Usaha Tas Dompet HPO Berbagai Desain

0
1139
barangunik.co

Seiring berkembangnya jumlah gadget di Indonesia, mendongkrak beberapa produk berkaitan dengan aksesori yang dibutuhkan gadget mulai dari garskin, hardcase dan softcase gadget, gantungan gadget, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat berbagai produk yang berhubungan dengan gadget semakin laris manis di pasar, apalagi saat ini masyarakat bisa memiliki gadget lebih dari satu.

Salah satu produk aksesori gadget yang saat ini mulai berkembang adalah produk Tas Dompet HPO (Handphone Organizer). Tas Dompet HPO sendiri merupakan pengembangan dari Dompet Handphone Organizer yang pernah booming sebagai tempat penyimpan handphone. Tetapi yang membuatnya berbeda adalah penambahan tali panjang yang membuat  Tas Dompet HPO ini bisa dibawa selayaknya tas selempang biasa.

Jadi sebagai gambaran, Tas Dompet HPO ini merupakan perpaduan dari tas dan dompet yang digunakan sebagai wadah gadget saat mobile (di bawa kemana-mana). Bentuk dari Tas Dompet HBO ini mirip dengan clutch bag, yakni tas pesta yang bernentuk persegi atau bulat dengan ukuran kecil dan memiliki tali panjang seperti tas selempang. s

Tas Dompet HPO ini memang menjadi pilihan bagi masyarakat untuk membawa banyak gadget miliknya. Karena tas ini memang dirancang memiliki banyak ruangan atau kantung-kantung, yang membuat gadget aman dari gesekan benda-benda lainnya. Istimewanya lagi, Tas Dompet HPO ini tidak hanya bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan handphone saja, tetapi juga bisa digunakan untuk menyimpan uang hingga kartu kredit dan ATM.

Langkah Mengawali Usaha. Untuk memulai usaha ini tidaklah sulit, selama calon Anda memiliki skill dunia jahit menjahit dan mengerti tentang ragam bahan-bahan dompet. Namun bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan tentang kedua hal tersebut bukanlah menjadi sebuah penghalang, karena  masih ada cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan memaklonkan proses pembuatannya kepada orang lain seperti halnya pada saat awal saya menjalani usaha ini. Tetapi Anda harus tetap belajar untuk mengenal mengenai dunia usaha yang ia jalani.

Bicara mengenai modal awal, untuk menjalani usaha ini akan tergantung kepada dengan cara apa pelaku akan memuali usahanya. Jika memulainya dengan cara memproduksi sendiri tentu modal yang dikeluarkan cukup besar. Hal tersebut lantaran calon pelaku selain membeli bahan, juga harus membeli beberapa peralatan penunjang seperti mesin jahit dan beberapa peralatan lainnya. Selain itu pelaku juga harus menyewa atau membeli lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat untuk produksi. Beda halnya bila Anda memilih untuk menggunakan jasa makloon pada proses produksinya. Bila memilik skema ini modal yang dibutuhkan berkisar Rp 500 ribu–Rp 2 juta, karena pelaku hanya mengeluarkan modal untuk membeli bahan baku dan ongkos jahitnya saja.

Dari kedua cara tersebut tentu pilihannya tergantung kepada calon Anda yang memilih yang mana, sebagai info saja walau memulai usaha sendiri membutuhkan modal yang cukup besar namun jika dilihat dari segi keuntungan kebanyakan Anda mengakui keuntungan yang didapat lebih besar ketimbang dengan makloon.

Inovasi Produk dan Cara Pembuatan. Seperti dikatakan sebelumnya, jika produk HPO sebetulnya sudah ada sejak lama. Namun seiring perkembangannya, produk ini pun telah mengalami inovasi dari awalnya yang hanya berbentuk layaknya dompet lipat saja berubah menjadi berbagai macam bentuk salah satu contohnya adalah Tas Dompet HPO.  Inovasi produk dalam menjalankan usaha ini menjadi penting terlebih Anda sejenis pun sudah cukup banyak, dan salah satu untuk menyikapi persaingan dan membedakan HPO milik anda dengan melakukan inovasi produk.

Tidak Cuma bentuk saja inovasi lainnya yang juga bisa anda lakukan yaitu pada penggunaan bahan yang akan digunakan. Jika dahulu bahan yang digunakan hanya kulit asli  maupun imitasi maka pada perkembangannya, Anda dapat menggunakan bahan alternatif seperti bahan jeans, katun atau bahan kanvas. Selain bentuk dan bahan, hal lain yang juga tak kalah penting dalam menjalani usaha ini yaitu penentuan harga, sebaiknya harga yang dipasarkan jangan terlalu mahal apalagi jika melihat pengguna handphone di Indonesia memiliki segmen yang beragam, dan harga yang pas beksiar Rp 75 ribu per pieces.

Untuk bahan baku dan peralatan dalam membuat Tas Dompet HPO tergolong mudah, Anda hanya memerlukan peralatan mesin jahit. Sedangkan untuk bahan kain tergantung kepada Anda ingin menggunakan bahan apa. Dan untuk bahan penunjang lainnya, Anda membutuhkan benang jahit, jarum jahit, ring untung tali selempang, resleting, dan kancing sebagai alat perekat tas.

Masuk ke proses pembuatan, diawali dengan memotong semua bahan sesuai pola yang telah dibuat sebelumnya. Pada umumnya pola Tas Dompet HPO berbentuk persegi panjang sesuai ukuran yang diinginkan, serta memiliki banyak kantung penyimpan gadget. Setelah itu, semua bahan digabungkan dengan cara dijahit.

Jika sudah langkah selanjutnya adalah membuat kantung HPO, jumlah kantung ini disesuaikan dengan keinginan. Dalam pembuatan kantung, sebaiknya ukuran disesuaikan dengan barang yang akan disimpan dalam kantung tersebut. Setelah selesai, digabungkan kantung tersebut dengan cara menjahit terlebih dahulu bagian tengah dompet sesuai lipatan dompet, dilanjutkan dengan menjahit bagian sisi tas. Berikutnya pemasangan/jahit resleting pada bagian sisi tas, serta finishing dengan membersihkan sisa-sisa benang.

Pemasaran dan Kendala. Untuk pemasaran produk Tas Dompet HPO ini dapat melakukan beberapa cara yaitu dengan cara pemasaran melalui media internet, seperti website usaha, facebook, dan twitter. Selain itu juga bisa melalui cara offline berupa media cetak katalog yang disebarkan. Adapun kendala dalam menjalankan usaha ini yaitu kesulitan mencari SDM untuk para penjahit yang cocok, selain itu kendala bahan baku yang kadang kosong dari pabrik. Maka dari itu, untuk bahan baku, Anda bisa menyetoknya lebih banyak

Dan berbicara prospek, usaha ini akan semakin terbuka karena perkembangan gadget saat ini sudah melonjak drastis, dan banyak orang yang menjadikannya kebutuhan primer. Jadi untuk Anda yang ingin membuka usaha ini adalah jangan takut untuk memulai, mulailah segera dan jangan putus asa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.