Kiat Sukses Bisnis Snack

0
632
Dok: adhika.com

Usaha snack yang saat ini Anda kelola sangat menarik dan pasti akan dapat berkembang jika Anda tangani secara serius.

Pada prinsipnya bisnis di bidang makanan punya potensi yang sangat besar untuk berkembang karena penduduk Indonesia yang jumlahnya sangat besar. Bahkan banyak pengusaha dari luar yang masuk ke dalam bisnis makanan di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu pesimis karena permintaan pasar akan terus meningkat.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar usaha snack Anda dapat berkembang sesuai harapan:

  • Bangun Brand Awareness. Semua usaha akan dapat berkembang lebih cepat jika banyak orang yang mengenal produk tersebut. Untuk itu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara membuat banyak orang tahu tentang produk Anda. Caranya antara lain dengan menyebarkan brosur di area sekitar usaha Anda, mensponsori acara-acara komunitas, memasang iklan di majalah atau koran lokal, dan banyak cara lainnya.
  • Jaga Kualitas. Langkah selanjutnya jika produk Anda sudah mulai dikenal adalah dengan melakukan pengontrolan proses pembuatan produk agar kualitas selalu stabil. Dengan demikian customer yang membeli tidak akan kecewa. Banyak pengusaha lupa mengontrol kualitas ketika usahanya mulai membesar sehingga akhirnya gulung tikar.
  • Jalin Kerja sama dengan Pihak Lain. Supaya produk Anda makin dikenal secara luas, Anda harus mencoba menjalin kerja sama dengan pihak lain. Awalnya Anda dapat menitipkan produk snack dengan sistem konsinyasi agar pihak lain tertarik untuk memasarkan produk Anda. Berhati-hatilah dalam menentukan rekanan untuk bekerja sama. Pilihlah rekanan yang tokonya dipercaya Jika Anda ingin memasukkan produk ke supermarket, biasanya Anda harus mengikuti aturan yang berlaku. Produk Anda pasti akan bisa diterima jika memenuhi persyaratan yang ada. Namun jika masih ada kendala lain, maka Anda harus mencobanya terus. Jangan putus asa. Buktikan bahwa produk Anda layak untuk masuk supermarket tersebut.
  • Pelayanan yang Memuaskan. Usaha apapun harus memperhatikan faktor pelayanan. Jika pelayanan baik, maka customer akan puas dan akan kembali datang untuk membeli. Bahkan customer yang puas dengan pelayanan Anda, akan mengajak orang lain untuk membeli produk yang Anda jual. Latihlah semua karyawan Anda untuk dapat memberikan pelayanan terbaik. Sediakan layanan antar jika memungkinkan supaya customer merasa terbantu karena tidak perlu datang ke tempat usaha Anda.

Selamat mencoba dan sukses untuk Anda.

 

oleh: Angela Kwok

Pengamat Marketing DK Consulting Jakarta

Email: angela@dk-consultinggroup.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.