Bisnis EO Pesta Ulang Tahun Anak Satu Bulan Bisa Balik Modal

0
1009
Dok: mommiesdaily.com

Setiap orangtua selalu menginginkan pesta ulang tahun yang berkesan bagi si buah hati. Namun, keterbatasan waktu yang dimiliki menjadi kendala bagi orangtua untuk mewujudkan hal itu. Tapi kini dengan makin banyak event organizer atau penyelenggara khusus untuk pesta ulang tahun anak, memudahkan para orangtua untuk merealisasikannya.

Agar jasa yang ditawarkan  perusahaan EO dilirik klien, ada dua hal harus menjadi perhatian. Pertama, harga yang ditawarkan harus sepadan dengan fasilitas yang didapatkan pelanggan. Jadi, jangan menentukan harga yang mahal tanpa fasilitas menarik. Karena itu, penentuan harga paket harus disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan kepada klien. Kedua, fasilitas yang diberikan harus memiliki pembeda dengan EO yang lain, sehingga EO yang Anda jalankan  memiliki ciri khas.

Seperti yang dilakoni Lucy Juliana Sapari, pemilik Hip Hip Hooray Party Organizer yang selalu membuat dekorasi yang baru di setiap event. Hal ini membuat positioning jasa yang ditawarkan terus meningkat. Tak salah, jika usaha yang baru ditekuni dalam lima tahun terakhir ini, pemesannya cukup banyak dari kalangan the haves, mulai dari artis sampai pejabat.

“Dekorasi yang sudah kami pakai di suatu acara, walau masih bagus tidak kami, karena kami  akan tetap membuat dekorasi yang baru agar klien puas,” ungkap Lucy.

Inovasi memang menjadi faktor penting dalam usaha ini. Pengalaman Juli Dinalia Sofyan, pemilik Hompimpa Kids Party Organizer membuktikannya. Dekorasi memang memegang peranan penting. Umumnya ulang tahun anak selalu didominasi dengan dekorasi tokoh-tokoh kartun terkenal seperti Mickey Mouse, Donald Bebek, atau tokoh-tokoh superhero seperti Spiderman dan Superman.

Agar menghadirkan pembeda dengan perusahaan EO lain, Juli memutuskan berkreasi dengan membuat karakter-karakter baru. Misalnya, Pahlawan Labu, karakter robot yang kepala berbentuk TV atau kartun yang dibuat dengan menggunakan bahan buku atau pun pensil. Dengan inovasi tersebut membuat  Hompimpa Kids Party Organizer menjadi salah satu EO yang diperhitungkan di Medan, Sumatera Utara.

Cara lain yang bisa ditempuh untuk memperlebar pasar adalah meniru yang dilakukan Iwan Setiawan, pemilik Chandra’s Entertainment yang menerima klien dengan berapa pun budget yang mereka miliki. Dengan demikian strtegi yang dilakukan Iwan tersebut bisa  memperlebar segmentasi pasar. Mulai dari kalangan menengah sampai kelas atas. Dengan membuka sistem seperti ini hampir setiap hari selalu ada panggilan jasa untuk perayaan pesta ulang tahun anak.

Hal senada disampaikan Agus W. Suhadi, Pengamat Marketing dari Sekolah Bisnis Prasetya Mulya bahwa pelaku usaha harus menghadirkan keistimewaan dan pembeda agar jasa yang ditawarkan dilirik masyarakat.  Dengan menghadirkan sesuatu yang beda otomatis akan diingat dan pasti dicari kembali.

Promosi. Agus mengatakan, bisnis EO adalah bisnis jasa di mana kepercayaan dan kepuasan adalah nomor satu untuk kemajuan bisnis. Tak heran jika pengusaha harus mengutamakan kualitas terbaik dan desain yang berbeda.

”Karena jika klien puas secara sengaja atau tidak dia pasti akan mempromosikan kepada rekannya yang lain dan dari sana proyek akan terus berdatangan,” cetus Agus.

