PINTU Incubator Hubungkan UKM ke Market Global

0
111
(Dok: kemenkopukm)
Semen Instan Serbaguna

Jakarta – Program PINTU Incubator yang menjadi upaya untuk mendorong UKM fesyen agar terus berkembang dan terhubung ke dalam market global.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan, saat ini ekonomi kreatif menjadi lokomotif baru pengembangan ekonomi di Indonesia.

“Kami mencatat di tahun 2021, sektor ekonomi kreatif salah satunya fesyen menyumbang Rp1.134 triliun atau setara dengan 6,98 persen. Saya berharap pelaku usaha ekonomi kreatif terus mencoba hal baru dan inovatif demi kemajuan ekonomi kreatif,” kata MenKopUKM Teten Masduki dalam acara PINTU Incobators, di Jakarta, Kamis (12/1).

Teten menambahkan, Program PINTU Incubator merupakan suatu terobosan yang dapat direplikasi banyak pihak di tengah pengembangan ekonomi kreatif di tanah air.

Top Mortar Semen Instan

Program PINTU Incubator mengkurasi 4 brand terpilih untuk mengikuti Premiere Classe di Prancis pada ajang Paris Trade Show 2023. Adapun, 4 brand terpilih adalah Parapohon, Apakabar, Tenun Imam, dan Tenun Lurik Rachmad.

“Satu inkubator belumlah cukup untuk memaksimalkan kekayaan alam dan budaya yang belum digarap dengan baik. Ini tantangan yang harus kita lakukan, sehingga dapat melahirkan talenta baru di industri fesyen lokal dengan mengedepankan wastra nusantara yang dapat bersaing di pasar domestik dan dunia,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Founder of LAKON Indonesia sekaligus inisiator Program PINTU Incubator, Thresia Mareta, mengungkapkan setelah perjalanan panjang dengan melaksanakan berbagai program bimbingan, pihaknya telah berhasil memilih partisipan yang akan mendapat kesempatan untuk menjajaki pasar global melalui Paris Trade Show.

“Kami berharap para partisipan dapat mengeksekusi segala pengetahuan yang diperoleh di PINTU Incubator ini ke dalam bisnis mereka, khususnya dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat di pasar global untuk membuktikan bahwa brand lokal tanah air mampu bersaing dalam industri fashion berskala internasional,” kata Theresia.

Sementara Soegianto Nagaria, Chairman JF3, mengungkapkan rasa bangga karena telah terpilihnya partisipan PINTU Incubator untuk mengikuti Paris Trade Show.

“Selama penyelenggaraan JF3, sejak tahun 2004 hingga sekarang, kami tidak pernah luput untuk melibatkan dan mendukung pelaku UMKM lokal, kami tumbuh dan berkembang bersama. Hari ini kami merasa bangga, karena pada akhirnya misi kami untuk mengangkat para pelaku UMKM Indonesia agar dapat berbicara di tatanan global dapat terwujud dengan nyata. Kami ucapkan selamat dan semoga hal ini dapat memberikan manfaat pada industri fesyen tanah air,” kata Soegianto.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan