Pasar Terbuka untuk Pelaku UKM

0
139
Ilustrasi Google Maps. (Pixabay)

Saat ini sudah banyak pelaku usaha khususnya di bidang UKM yang menggunakan layanan sistem komputerisasi dalam usahanya. Hal ini dikarenakan sistem manual yang kerap digunakan dirasa kurang maksimal dalam pengerjaan. Dengan menggunakan sistem komputerisasi biasanya pelaku usaha dengan mudah mendata jumlah produk yang dibuat hingga yang dipasarkan, dan meminimalisir kesalahan data.

Karena dari pergesaran sistem tersebut, tidak banyak pelaku usaha yang mengerti dalam hal kebutuhan dan operasional sistem komputerisasi tersebut. Oleh karena itu, banyak dari mereka meminta bantuan dari para konsultan IT. Hal ini membuat jasa konsultan IT semakin dibutuhkan.

Ada banyak sistem aplikasi komputerisasi yang bisa digunakan, namun yang paling populer, sederhana, dan mudah diaplikasikan adalah sistem aplikasi Bonastoco. Bonastoco merupakan aplikasi Point of Sales (POS) yang didesain sederhana dan mudah digunakan. Semua data POS ini secara otomatis dikirim ke server melalui internet. Di sana pelaku usaha bisa melihat semua aktivitas penjualan, persediaan barang (stock), serta beragam laporan. Database Bonastoco POS akan ada di komputer lokal pelaku usaha, sehingga kenyamanan kerja tetap terjaga. Dan bila jaringan internet terputus, pelaku usaha tetap bisa menggunakan Bonastoco POS seperti biasa. Ketika koneksi internet pulih, data akan terkirim lagi secara otomatis.

Untuk menginstal atau mengaplikasikan sistem Bonastoco pada komputer, sebaiknya menggunakan komputer dengan spesifikasi Pentium 4, Memory 1GB, Hardisk yang masih kosong 4GB. Operating system yang digunakan adalah Windows7 dan browser html5 yaitu Google Chrome 16, Opera Mobile 12 atau Safari 5.

Selain Bonastoco, juga terdapat aplikasi yang memantau mengenai manufacture, trading, financial accounting dan inventory control yang bisa membantu percepatan kinerja dari SDM. Dengan menggunakan sistem komputerisasi, selain data-data tersimpan dengan baik, pelaku usaha termasuk kalangan UKM juga bisa mengefisiensikan waktu, sehingga bisa mengembangkan usahanya dengan baik.

Bidang UKM yang  membutuhkan jasa konsultan IT  meliputi hampir semua jenis UKM, terutama UKM dengan skala produksi sudah cukup besar dan sudah  bisa melakukan ekspor.  Hal itu dikarenakan mereka membutuhkan manajemen  usaha yang mampu mengefisiensikan waktu, dan tepat sasaran. Modul-modul yang tersedia di dalam aplikasi Bonastoco seperti untuk kebutuhan ekspor antara lain:

  • Modul Point of Sale (POS), Modul untuk mempelajari bagaimana cara melakukan transaksi penjulan dan pembelian barang, menghitung stock barang secara otomatis.
  • Modul Inventory (pengelolaan persediaan)
  • Modul Akunting, Modul yang mempelajari mengenai penyimpanan data tentang pembayaran hutang, pembayaran piutang, retur pembelian, retur penjualan barang, penjualan jasa, sehingga mampu membuat laporan-laporan yang bertujuan untuk mempermudah user dalam mengontrol data barang data–data transaksi penjualan dan pembelian maupun retur barang secara baik

Dalam hal tarif  jasa konsultan IT, setelah deal mengenai kerja sama biasanya dilakukan pertemuan kedua belah pihak untuk peninjauan tempat usaha dan mengetahui permasalahan usaha klien. Untuk tarif minimal sekitar Rp 500 ribu untuk layanan pembuatan website bagi UKM.   Layanan konsultasi IT yang dibutuhkan UKM seperti misalnya Modul SOP (standar prosedur operasional), Modul pengolahan Inventory, Modul Akunting, serta beberapa Modul Otomatis yang terintegrasi secara online.

 

Oleh: Roy Sembel

Pengamat IT Program Director MM Finance UBiNus

Joseph Wibowo Center

Jalan Hang Lekir I/6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.