PT Intibios Membeli Masker Produksi UMKM Para Difabel

0
361
(Dok: kemendag.go.id)
Pojok Bisnis

Jakarta – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menghadiri acara pembelian masker produksi komunitas Mutiara Handicraft oleh PT Intibios Persada Sejahtera di Jakarta, Jumat (20/8).

Hadir dalam acara tersebut penggagas Intibios Lab Enggartiasto Lukita dan penggerak UMKM Mutiara Handicraft Irma Suryati.

“Saya mendukung langkah yang dilakukan Intibios Lab hari ini. Ini merupakan usaha yang luar biasa yang dilakukan untuk membantu sesama manusia di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu, ini juga merupakan bentuk upaya menggerakkan kembali perekonomian kita,”ujar Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi mengungkapkan, pandemi Covid-19 menyebabkan perekonomian luluh lantak. Penularan virus Covid-19 menyebabkan perekonomian harus berhenti karena sistem kesehatan masyarakat terganggu.

Top Mortar gak takut hujan reels

Mendag Lutfi menegaskan akan terus mendukung program pengembangan UMKM. “Pemerintah berkomitmen membantu UMKM agar dapat berkembang meskipun di tengah pandemi Covid-19. Kami akan berkomunikasi lebih lanjut dengan Mutiara Handicraft untuk mendiskusikan hal-hal yang dapat dilakukan pemerintah untuk membantu UMKM. Di sisilain, kami juga berharap dapat membantu difabel di seluruh Indonesia,”kata Mendag Lutfi.

Penggagas Intibios Lab, Enggartiasto Lukita menambahkan, langkah yang dilakukan Intibios adalah suatu misi kemanusiaan.“Dengan niat melakukan misi kemanusiaan, kami menghubungi Mutiara Handicraft untuk menjalin kerja sama dalam produksi masker. Kami ingin memberdayakan produksi dalam negeri melalui UMKM, khususnya yang mengkaryakan kelompok difabel,” ujar Enggar.

Enggar mengatakan, kelompok difabel memiliki kemampuan membuat masker dengan kualitas yang sangat baik. Sinergi dengan UMKM juga ini merupakan salah satu ikhtiar kemanusiaan untuk ikut membantu penanganan pandemi covid-19.

Penggerak UMKM Mutiara Handicraft, Irma Suryati menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik dengan Intibios Lab dan dukungan yang diberikan Kementerian Perdagangan. “Saya berterima kasih atas kerja sama yang baik ini. Sebab, usaha kami jadi tetap hidup,”kata Irma.

Mutiara Handicraft adalah UMKM komunitas disabilitas yang digerakkan Irma Suryati yang juga seorang penyandang disabilitas di Kebumen, Jawa Tengah. Sebelumnya, usaha kelompok ini membuat keset yang mampu menembus ekspor ke Australia. Namun, akibat pandemi Covid-19, mereka kehilangan permintaan ekspor dan domestik untuk keset. Sehingga, Mutara Handicraft beralih memproduksi masker, pelindung wajah (face shield), dan alat pelindung diri (APD).

Saat ini, dengan melibatkan 300 penyandang disabilitas, UMKM Mutiara Handicraft dapat memproduksi sebanyak 35 ribu hingga 1 juta masker setiap bulan. Para penyadang disabilitas tersebut berasal dari lima kabupaten, yaitu Kebumen, Cilacap, Banjarnegara, Banyumas, dan Purbalingga.

“Penyandang disabilitas itu mampu jika diberi kesempatan. Kami senang sekali melalui kerja sama ini kami diberikan kesempatan untuk membuktikan bahwa kami mampu. Bagi kami, sukses adalah ketika hidup kami dapat bermanfaat bagi banyak orang,”pungkas Irma.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan