Trik Sukses Usaha Toko Parfum

0
2500
dok: beeparfum.wordpress.com

 

Saat ini di masyarakat sudah banyak pelaku usaha yang menjalankan usaha serupa yaitu membuka toko parfum. Hal tersebut bisa dilihat di beberapa lokasi di pinggir jalan kita akan mudah menemukan usaha ini.

Namun demikian bukan berarti usaha ini tidak patut diperhitungkan. Anda masih boleh mencobanya. Pada prinsipnya, semua usaha yang dikelola secara baik pasti akan berkembang dan dapat menghasilkan keuntungan untuk Anda. Jangan takut untuk membuka usaha karena sudah banyak kompetitor. Untuk itu Anda harus benar-benar mempersiapkannya dengan baik agar toko Anda dapat menghasilkan keuntungan/profit sesuai harapan.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membuka toko:

  • Lakukan pengamatan di lapangan, berapa banyak pemain/kompetitor yang sudah membuka toko sejenis (toko parfum) di lokasi yang Anda minati untuk membuka toko. Cari informasi tentang harga jual dan profil customer-nya. Amati juga, apakah semua toko yang menjual produk parfum ramai dikunjungi customer atau tidak?
  • Analisis Bisnis. Setelah melakukan survei, Anda harus membuat analisis bisnis yang isinya antara lain perkiraan pemasukan dan pengeluaran. Dengan demikian Anda akan mengetahui perkiraan angka keuntungannya.

Untuk membuat analisis bisnis yang benar, Anda harus memiliki data akurat mulai dari harga sewa toko, harga pokok barang yang akan dijual, gaji karyawan, dan biaya-biaya operasional lainnya. Lalu tentukan profit yang Anda inginkan. Ingat! Jangan ambil profit margin yang terlalu besar. Pastikan harga jual produk Anda tidak lebih mahal dibanding toko lain. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena produk yang Anda jual adalah produk umum yang sudah banyak dijual orang.

Jika akhirnya setelah melakukan survei dan membuat analisis bisnis, Anda memutuskan untuk membuka toko parfum, maka sekarang yang perlu diperhatikan adalah strategi pemasarannya.

  • Strategi Pemasaran. Untuk dapat membuat strategi pemasaran yang tepat,  Anda harus tahu dengan benar siapa target market yang dituju. Selanjutnya Anda harus membuat komunikasi ke target market baik secara Above The Line (ATL) maupun Below The Line (BTL). Tujuannya agar toko mulai dikenal oleh masyarakat luas. Strategi ATL, misalnya dengan cara memasang iklan di media cetak lokal atau di radio yang biasa didengarkan oleh target market. Sedangkan cara BTL, misalnya dengan memasang umbul-umbul di lokasi yang tepat atau membagikan flyer/brosur secara langsung ke rumah-rumah calon customer.

Pada flyer/brosur yang akan disebarkan, Anda dapat juga menyertakan discount voucher atau free gift voucher. Tentunya ini akan lebih menarik calon customer untuk datang dan sekaligus Anda dapat mengukur keefektifannya dari voucher yang Anda bagikan.

Satu ide lagi yang bisa Anda coba, yaitu dengan menempatkan orang berpakaian unik dengan membawa atribut yang memiliki asosiasi dengan produk yang Anda jual.

  • Service Excellence. Selain menjalankan strategi pemasaran di atas, Anda harus memberikan pelayanan yang baik kepada semua orang yang datang ke toko. Pelayanan yang baik tidak cukup hanya memberikan senyum tetapi harus didukung dengan standard pelayanan yang jelas, mulai dari cara memberi salam (greetings) hingga cara memberikan penjelasan produk kepada Dengan standard pelayanan yang baik (service excellence) maka customer akan mendapatkan kesan positif dan toko Anda akan selalu diingat.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

 

Oleh: Bambang Wahyupurnomo

Pengamat Marketing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.