Mengutamakan kepuasan pelanggan adalah kunci lancarnya usaha EO HUT anak. Untuk mencapai tingkat kepuasan secara optimal disarankan pelaku usaha mempertahankan kualitas pelayanan dan menggunakan pekerja serta pendukung usaha yang terbaik dan konsisten.

Jangan karena mengejar keuntungan maksimal mengabaikan hasil yang nantinya dapat mengecewakan pengguna jasa. Pasalnya reputasi dan kepercayaan pelaku usaha ini sangatlah penting untuk menentukan pertumbuhan bisnis ke depan. Reputasi merupakan detak nadi usaha EO ini.

Semakin banyak pelanggan yang puas akan jasa yang diberikan, maka akan banyak rekomendasi yang diberikan pengguna jasa pada calon pengguna lainnya. Alhasil Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam sekadar untuk biaya iklan atau tarif promosi lainnya.

Namun bagi Anda pelaku usaha baru di usaha EO ini memperkenalkan diri pada calon pengguna jasa teramat penting jadinya. Sejatinya pengeluaran biaya promosi berlebih pun kadang dikeluarkan sekadar memberikan tarif promosi bagi calon pengguna jasa, beriklan di media massa, hingga mencantumkan nama dan logo perusahaan di berbagai tempat yang dianggap tepat sasaran dan tentunya strategis.

Persiapan Usaha. Jika ingin menekuni usaha EO HUT anak, peralatan dan perlengkapan standar yang harus dimiliki sebagai pelaku pemula antara lain alat tiup balon, alat cat, telepon dan jaringan internet.

Setelah melihat geliat usaha dan makin meriah peminat yang tertarik atas jasa yang ditawarkan maka pelaku usaha harus memperlengkapi dengan peralatan dan perlengkapan usaha.

Mulai dari baju badut, keyboard dan sound system dan perlengkapan games seperti bom bom car, komidi putar, aneka hewan-hewanan mulai dari kuda, gajah dan lain-lain.

Yang tidak kalah penting, EO harus bekerja dengan restoran dan hotel sebagai lokasi acara. “Karena kalau kita bekerja sama, biasanya harga yang diberikan bisa lebih murah 10%,” ungkap Mita Kartikasari, pemilik Toon Town Birthday yang telah bekerja sama dengan Pizza Boutique dan Just Steak Café.

Modal Kecil. Usaha ini menarik karena tidak membutuhkan keahlian tertentu. Semua bisa dipelajari secara otodidak. Misalnya, bekerja dalam rentang waktu tertentu di EO. Setelah memiliki pengalaman dan networking kemudian berani mengambil risiko maka Anda bisa terjun di usaha ini. Apalagi untuk terjun di usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Pengalaman Iwan Setiawan, pemilik Chandra’s Entertainment yang memulai dengan modal Rp 800 ribu. Namun, jika saat ini Anda ingin memulai usaha seperti ini modal yang dikeluarkan antara Rp 5-10 juta. Menariknya, modal tersebut bisa balik dalam tempo 1-3 bulan. Tidak itu saja, potensi usaha lumayan menggiurkan karena bisa meraup untung di atas 40%.

Kendala. Berbicara kendala,  pada umumnya kendala yang dihadapi EO adalah masalah pendanaan. EO harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu untuk menyelenggarakan pesta ulang tahun anak, baik itu menyewa badut, membuat dekorasi, dan perlengkapan yang lainnya.

Sedangkan untuk pembayaran acara, umumnya dilakukan setelah acara selesai. Karena itu, untuk mensiasati hal tersebut terjadi akan lebih baik, pelaku meminta down payment sebesar 50% saat pemesan melakukan pemesanan.

Sisanya 50% dibayar satu hari sebelum hari H. Dengan demikian, kendala bisa Anda atasi. Keuntungan bisa diraup. Tertarik menekuni usaha ini? Silahkan membaca profil-profil di halaman selanjutnya.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.