Pemerintah Gandeng Jamkrindo dan Askrindo Salurkan Modal Kerja untuk Sektor Riil

0
482
Kredit usaha rakyat (dok etalasebisnis.com)
Pojok Bisnis

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah akan menggandeng PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) sebagai pihak yang akan menjamin penyaluran kredit perbankan ke pelaku UMKM. Ia bilang pemerintah bakal menyelesaikan kontrak dengan kedua perusahaan itu pada akhir pekan ini.

Menurutnya program penjaminan kredit ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapatkan penempatan dana dari pemerintah sebesar Rp30 triliun. Pasalnya, banyak perusahaan bank yang melakukan seleksi ketat dalam penyaluran kredit demi menekan gagal bayar di tengah pandemi virus corona.

Pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp30 triliun untuk menggenjot sektor riil setelah dihantam pandemi virus corona. Bank BUMN yang dimaksud, antara lain antara lain PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Dengan penempatan dana di bank Himbara, pemerintah akan mendapatkan bunga sebesar 3,42 persen. Angka itu setara dengan 80 persen dari 7 days repo rate BI. “Kredit modal kerja ini kan janjinya Rp30 triliun dikalikan tiga dileverage jadi Rp90 triliun. Makanya mereka akan sangat menunggu rilis program penjaminan ini,” jelas Febrio.

Top Mortar gak takut hujan reels

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.