga diatas Rp 50 juta rupiah dengan keuntungan diatas 30%.

Keunggulan yang dimiliki oleh 4Dimensi.com yakni menyajikan film yang sehat dan mengasyikan dengan kecanggihan teknologi 4 dimensi yang bisa menghasilkan efek seperti penonton sedang berada di dalam film yang sedang di putar. Dengan merogoh kocek yang terjangkau para pecinta film sudah menikmati film 4Dimensi.com ini. Wwahyu mengatakan jika bioskop mini nya ini beroperasi mulai drai pukul 9 pagi hingga pukul 7 malam. 4Dimensi.com saat ini dibantu oleh 17 orang karyawan. 4Dimensi.com juga sudah berbentuk sebuah CV dengan nama CV Dullah.

Tingginya permintaan pasar untuk bisnis hiburan seperti ini, Wahyu membuka kerja sama dengan konsep jual putus. Bagi Mitra yang ingin bekerja sama dengan 4Dimensi.com, Wahyu mematok biaya investasi sebesar Rp 310 juta. Dengan investasi sebesar itu Mitra sudah bisa mendapatkan 6 kursi gerak (motion), komputer (PC high end), dual proyektor, filter, proyektor handle, layar 150” 3,3 x 1,8 meter (silver screen), sound system, dan 5 efek gelembung, asap, kilat, angin dan air. Wahyu memberikan garansi alat selama 5 bulan dan jika ada kerusakan akan diberikan ganti rugi.

“Walaupun pengalaman kami sampai saat ini belum ada komplain dari Mitra dan maintenece selalu dalam pemantauan kami,” ungkap pria yang memiliki hobi menonton film ini.

Wahyu juga tidak mematok biaya royalty fee ataupun franchise fee. Untuk omset, wahyu mengasumsikan jika bisa mendapatkan omset sebesar diatas Rp 40 juta/bulan dengan perhitungan 6 bangku motion dan mendapatkan keuntungan hampir 30%. Dengan begitu Wahyu menargetkan balik modal dalam jangka waktu 10 bulan.

Untuk harga jual tiket, semua tergantung dari Mitra karena menurutnya setiap wilayah memiliki daya jual yang berbeda-beda. Wahyu juga mengaku untuk menarik Mitra dan mempertahankan hubungan kerja sama dengan Mitra ia selalu menghadirkan teknologi dengan kualitas terbaik, meng-update film 4 dimensi, membantu keluhan Mitra dan membantu promosi Mitra. Saat ini 4Dimensi.com milik wahyu sudah memiliki 7 mitra yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Untuk mengenalkan bisnisnya, Wahyu memanfaatkan website, facebook dan beberapa media online lainnya. Sedangkan untuk offline wahyu membuat design kaos dan stiker untuk berpromosi. Untuk ekspansi kedepan wahyu ingin melebarkan sayap bisnis nya dengan konsep 4D edukasi goes to village.

“Karena hiburan 4 Dimensi ini biasanya di kota maka kami akan mencoba memperkenalkan dunia hiburan 4 dimensi ke area desa (kampung). 4D edukasi goes to village hiburan sehat dan memiliki edukasi untuk anak TK dan SD,” pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.