GetCraft Bantu Pelaku Bisnis Kreatif dan Marketers Biar Cuan

0
43

GetCraft merupakan marketplace yang membantu pelaku bisnis kreatif dan marketers untuk bertemu dan berkolaborasi dalam kegiatan pemasaran, mulai dari merancang strategi, membuat konten, dan juga mendistribusikan konten/media placement.

GetCraft didirikan oleh Patrick dan Anthony Reza Prasetya. Reza kini menjadi CEO GetCraft untuk Indonesia. GetCraft telah mendapatkan pendanaan awal dari 500 Startups dan Convergence Ventures dan merencanakan untuk menggalang dana Seri A pada 2019 untuk membantu mereka mengglobal.

Di GetCraft, pihak yang membutuhkan jasa kreatif bisa memilih vendor dengan berbagai spesialisasi jasa, berdasarkan rentang harga dan kategori topik. Dengan demikian, proses yang sebelumnya memakan waktu beberapa minggu bisa dipersingkat jadi real time atau beberapa jam saja.

Selain itu, efisiensi melalui project management tool yang mempermudah komunikasi di antara pihak yang membutuhkan dan menyediakan jasa kreatif; sehingga komunikasi bisnis terjadi dan terdokumentasi dari proses briefing sampai delivery; tanpa harus tercecer di email, WhatsApp, dan berbagai tools lain. Kemudahan ini sangat penting untuk klien maupun kreator yang mengelola banyak project sekaligus.

GetCraft juga menyediakan fitur measurement yang penting untuk mengukur performa pemasaran, baik dari sisi pihak yang membutuhkan maupun menyediakan jasa kreatif. Sehingga proses penciptaan materi marketing lebih transparan, terukur, dan bisa terus dikembangkan dari waktu ke waktu.

Tersedia juga layanan pembayaran atau transaksi finansial yang membantu marketers mengelola pembayaran terhadap kreator, dan membantu kreator mengelola urusan finansialnya, yang umumnya terjadi karena periode pembayaran yang berbeda-beda dari berbagai klien. Melalui platform ini, marketers maupun kreator bisa mengelola soal pembayaran secara terintegrasi dengan berbagai project yang dijalankan di dalam platform.

Untuk membantu kreator menerima pembayaran project lebih cepat, GetCraft juga menggandeng beberapa rekanan bank dan fintech untuk memberikan layanan pembiayaan. Hal ini dinilai penting karena industri kreatif boleh dibilang transaksi banyak yang bersifat unbanked.

GetCraft juga mengembangkan program edukasi yang efisien untuk marketers (academy.getcraft.com) maupun kreator konten (crafters.getcraft.com) agar bisa terus mengembangkan diri sehingga membuat bisnis mereka akan semakin maju lagi.

Sebagai startup yang sudah matang secara capital dan infrastruktur di industri marketing, GetCraft fokus mengembangkan layanan yang mencakup beberapa vertical di ekosistemnya. Mulai dari layanan marketplace (discoverability), project management tool, sampai layanan pembayaran.