Ratusan Pelaku UMKM Siap Terlibat dalam Upacara Kemerdekaan di IKN

0
213
Ratusan Pelaku UMKM Siap Terlibat dalam Upacara Kemerdekaan di IKN
Ratusan Pelaku UMKM Siap Terlibat dalam Upacara Kemerdekaan di IKN (Dok Foto: ANTARA)
Pojok Bisnis

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyiapkan lokasi khusus sebagai pusat ekonomi kreatif bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam rangka Upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) yang akan berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2024 di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami telah menyiapkan fasilitas berupa pusat ekonomi kreatif bagi UMKM dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI di IKN,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam keterangan resmi yang dikutip dari ANTARA pada Jumat (10/5/2024).

Fasilitas khusus ini dipastikan akan tersedia pada bulan Juli atau awal Agustus 2024. Para pelaku UMKM yang akan berpartisipasi dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI telah mendapatkan bimbingan dan pendampingan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Ratusan Pelaku Usaha Mikro Siap Terlibat Pada Upacara Kemerdekaan di IKN

Menurut Sandiaga, sekitar 300 hingga 400 pelaku UMKM akan terlibat dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI pertama di ibu kota negara baru Indonesia tersebut.

PT Mitra Mortar indonesia

Ia menambahkan bahwa setelah pusat ekonomi kreatif berfungsi, UMKM yang telah diberi pembinaan dan pendampingan oleh OIKN akan memiliki kesempatan untuk berinovasi dan mengadakan pelatihan agar siap saat pelaksanaan upacara.

Diperkirakan bahwa perayaan kenegaraan ini akan dihadiri oleh lebih dari 6.000 peserta dan tamu undangan, dan diharapkan berlangsung dengan lancar serta memberikan kenangan yang berkesan. Sesuai dengan tujuan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang pertama kali diadakan di IKN, ibu kota negara masa depan Indonesia ini juga dirasakan oleh masyarakat luas.

Partisipasi pelaku UMKM dalam upacara bendera pada tanggal 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara dianggap sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian. Selain melibatkan pelaku UMKM, Kemenparekraf juga telah menyiapkan fasilitas pariwisata dan perhotelan sebelum pelaksanaan Upacara Peringatan Kemerdekaan ke-79 RI.

Pada awal Agustus 2024, sejumlah hotel yang telah dibangun di kawasan IKN akan siap melayani tamu yang hadir dalam acara kenegaraan Indonesia tersebut, ungkap Sandiaga Salahuddin Uno.

Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia sudah siap dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara!

Sebelumnya, sarana dan fasilitas untuk pelaksanaan upacara telah dipastikan siap digunakan pada peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, memastikan hal tersebut saat melakukan kunjungan kerja di Kawasan Istana Presiden, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari Senin (6/5/2024).

“Kementerian PUPR bertanggung jawab atas penyiapan infrastruktur, baik untuk peserta upacara, pelaksanaan upacara, maupun keamanan upacara,” ungkap Basuki. Dia menjelaskan bahwa infrastruktur untuk pelaksanaan upacara meliputi Istana Negara, Kantor Presiden, dan Lapangan Upacara tengah dalam tahap pembangunan yang dipercepat.

Progres pembangunan Istana Negara, yang merupakan tempat Presiden Republik Indonesia menerima tamu kenegaraan, sudah mencapai 67 persen. Saat ini, pembangunan memasuki tahap arsitektural, penataan interior, mekanilak, elektrikal, plumbing (MEP), penataan lanskap, penataan jalan, termasuk Multi Utility Tunnel (MUT), dan jembatan.

“Istana Negara diharapkan selesai pada bulan Juni,” pungkas Basuki.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan