Bahan Baku Mudah Diperoleh, dan  Permintaan Boks Motor  Terus Meningkat

0
167

Usaha boks motor sangat prospektif. Jika dulu, boks motor digunakan untuk sales rokok, pada perkembangannya produk ini digunakan untuk berbagai jenis usaha terutama kuliner seperti restoran fast food, toko kue dan ice cream. Tidak hanya itu, ada pula kebutuhan untuk jasa laundry, jasa pengiriman dokumen hingga supplier produk farmasi. Apalagi dengan makin banyak usaha yang menawarkan jasa antar sehingga produk ini terus mengalami peningkatan permintaan. Dengan melihat tingkat kebutuhan akan produk ini yang semakin beragam sehingga bisa dipastikan ke depannya produk ini makin dinanti.

Keunggulan lain dari boks motor delivery adalah bahan baku utama yaitu fiber yang mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Penggunaan bahan resin yang mudah didapatkan dan diolah menjadi berbagai macam produk mampu meningkatkan nilai jual dari produk ini. Bahkan kekuatan produk boks motor berbahan fiber mampu bertahan hingga lebih dari 10 tahun. Bandingkan dengan produk sejenis berbahan aluminium hanya bertahan sampai 5 tahun, karena bahannya mudah berkarat bila terkena panas dan air terus menerus.

Promosi. Ada banyak cara yang ditempuh agar produk boks motor delivery dikenal. Salah satunya adalah dengan ‘memamerkan’ produk tersebut di jalan. Dalam arti, para karyawan diminta membawa motor boks tersebut berkeliling ke rute-rute jalan yang telah ditentukan. Dengan harapan, ada yang melihat produk tersebut sehingga bisa memesannya. Cara lain yang bisa ditempuh dengan mendatangi perusahaan-perusahaan yang biasanya membutuhkan jasa pesan antar seperti perusahaan makanan dan minuman, perusahaan ekspedisi dan distribusi, dengan membawa leaflet. Dalam leaflet tersebut telah tercantum model, ukuran dan harga dari boks tersebut.

Kendala. Kendala utama dalam usaha ini adalah keahlian tenaga kerja, proses pengerjaan yang memakan waktu cukup lama dan pembuatan yang tak bisa diulang-ulang (pembuatan sekali jadi). Sehingga, untuk menyiasatinya, dibutuhkan tenaga ahli yang sangat mengerti bahan fiber tersebut. Namun, jika Anda merekrut karyawan yang belum memiliki kemampuan, akan lebih baik memberikan pelatihan selama 1-3 bulan sehingga bisa mahir membuat boks moto

Oleh: Endra Sanjaya,

Mia Wiguna Fiberglass, Produsen Boks Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.