Selain Diisi 1.421 Perajin dan Eksportir Kerajinan, Inacraft 2019 Juga Hadirkan Paviliun Luar Negeri

0
320

Pameran kerajinan yang rutin diadakan tiap tahunnya (INACRAFT 2019) kembali digelar ke 21 kalinya. Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai ikon pameran dengan tema “Jakarta Enjoyable Multicultural Diversities”, tahun ini, INACRAFT 2019 mengangkat kesenian dan kebudayaan serta produk kerajinan unggulan dari Betawi.

Selain menampilkan produk kerajinan Provinsi DKI Jakarta sebagai main icon dan ambience pameran, penampilan seni budaya juga turut memeriahkan suasana selama pameran berlangsung. Pameran yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 24-28 April 2019 telah dibuka Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo

Setelah menyampaikan pidato pembukaan, Jokowi bersama Iriana langsung menuju stan-stan pameran. Jokowi masuk dan meninjau beberapa stan, di antaranya Paviliun DKI Jakarta, Empathy, Kerajaan Maroko dan beberapa lainnya. Sementara itu, Iriana tampak memisahkan diri dari Jokowi. Dia juga menghampiri beberapa stan pameran dan membelinya. Sedangkan Anies juga tampak asyik berkeliling dan menghampiri stan pameran. Dia ditemani istrinya.

“Setiap saya datang ke Inacraft saya melihat bahwa pameran ini naik kelas dari tahun ke tahun. Kualitas produk-produknya juga semakin baik, dan memang itu yang kita inginkan agar produk-produk kerajinan Indonesia terus naik kelas, naik kapasitas produksinya, naik kualitasnya, baik daya saingnya, dan naik pamornya, utamanya untuk kualitas ekspornya,” jelas Jokowi.

Pameran yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan Mediatama Binakreasi ini, diikuti oleh 1.421 peserta dari seluruh pelosok tanah air. Mulai dari perajin, pengusaha, produsen, dan eksportir kerajinan.

Dalam pelaksanaan INACRAFT tahun ini, untuk pertama kalinya hadir Paviliun Luar Negeri dari Kerajaan Maroko sebagai Country of Honour. Kehadiran Kerajaan Maroko didukung oleh Maison de l’Artisan Ministry of Tourism, Air Transport, Handicraft and Social Economy Kingdom of Morocco ini menampilkan produk kerajinan unggulan serta penampilan kesenian dan kebudayaan dari Negara Maroko.

Tak hanya itu, beberapa negara sahabat juga ikut menyemarakkan pameran dengan menampilkan produk kerajinan mereka seperti Jepang, Polandia, Pakistan dan Hongkong. Hal ini menunjukkan kesiapan produk kerajinan lokal anggota ASEPHI bersaing dengan produk-produk negara lain di pameran kerajinan ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.