Terinspirasi Khadijah, Wanita Ini Jembatani UMKM Kembangkan Bisnis di Malaysia

0
572

Perempuan cantik Risti Yuni Lestari, sejak tahun 2014 menjabat CEO Malaysia Indonesia Corporate House (MICH). Sebagai konsultan manajemen bisnis, MICH telah menangani 35 perusahaan, di antaranya pelaku UKM yang ingin mengembangkan usaha di Malaysia.   

Membangun bisnis karena terinspirasi istri Nabi Muhammad SAW Siti Khadijah, yang merupakan perempuan pebisnis. Bagi lulusan S2 dan S3 bidang Administrasi Bisnis dari Belanda dan Jerman, Khadijah menjadi suri tauladan bagi perempuan sehingga membuatnya ingin terjun ke dunia usaha.

Risti juga merupakan dosen entrepreneur di NHI Bandung, serta pembicara talkshow dan seminar. Namun, sebagai seorang ibu skala prioritas adalah keluarga. Menurutnya Allah menciptakan setiap perempuan dengan skala prioritas yang berbeda-beda.

“Ada yang dikasih kepercayaan, tenaga dan pikiran untuk menjaga anak dan suami. Ada perempuan yang dikasih kepercayaan untuk bermanfaat bagi keluarga sebagai tulang punggung,” ucapnya.

Diakui Risti, Allah memberikannya kepercayaan sebagai tulang punggung keluarga, tetapi ia tidak pernah berpikir sebelumnya. Justru inilah yang membuat ilmunya bermanfaat bagi orang banyak. Ia dititipkan Allah untuk menangani skala yang besar menjadi Pembina UKM, mendampingi para UKM dari awal hingga memberikan pendampingan agar mereka naik kelas.

Risti juga dipercaya membina perusahaan-perusahaan yang levelnya lebih tinggi. “Passion saya adalah mengambil ilmu dan mengamalkannya. Ketika saya bermanfaat untuk banyak orang, terutama mahasiswa,” ucap Risti.

Sesuai filosofinya, “hidup itu pilihan”. Manusia menjadi luar biasa karena keputusan-keputusannya yang luar biasa, Sebelum bekerja kita berdoa, sebelum berangkat salam sama orangtua untuk meminta restu, itu hasilnya akan lain dibandingkan jika hal itu tidak dilakukan. Dengan filosofi itu ia ingin menjadi orang yang mampu memberikan teladan kepada orang lain.

Raih Award

Di tahun 2018, Risti meraih penghargaan Action Award dari Action Business, Mei 2018 di Malaysia. Desember 2018, Risty kembali mendapaykan Top Leader Award dari Seven Media yang disponsori oleh Kementerian Koperasi. Menurut Risti, mendapatkan suatu award adalah barometer yang menurut manusia kesuksesan diukur dari situ.

“Walaupun award bukan tujuan saya dalam melakukan sesuatu, tetapi Alhamdulillah ada apresiasi dari orang yang memperhatikan sepak terjangnya. Ini menjadi suatu amanah untuk saya, agar di tahun 2019 menjadi lebih baik lagi,” paparnya.

Menurut Risti, manusia tidak memiliki level puas. Namun, kembali ke titik awal, jika ingin mempertahankan adalah passion dan niatnya untuk bermanfaat bagi orang banyak. Niat tersebut sangat sulit, karena kita terkadang selalu menginginkan sesuatu.

Mencapai kesuksesan tidak mudah. Di tahun 2019 ia ingin melakukan sesuatu yang jauh lebih baik lagi dari tahun 2018. Mengawali tahun, Risti bermuhasabah mengenai apa yang kurang dalam dirinya, yakni mudah percaya terhadap orang lain. Dampaknya, ketika salah satu partner, klien atau staf melakukan sesuatu hal di luar ekspektasinya menimbulkan fitnah dan berimbas pada perusahaan.

“Di satu sisi itu baik, tetapi di sisi lain itu adalah kelemahan. Ini dijadikan suatu alarm kelemahan saya. Saya melihat kegagalan-kegagalan di 2008 adalah kelemahan saya ini. Insya Allah di tahun 2019 akan saya perbaiki dalam hal fix management,” ucapnya.

Di tahun 2019 Risti juga ingin menambah bisnis yang lain, di luar sebagai konsultan dari bisnis enterpreuneur dan developers sudah dijalankan saat ini. Ia ingin menjadi presenter program CSR yang sudah dijalankan. Cita-cita besar Risti tahun 2019 ini akan menjadikan santripreneur, yang digembleng menjadi biro usaha yang baik menurut kaidah Islam.

Risti menyadari sekarang jamannya digital milenial, sehingga strategi perusahan harus mengikuti zaman now. Di antaranya infrastruktur yang harus dibenahi sehingga dapat diterima di era digital milenial. Karena itu, Risti lebih concern untuk digital marketing.

Risti memiliki staf perusahaan dari kalangan milenial untuk bidang digital marketing. Mereka memasarkan produknya atau menaikkan perusahaan menjadi lebih melek digital. Untuk itu, ia banyak menggunakan media kreatif yang bersinergi dengan perusahaan.

Karyawan

Saat ini Risti membawahi 20 orang karyawan inti dan 300 orang yang mengurus olshop. Dalam rekruitmen karyawan, ia tidak memandang lulusan mana. Baginya, yang terpenting memiliki ketekunan dan tanggung jawab. Risti menggunakan insting sehingga tanpa ragu mempekerjakan mantan preman sebagai karyawan yang memegang satu departemen.

“Saat itu sempat ada pertentangan dari direktur dan lainnya, karena yang saya lakukan out of the box. Ketika saya dilawan, saya melawannya dengan membeli saham tertinggi sehingga saya bisa berbuat yang saya inginkan. Yang pintar banyak, tetapi mengembangkan kapasitas orang dari bibit itu perlu pendampingan,” paparnya.

Ternyata bibit yang dilihat Risti benar-benar bisa bekerja dengan baik. Karyawan bagi Risti adalah aset sehingga sudah tujuh tahun, hampir 65 persen karyawan adalah pegawai lama. Karena itulah, Risti selalu memperoleh keberkahan, apa yang diinginkan selalu diberikan oleh Allah.

Manajemen Waktu.

Menjalani kesibukan diperlukan management time. Namun seringkali ada sesuatu yang harus dikorbankan. Sejak muda, ia tidak memiliki kehidupan sosial karena sibuk dalam pendidikan. Namun saat ini ia lebih memiliki kehidupan sosial, bertemu dengan banyak orang.

“Dulu memang saya fokus mengembangkan diri, atau bahasa kasarnya menyiksa diri. Bagi saya menikmati prosesnya apapun harus dinikmati sehingga tidak keberatan untuk melakukannya,” ucap perempuan berusia 33 tahun ini.

Risti bersyukur meski selalu memiliki kesibukan, keluarga selalu mendukung penuh. Bagi Risti orangtua sebagai satu sinergi yang memang harus didapatkan untuk mencapai sesuatu dukungan dan memiliki peran penting.

Karena itu, seminggu sekali di hari Sabtu dan Minggu, Risti meluangkan waktu untuk keluarga, seperti melakukan outbond, mengikuti kajian pesantren bersama keluarga. “Saya punya waktu-waktu tertentu, teman-teman saya tahu Sabtu Minggu saya tidak mau diganggu dalam bisnis atau kegiatan apapun,” ucap Risti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.