Usaha Jajanan Cake Pops yang Laris Manis

0
218

Bentuknya yang unik, dan rasanya yang cukup nikmat, membuat cake pops banyak diminati masyarakat, baik anak kecil maupun orang dewasa. Cake Pops merupakan cake berukuran mungil yang menyerupai permen lollipop dengan penampilan menarik yang disukai oleh anak-anak. Cake ini biasanya berbentuk karakter lucu seperti binatang, bunga, tokoh kartun, boneka, dan sebagainya.

Prospek usaha jajanan ini akan tetap bagus karena selalu berkembang mengikuti selera pasar seperti saat ini sedang tren Cake Pops. Guna menghadapi persaingan, teruslah mengeluarkan model atau bentuk baru sesuai tren baik ide sendiri maupun pesanan orang lain. biasanya, produk yang paling diminati adalah Cake Pops dengan karakter tokoh kartun, seperti Hello Kitty, Monster Inc dan Minion. Selain karakter tokoh kartun, bentuk lain Cake Pops-nya antara lain karakter Hantu Halloween, bentuk heart (hati), pohon natal, boneka salju, dan lainnya.

Cake Pops. Agar lebih menarik perhatian konsumen, buatlah karakter kue yang disesuaikan dengan momen dan dibuat sangat mendetail sehingga mirip sesuai gambar tokoh asli. Cake Pops juga sengaja dibuat tidak terlalu manis agar aman bagi gigi anak-anak.

Dalam pembuatan Cake Pops, hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan pewarna makanan yang berkualitas dan aman dikonsumsi.Dalam membuat Cake Pops Sarah menggunakan bahan utama berupa tepung terigu dari beberapa  merek seperti Pondan, Pillsbury, Betty Crockers. Bahan lain seperti butter (berasal dari cream atau susu), icing (untuk menghias Cake Pops) dari merek Pettinice RTR Icing kemasan 7 kg dan cokelat yang digunakan berupa cokelat batangan, selai cokelat atau pasta cokelat. Bahan-bahan tersebut biasanya dibeli di toko-toko kue, pasar swalayan atau pasar tradisional.

Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat Cake Pops adalah blender, loyang, baskom, mangkuk, kompor dan lainnya. Khusus untuk cokelat, digunakan mangkuk kaca (keramik) sehingga cokelat akan tetap mengkilap. Cara membuatnya, langkah awal menghancurkan cake coklat sampai menjadi remah super kecil, tapi jangan dihancurkan dengan cara diremas, namun bisa menggunakan garpu agar tetap steril.

Selanjutnya dengan memasukkan satu sendok makan butter cream cokelat, sedikit demi sedikit, dan aduk hingga rata. Ambil sedikit adonan kurang lebih 25 gram, bulatkan sambil agak ditekan. Letakkan di atas loyang dan lakukan sampai adonan habis. Bentuk adonan sesuai dengan karakter yang diinginkan misalnya bola, kotak dan sebagainya.  Jika sudah selesai, masukkan ke dalam kulkas atau freezer selama 15-30 menit agar adonan itu menyatu dan mengeras.

Selanjutnya siapkan cokelat kuning/jingga dan merah muda, serta cokelat putih (white chocolate). Cairkan sedikit cokelat putih, celupkan ujung candy stick ke cokelat yang mencair supaya setengah mengeras. Lalu keluarkan adonan Cake Pops dari kulkas, tancapkan candy stick perlahan-lahan dengan gerakan memutar dan masukkan lagi ke dalam kulkas. Cairkan cokelat putih dan cokelat kuning bersama-sama sehingga dihasilkan warna krem. Keluarkan Cake Pops, lalu celupkan ke dalam cokelat cair warna krem, ratakan dengan cara memutar stick sehingga seluruh permukaan.

Bila coklat sudah mengeras, campur sisa cokelat warna krem dengan cokelat warna merah muda, cairkan. Masukkan ke dalam piping bag, gunakan untuk membentuk hiasan di atas Cake Pops sesuai selera. Setelah cokelat mengering, kemas dengan plastik dan hias dengan pita. Catatan: Ada tiga jenis cokelat, yaitu cokelat putih, cokelat milk dan dark chocolate. Apabila ingin bermain dengan warna-warni sebaiknya memakai cokelat putih yang nantinya akan diberikan pewarna sesuai dengan karakter.

Pemasaran. Dalam memperkenalkan produk, Anda bisa mengawalinya dengan mengikuti bazar. Di bazar tersebut, Anda berikan sampel kepada para pengunjung yang berkunjung. Selain itu Anda juga bisa melakukan pemasaran melalui internet dan promosi dari mulut ke mulut. Jangan lupa selalu menyematkan nama usahanya di setiap produk.

Target pasar bisa meliputi perorangan dan perusahaan termasuk pihak mal.
Jika pesanan perorangan biasanya untuk ulang tahun atau hari-hari besar. Sedangkan pesanan dari perusahaan untuk acara launching produk perusahaan tersebut atau dalam rangka memperingati hari-hari besar. Dalam pelayanan ke perusahaan, Anda harus membawa sampel produk untuk diperlihatkan. Lalu akan ada pengujian rasa Cake Pops, bentuk dan kemasan. Selanjutnya jika setuju pihak pemesan akan membuat komitmen dengannya dari mulai ketepatan waktu, jumlah, administrasi dan sebagainya. Agar bisa memasarkan ke perusahaan biasanya bertemu terlebih dahulu dengan tim promosi pemasaran perusahaan tersebut.

Guna memikat pelanggan, Anda bisa mengadakan promo harga khusus pada saat event atau hari besar seperti hari natal, hari lebaran dan apabila stok bahan masih banyak. Atau dengan cara lain mengemas Cake Pops dalam bentuk paket. Dengan packaging yang menarik, produk Anda pun memiliki nilai tambah yang pastinya bisa menggaet konsumen lebih luas.

Kendala usaha yang bisa Anda jumpai Sarah terkadang berasal dari SDM karena kebanyakan dari mereka kurang menjaga kerapian dan kebersihan. Jadi dalam beberapa waktu Anda harus menilai pekerjaan mereka. Selain itu, permasalah juga kerap datang dari pross produksi yakni dalam proses coating (pelapisan), yaitu pembentukan karakter Cake Pops dengan melapisi cokelat. Tidak semua orang bisa melakukannya, butuh kesabaran dan imajinasi yang tinggi. Jadi untuk menyiasatinya, Anda terlebih dulu membuat contoh supaya bisa diikuti para karyawan sekaligus tetap mengawasi mereka.