Strategi Kemendag untuk Meningkatkan Ekspor UMKM Melalui Kemasan Siap Ekspor

0
151
Strategi Kemendag untuk Meningkatkan Ekspor UMKM Melalui Kemasan Siap Ekspor
Strategi Kemenperdagangan untuk Meningkatkan Ekspor UMKM Melalui Kemasan Siap Ekspor (Dok Foto, Sumber: Kemendag)
Pojok Bisnis

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan kebutuhan penerapan kemasan siap ekspor bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna meningkatkan daya saing produk Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, dalam acara “Peluang Pasar Global Melalui Kemasan Siap Ekspor” di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, pada Jumat (9/2/2024), menyampaikan pentingnya penggunaan kemasan siap ekspor untuk memperluas akses pasar global.

“Penggunaan kemasan siap ekspor merupakan kunci keberhasilan dalam memperluas peluang ekspor ke negara-negara yang telah berhasil dibuka akses pasarnya,” ungkap Wamendag Jerry. Dalam upaya meningkatkan ekspor, ia menekankan perlunya peningkatan nilai dan fungsi produk untuk bersaing di pasar ekspor.

Jerry juga menyampaikan data bahwa nilai ekspor nonmigas Indonesia mencapai 242,9 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada tahun 2023. Neraca perdagangan Indonesia pada tahun yang sama menunjukkan tren positif dengan surplus sebesar US$36,93 miliar.

Top Mortar Semen Instan

Indonesia juga berhasil mengimplementasikan 37 perjanjian perdagangan, 15 dalam proses perundingan, dan 16 lainnya dalam tahap penjajakan.

Pentingnya Kemasan Ramah Lingkungan bagi Produk UMKM

Dalam konteks ramah lingkungan, kemasan yang mendukung keberlanjutan menjadi opsi penting bagi produk UMKM. Raeleen Tedjadinata, pendiri Mattera Solutions, menyatakan bahwa kemasan ramah lingkungan tidak hanya melindungi alam, tetapi juga menciptakan citra positif bagi merek dan produk. Menggunakan bahan kemasan dapat didaur ulang dan desain menarik dapat menjadi kombinasi kuat.

UMKM diharapkan dapat berinovasi dengan menyediakan informasi tentang bahan kemasan dan cara mendaur ulangnya dalam kemasan produk.

Langkah ini tidak hanya memberikan pengetahuan kepada pelanggan tetapi juga membangun transparansi yang dihargai dalam hubungan pelanggan-perusahaan.

Dengan mengintegrasikan keberlanjutan dalam desain kemasan dan menciptakan pengalaman unboxing yang mengesankan, UMKM dapat menciptakan nilai tambah yang signifikan.

Sejalan dengan permintaan konsumen untuk produk ramah lingkungan dan pengalaman unboxing yang positif, UMKM yang menerapkan konsep ini dapat membangun citra merek yang kuat dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Produk-produk Mattera Solutions hadir sebagai solusi, terbuat dari bahan daur ulang, dan mengedepankan estetika produk klien.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan