Optimisme Pelaku UMKM Terhadap Prospek Usaha di Tahun 2024

0
177
Optimisme Pelaku UMKM
Optimisme Pelaku UMKM Terhadap Prospek Usaha di Tahun 2024 (Ilustrasi UMKM, Dok Foto: KemenkopUKM)
Pojok Bisnis

Optimisme Pelaku UMKM dengan prospek usahanya di tahun 2024 sangat meningkat. Hal ini terungkap dalam Survei Kegiatan Usaha dan Sentimen Bisnis UMKM BRI yang dilakukan oleh BRI Research Institute. Survei tersebut menunjukkan bahwa Indeks Ekspektasi Bisnis UMKM tetap tinggi, yaitu 128,7.

Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, optimisme para pelaku UMKM ini semakin meningkat. Beberapa faktor yang mendorongnya antara lain berakhirnya musim kemarau panjang, dimulainya musim panen raya di sentra produksi makanan, dan daya beli masyarakat yang tetap terjaga baik.

Dalam sejalan dengan pertumbuhan bisnis UMKM yang terus berkembang, sentimen para pelaku usaha terhadap perekonomian dan usaha secara umum juga tetap baik.

Hal ini tercermin pada Indeks Sentimen Bisnis UMKM kuartal keempat tahun 2023 yang mencapai 117,0, meskipun sedikit menurun dari kuartal sebelumnya yang mencapai 117,4.

Top Mortar gak takut hujan reels

Dilihat dari komponen penyusunnya, Indeks Ekspektasi berada pada zona optimis dengan level 141,7, meningkat dari kuartal sebelumnya. Sementara itu, Indeks Situasi Sekarang menurun menjadi 92,3, lebih rendah dari kuartal sebelumnya (Q3-2023). Meskipun demikian, tingkat Indeks Sentimen Bisnis masih di atas 100, menunjukkan optimisme pelaku UMKM terhadap kondisi ekonomi dan prospek bisnis di masa mendatang.

Pelaku UMKM Berikan Apresiasi terhadap Kinerja Pemerintah

Seiring dengan pertumbuhan bisnis UMKM yang terus berkembang dan adanya harapan yang semakin baik terhadap perekonomian, para pelaku UMKM juga memberikan penilaian yang semakin tinggi terhadap kemampuan pemerintah dalam menjalankan tugas-tugas utamanya

Hal ini terlihat pada Indeks Kepercayaan Pelaku UMKM kepada Pemerintah yang naik menjadi 134,5 pada kuartal keempat tahun 2023.

Dalam komponen penyusunnya, pelaku UMKM memberikan penilaian tertinggi terhadap kemampuan pemerintah dalam menciptakan rasa aman dan tenteram (indeks terkait 153,2), serta dalam menyediakan dan merawat infrastruktur (indeks terkait 148,3).

Namun, penilaian terendah diberikan oleh pelaku UMKM terhadap kemampuan pemerintah dalam menstabilkan harga barang dan jasa, meskipun indeksnya tetap di atas 100.

Seluruh komponen penyusun Indeks Kepercayaan Pelaku UMKM mengalami peningkatan, dengan peningkatan terbesar terjadi pada komponen yang mencerminkan kemampuan pemerintah dalam menciptakan rasa aman dan tenteram (menguat sebesar 7,5 poin), diikuti oleh komponen yang mencerminkan kemampuan pemerintah dalam menyediakan dan merawat infrastruktur (menguat sebesar 7,3 poin).

Melihat kondisi tersebut, sebagai bank yang fokus pada segmen UMKM, BRI optimistis dengan kinerjanya di tahun 2024. Direktur Utama BRI, Sunarso, menyatakan bahwa penyaluran kredit akan tumbuh agresif pada tahun ini. Sunarso juga mengungkapkan bahwa BRI akan tetap fokus pada segmen UMKM, terutama segmen ultra mikro, dan Holding Ultra Mikro (UMi) akan menjadi sumber pertumbuhan baru.

Survei Kegiatan Usaha dan Sentimen Bisnis UMKM BRI melibatkan lebih dari 7.073 responden UMKM yang tersebar di seluruh sektor ekonomi dan 33 provinsi. Sampel responden dipilih menggunakan metode stratified systematic random sampling untuk mewakili sektor usaha, provinsi, dan skala usaha secara proporsional. Survei ini dilaksanakan oleh BRI

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan