LapakAep: Aplikasi E-Commerce dari Karawang untuk Mengangkat UMKM ke Tingkat Nasional

0
384
LapakAep
LapakAep: Aplikasi E-Commerce dari Karawang untuk Mengangkat UMKM ke Tingkat Nasional (Foto: Youtube LapakAep)
Pojok Bisnis

Di tengah gempuran era digital, sebuah langkah maju yang menginspirasi muncul dari sekelompok pemuda di Karawang. Mereka berkolaborasi untuk menciptakan sebuah revolusi dalam sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan meluncurkan aplikasi E-Commerce yang bernama LapakAep.

Inisiatif ini dilakukan oleh PT Intinet Pratama Nusantara dan bertujuan memberikan wadah kepada pelaku UMKM di Karawang untuk memasarkan produknya secara nasional.

Dalam peluncuran resmi di Brits Hotel Karawang pada tanggal 16 November 2023, pendiri LapakAep, Roberto Gustinov, membagikan visinya. Ia mengungkapkan bahwa LapakAep hadir sebagai solusi untuk mengangkat produk UMKM Karawang ke tingkat nasional.

Inspirasi datang dari Aep Syaepuloh, seorang pengusaha sukses asli Karawang yang menjadi panutan dalam pengembangan aplikasi ini.

PT Mitra Mortar indonesia

Proses Seleksi untuk Produk yang Dipasarkan

LapakAep kini menjadi rumah bagi lebih dari 300 pelaku UMKM di Karawang. Proses seleksi ketat dilakukan untuk memastikan produk yang dipasarkan melalui aplikasi ini memenuhi standar kualitas tinggi. Dengan pendekatan ini, LapakAep bertujuan tidak hanya sebagai platform e-commerce tetapi juga sebagai kurator produk UMKM berkualitas.

Roberto menekankan bahwa setiap pelaku UMKM yang tergabung tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produknya secara luas tetapi juga mendapat validasi kualitas yang dapat membuka pintu ke pasar nasional.

“Kami ingin LapakAep menjadi tonggak bagi kesuksesan pengusaha UMKM Karawang di masa depan,” ungkap Roberto.

Plt Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, turut menyambut baik peluncuran LapakAep. Ia melihat aplikasi ini sebagai peluang emas untuk memperkuat ekonomi lokal, terutama setelah pandemi COVID-19 yang memberikan dampak signifikan pada sektor UMKM.

Majukan Sektor UMKM

Aep berbicara dengan antusias tentang potensi yang dimiliki oleh pemuda Karawang dalam bidang teknologi dan kemampuan untuk memajukan sektor UMKM.

“Ini adalah bukti konkret bahwa pemuda Karawang memiliki keterampilan dan potensi besar di bidang teknologi. Kolaborasi seperti ini adalah langkah konkret menuju pemberdayaan ekonomi di Karawang,” ujar Aep dengan semangat.

Lebih lanjut, Aep mengungkapkan bahwa LapakAep telah menjalin kerjasama strategis dengan pospay milik PT Pos Indonesia. Kolaborasi ini bertujuan untuk mempermudah proses transaksi jual beli secara online bagi pelanggan LapakAep.

Dengan adanya dukungan infrastruktur pembayaran yang handal, Aplikasi ini turut memastikan pengalaman berbelanja yang aman dan efisien bagi pengguna.

LapakAep, dengan visi dan misinya yang jelas, bukan hanya sekadar aplikasi E-Commerce. Ini adalah langkah progresif dalam mendukung UMKM Karawang untuk bersaing di pasar nasional dan meraih kesuksesan di era digital yang terus berkembang.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan