Hutama Karya Bangun Rest Area di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Fasilitas dan Dukungan UMKM

0
400
Hutama Karya
Hutama Karya Bangun Rest Area di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Fasilitas dan Dukungan UMKM
Pojok Bisnis

PT Hutama Karya (Persero) telah memulai pembangunan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area permanen di jalan tol Pekanbaru-Dumai. Dalam proyek ini, Hutama Karya bekerjasama dengan anak perusahaannya, yaitu PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), sebagai kontraktor. Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya, menjelaskan bahwa saat ini jalan tol Pekanbaru-Dumai telah dilengkapi dengan rest area sementara di beberapa lokasi, tetapi belum memiliki rest area permanen.

Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan di jalan tol yang dikelola, Hutama Karya akan membangun 10 rest area permanen di sepanjang tol Pekanbaru-Dumai. Rest area permanen ini akan terletak di Kota Madya Pekanbaru dan tiga kabupaten di Provinsi Riau, yaitu Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Dumai.

Rest area ini akan dibangun di jalur A dan jalur B. Jalur A akan memiliki rest area di Km 14+500, Km 45+200, Km 46+050, dan Km 82+300 dari arah Dumai. Sementara itu, jalur B akan memiliki rest area di Km 65+000 dan Km 15+200 dari arah Dumai. Jarak antara setiap rest area kurang lebih 30 km.

Terdapat dua tipe rest area yang akan dibangun, yaitu Tipe A dengan luas 6 hektar dan dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet umum, masjid, pujasera, stand UMKM, minimarket, tempat parkir untuk kendaraan kecil dan besar, serta kawasan yang siap dibangun untuk SPBU dan premium commercial area. Sementara itu, rest area Tipe B memiliki luas 3 hektar dan fasilitas yang serupa, namun tidak menyediakan kawasan untuk SPBU dan premium commercial area.

PT Mitra Mortar indonesia

Hutama Karya juga memberikan prioritas lebih dari 70 persen tenant di rest area ini kepada UMKM agar dapat mendukung usaha masyarakat di sekitar daerah tersebut. Dengan adanya rest area permanen ini, diharapkan akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol Pekanbaru-Dumai serta mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Proyek pembangunan rest area permanen ini merupakan langkah konkret Hutama Karya dalam meningkatkan kualitas pelayanan di jalan tol dan mendukung perkembangan UMKM di Riau. Dengan fasilitas yang lengkap dan kesempatan usaha yang diberikan kepada UMKM, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan