Mantan Karyawan Bank yang Sukses Jadi Pengusaha Busana Muslim

0
3549

Arfiani, Owner Hureem by Fia memiliki passion di dunia fesyen ini semakin memantapkan diri terus berkarya menghasilkan produk-produk fesyen syar’i yang modern, simpel, elegan namun terjangkau banyak kalangan. Fia mengatakan tetap berkarya denan menjaga kualitas secara berkesinambungan. Di tahun ini Fia memiliki beberapa rencana dan strategi-strategi baru yang akan meningkatkan kualitas produk yang akan dihadirkan.

“Mungkin ada beberapa yang perlu ditingkatkan atau diperbaharui baik dari model, bahan, motif dan warna yang lebih variatif,” ujar wanita kelahiran Parepare, 15 Maret 1976 ini

Ibu dari Kayla Azzahrah (14) dan Muhammad Al Hilly (9) ini menceritakan perjalanan bisnisnya yang dirintis dari nol. Sebelum menjadi seorang pebisnis, Fia hanyalah seorang karyawan salah satu bank BUMN yang selalu dikejar target dan kerja under pressure.

“Saya rasa passion saya di bisnis, jadi karyawan nggak bisa kayaknya. Disini target saya apakah desain saya diterima masyarakat gitu aja,” ujarnya.

Dengan modal goresan tangan mendesain busana syar’i ala kadarnya, ia memulai peruntungan di dunia bisnis busana syar’i yang lima tahun lalu baru tren. Dengan memilih jenis bahan yang berkualitas bagus, namun ringan di badan serta memilih penjahit berpengalaman, Fia memulai bisnis busana syar’i yang diberi label Hureem by Fia. Tak disangka busana syar’i kreasinya cukup diminati pasar.

“Saya pilih busana syar’i karena  simpel, nggak terlalu banyak model yang penting longgar dan nyaman digunakan,” ujarnya.

Selain menghadirkan busana syar’i, Hureem by Fia juga memproduksi busana muslim daily to wear, kebaya hijab, gaun pesta muslim hingga yang terbaru hijab anak.

Simpel nan Elegan

Dari berbagai produk busana muslim yang dibuatnya, memiliki ciri khas simpel namun elegan. Yang terpenting harga yang ditawarkan bisa dijangkau banyak kalangan. Dari awal ia ingin menunjukkan orang berbusana syar’i itu tetap terlihat cantik, modis dan kekinian. Yang penting, tidak perlu mahal. Dengan pertimbangan ini pula Fia memilih membuat busana syar’i yang simpel, tidak terlalu ramai dengan aplikasi maupun aksesoris.

“Paling saya pakai sedikit aksesoris di satu sisi seperti payet atau renda hingga swaroski sebagai pemanis untuk busana syar’i pesta,” tambahnya.

Selain menghadirkan fesyen syar’i bagi dewasa, Fia juga mengenalkan busana syar’i anak. Dengan mengkombinasikan bahan ceruti dan bahan kaus di bagian bahu membuat busana syar’i anak Hureem by Fia tidak panas, nyaman dan anak tetap bebas bergerak dengan rok lebar bak putri Elsa serial frozen yang sangat dimianti anak-anak.

Fia yang menginginkan semakin banyak orang berbusana muslim syar’i lebih menjadi motivasi utamanya. Karena itu, ia pun menawarkan koleksi Hureem by Fia mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 2,4 juta saja.

Meski memproduksi dengan harga yang cukup terjangkau banyak kalangan, produk Hureem By Fia memiliki kualitas bagus dan diproduksi secara terbatas. Untuk produk daily to wear hanya diproduksi 30-40 pieces dengan beberapa pilihan warna. Selain itu ada pula yang hanya dibuat 12 pieces hingga limited 4-6 pieces untuk yang premium Rp 1,5 juta hingga Rp 2,4 juta.

“Kalau sudah habis dan masih banyak yang pesan paling saya produksi repeat sekali lagi. Untuk yang premium kita buat sangat terbatas,” jelasnya. Dalam sebulan Fia mampu memproduksi sekitar 100 pieces busana syar’i berbagai model dan warna.

Fia mengatakan banyak hal yang ia temui selama menekuni bisnis. Salah satunya ia banyak menemui berbaga jenis bahan dan motif berbagai daerah yang bisa dipadupadankan hingga menghasilkan busana syar’i yang menawan.

Salah satunya ia pernah menggunakan batik Solo sebagai bahan untuk kebaya syar’i hingga bahan sutera asal Makassar. Ke depan ia juga akan menggunakan batik lasem asal Jepara yang belum banyak diguinakan desainer lain.

Promosi Dibantu Artis

Guna terus menarik konsumen wanita yang hobi travelling ini selalu mengeluarkan paling tidak 4 model baru tiap bulannya. Selain memasarkan produknya dia jejaring sosial, Hureen by Fia memiliki outlet di The Lady FX Senayan dan Parepare, Sulawesi Selatan.

Selain itu Hureem by Fia juga getol mengikuti berbagai ajang pameran, bazaar dan fashion show di berbagai pusat perbelanjaan di Jakarta dan beberapa kota lainnya seperti Pejaten Village, Gandaria City, Kota Kasablanka, Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya, Kendari, Makassar dan kota lainnya.

Hureem by Fia juga kerap mengikuti ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 di JCC, Jakarta. Bukan hanya di dalam negeri, Hureem by Fia juga kerap mengikuti pameran di luar negeri seperti Halal Festival di Malaysia dan akan segera terlibat dalam pameran fashion di London, Oktober 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.