Menyiasati Warung Bakso yang Sempit

0
25
dok faktualnews.co

 

Tempat usaha yang terbatas dan pelanggan yang terus bertambah kerap menjadi masalah Pelanggan yang ingin makan bakso tidak terlayani atau munculnya ketidakpuasan pelanggan karena fasilitas yang tidak mencukupi sehingga mereka enggan datang lagi ke tempat Anda.

Tentu saja, kita tidak mengharapkan menolak pelanggan datang gara–gara tempat yang kurang. Kita juga tidak mengharapkan pelanggan turun kepuasannya karena tempat yang tidak ada. Sayangnya, masalah tempat ini tidak bisa diperluas saat ini. Lalu apa yang bisa dipecahkan?

Ada beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan. Pertama, coba ubah susunan dan ukuran kursi. Kalau tatanan meja yang dipakai saat ini terlalu “membuang tempat”, coba rapatkan. Jadi buat tempat duduk yang berderetan. Kadang kala memakai bangku panjang sehingga bisa menampung lebih banyak orang. Lihat juga ukuran kursi saat ini. Apakah terlalu besar? Kalau ya, bisa ganti yang kecil.  Ini tidak masalah karena orang makan bakso biasanya rela duduk berhimpitan selama baksonya enak. Saya yakin bakso Anda enak sehingga sampai diantre pengunjung. Jadi alternatif pertama, ubah tata letak, bentuk atau ukuran kursi.

Kedua, coba tanyakan ke tempat–tempat sebelah tempat lokasi Anda sekarang atau pengelola mal. Apakah kanan kiri kios Anda  akan diperpanjang atau tidak. Kalau tidak diperpanjang, cepat–cepat hubungi pengelola atau pemilik kios untuk disewa. Kalau mereka belum pindah, coba tawarkan untuk menyewa sebagian space mereka untuk menampung tempat duduk yang baru. Kadang–kadang penyewa sebelah mau menyewakan kembali ke kita sebagian tempatnya hanya untuk kursi pengunjung rumah makan kita.

Ketiga, tawarkan menu bawa (take away). Pikirkan kemasan yang mungkin dibawa oleh pengunjung. Tujuannya supaya pengunjung tetap dapat membeli ke kita namun tidak makan di tempat karena kapasitas yang sudah penuh. Jadi membiarkan pelanggan makan di tempat lain, misalnya di kantornya. Semoga alternatif di atas dapat memecahkan masalah Anda. Selamat berbisnis dan semoga usaha warung bakso Anda semakin sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.