Usaha Tas Punggung Karakter Hewan

0
50
Tas punggung karakter hewan (dok Shopee)

 

Perkembangan fesyen yang sangat pesat membuat berbagai produk fesyen seperti baju, tas dan sepatu di pasaran berubah sangat cepat. Hal tersebut terjadi karena para peminat fesyen di Tanah Air selalu menginginkan sesuatu yang baru agar bisa tampil beda dari yang lain. Bicara mengenai tas punggung (backpack) dengan model atau bentuk karakter hewan lucu seperti panda dan rubah memang salah satu produk yang masih terhitung baru beberapa bulan belakangan.

Sebenarnya tas seperti ini mengadopsi model dan bentuk tas yang saat ini sedang tren di Korea dengan desain yang simple dengan bentuk seperti segitiga namun terlihat lucu sehingga menjadi pusat perhatian ketika tas ini digunakan. Pada awalnya tas karakter hewan ini sendiri kebanyakan barang impor yang didatangkan dari China. Walaupun harga tas impor ini murah, namun dengan kualitas yang kurang memuaskan, mendorong banyak pelaku usaha tas khususnya di Kota Bandung yang mencoba membuat tas seperti ini dengan kualitas yang lebih bagus. Dan hasilnya, dengan tren Korea yang sedang banyak digemari membuat tas karakter hewan ini banyak dicari terutama oleh para wanita yang sangat mengagumi produk yang berbau Korea.

Usaha pembuatan tas karakter hewan ini sendiri, sebetulnya sangat mudah dilakukan oleh siapa saja karena tidak terlalu rumit. Bagi pelaku usaha pemula yang tidak memiliki modal bisa melakukannya dengan cara free order, dalam arti mereka hanya membuat tas berdasarkan pesanan dan pesanan tersebut dapat dimaklonkan ke penjahit tas yang banyak tersebar di pinggir jalan.

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha pembuatan tas karakter hewan ini tidak lebih dari Rp 1 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli mesin jahit bekas dan juga bahan baku seperti bahan kanvas sebagai bahan utama, asesoris tas seperti tali kur, resleting dan lain sebagainya. Modal yang paling penting dalam menjalankan usaha ini adalah kreativitas dalam membuat desain tas karakter hewan agar terlihat unik dan tidak ada di pasaran.

Produk. Yang menjadi ciri khas tas punggung ini adalah karakter binatangnya. Selain itu dengan bentuk seperti segitiga membuat tas ini terlihat simple dan pas dikenakan oleh wanita ketika sedang bepergian. Ada dua jenis karakter hewan yang banyak di pasaran, yaitu panda dan rubah. Kedua hewan ini dipilih karena memiliki bentuk dan warna yang lucu sehingga banyak diminati oleh konsumen.

Produk tas karakter hewan buatan Yoongyaru juga lebih menonjolkan kedua hewan tersebut yaitu panda dan rubah dengan ukuran yang bervariasi seperti Tas Dolly Panda ukurannya 37 cm x 37cm tebal 12 cm, Tas Fox Bagpack Cokelat ukuran 35,5 cm x 33 cm tebal 14 cm dan Tas Fox Bagpack Hitam ukuran 35,5 cm x 33cm tebal 14 cm. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 150 ribu-Rp 165 ribu per pcs.

Bahan yang digunakan untuk membuat tas karakter hewan ini ialah kanvas yang ringan namun kuat, sedangkan untuk bagian dalamnya dilapisi busa sehingga dapat melindungi barang bawaan dari benturan yang bisa merusak tas. Dari dua jenis tas karakter yang ditawarkan bisa dibilang tas dengan karakter panda banyak dicari konsumen karena hewan yang satu ini terlihat lucu dan banyak disukai kaum wanita.

Cara Pembuatan. Perlu diingat pula sebelum membuat tas karakter hewan panda ada beberapa bahan baku yang perlu dipersiapkan seperti bahan kanvas dengan harga Rp 40 ribu/meter, resleting YKK no. 5  dengan harga Rp 98 ribu/rol (panjang 90 meter), kepala resleting merek YKK No. 10 Rp 50 ribu/gross, tali kur ukuran 4 cm warna putih Rp 27 ribu/gulung, tali kur ukuran 4 cm warna hitam Rp 26 ribu/gulung, dan benang jahit merek Toyip ukuran 20/2 seharga Rp 60 ribu per lusin. Bahan baku tersebut dapat dibeli di toko peralatan jahit atau biasanya kami membeli bahan baku di Pasar Baru Bandung dan di Jl. Martadinata, Bandung Jawa Barat.

Setelah bahan baku siap, pertama-tama membuat pola sesuai dengan yang dinginkan. Pola pembuatannya sama seperti membuat tas gemblok biasa namun untuk pola intinya berbentuk segitiga. Bagi pemula sebaiknya pola digambarkan di atas kertas terlebih dahulu namun bagi yang telah berpengalaman pola bisa langsung dibuat di atas bahan kanvas agar tidak membuang waktu. Setelah pola jadi, langkah berikutnya adalah memotong pola yang sudah digambar di atas bahan. Lalu bila sudah dipotong, pola dijahit per bagian, terlebih dahulu menjahit bagian depan tas yang pada bagian ini ditempelkan kelengkapan yang ada di karakter seperti mata, hidung, kumis dan lain sebagainya. Selain itu juga bisa ditambahkan kantong dan juga aksesoris lainnya.

Bila bagian depan sudah siap dan sudah terbentuk seperti yang diingikan, dilanjutkan dengan memasang busa pada bagian dalam tas, kemudian bagian depan dan belakang tas disatukan. Lalu dilanjutkan dengan memasang resleting di bagian permukaan bibir tas. Setelah tas jadi, langkah terakhit ialah membersihkan benang sisa jahitan dan tas siap digunakan.

Promosi dan Pemasaran. Untuk usaha produk kreatif seperti ini, promosi dan pemasaran awal yang bisa dilakukan agar dapat dilirik kalangan remaja adalah mendatangi sekolah-sekolah dan tempat-tempat berkumpulnya anak-anak remaja seperti mal. Selain itu, mengingat sekarang ini teknologi semakin canggih sebaiknya promosi melalui jejaring sosial Facebook, dan Twitter, membuat website. Cara lain yang perlu dilakukan ialah dengan mengikuti berbagai bazar yang di selenggarakan oleh berbagai pihak mulai dari bazar di mal hingga yang diadakan sekolah.

Tidak hanya itu, untuk lebih memperluas pasar bisa dilakukan dengan pola pemasaran kerja sama reseller. Dan syarat untuk menjadi Reseller pun sebaiknya jangan terlalu sulit dan potongan harga sekitar 20%. Cara reseller ini kami rasa sangat efektif karena produk tas Yoongyaru sudah tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah Reseller sekitar 700 orang. Target market dari produk ini kebanyakan ialah remaja putri Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai dengan Mahasiswi tingkat 5-6, bahkan ada pula wanita yang sudah bekerja juga menyukainya.

Sementara dari segi kendala, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti, namun dengan persaingan yang semakin ketat membuat pelaku usaha harus terus mengasah kreativitasnya agar menghasilkan produk yang berbeda sehingga banyak diminati konsumen.

 

oleh: Budi Dermawan,

Pemilik Yoongyaru, Produsen Tas

Jl. Kali Jati No. 42 Antapani Bandung Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.