Menemukan Ide Usaha dari Anatomi Tubuh

0
125
Bisnis salon kecantikan (dok blog.fitnesia.com)

 

Beberapa hal yang sering menjadi kendala yang menghalangi berwirausaha adalah menemukan ide usaha, keterbatasan modal usaha, sumber daya manusia dan pengembangannya, serta beberapa persoalan lainnya. Berbagai masalah tersebut seharusnya tidak menghalangi, namun justru akan mendidik Anda menjadi pewirausaha yang handal dan ulet.

Hasil pengamatan dan survey kecil saya di beberapa jalan utama dan jalan alternatif yang potensial untuk usaha, dari 100 responden pelaku usaha, bisa disimpulkan usaha kuliner, usaha service motor dan jual sparepart masih memiliki daya tahan yang cukup baik dan bisa bertahan cukup lama.

Sementara beberapa jenis usaha yang baru berjalan 3-6 bulan sudah berganti operator pelaku usahanya seperti usaha pulsa eceran, pedagang baju eceran, toko buku eceran dan ada beberapa jenis usaha yang lain. Hal ini bisa terjadi karena proses menentukan dan menemukan ide usahanya tidak berdasarkan riset pasar terlebih dahulu.

Dalam edisi kali ini, saya coba membahas mengenai, teknik jitu menemukan ide usaha yang tepat untuk dijalankan:

  1. Kenali Diri Kita Sendiri. Mengapa kita harus mampu memutar ulang film diri kita selama umur yang kita sudah lewati. Hal ini penting untuk menemukan Passion /Minat yang sebenarnya sudah terbangun sejak kita lahir. Misalnya, kalau kita terlahir di perkampungan yang menjadi kampung industri kecil pembuat sepatu, pasti ruang dan waktu yang kita habiskan akan melihat proses membuat sepatu. Atau orangtua kita memiliki toko sepeda dan setiap hari kita selalu melihat proses membeli sepeda dari pabrikan dan bagaimana menjualnya. Perjalanan hidup yang telah kita lewati akan menentukan besaran porsi Passion atau Minat kita pada suatu produk tertentu. Hal ini akan mendesain alam bawah sadar kita tentang proses tersebut. Ini pentingnya kita mengenali diri kita sendiri.
  1. Temukan Ide Kreatif dengan Proses 3 N (Niteni, Niru, dan Tambahin). Setelah kita temukan idenya, tentu kita harus melakukan proses memperkaya diri yang berkaitan dengan bidang usaha yang mau kita tekuni, yaitu dengan Proses 3 N atau lebih dikenal dengan ATM: Amati, Tiru, dan Modifikasi. Amati dulu ketetapan ide yang sudah kita temukan kemudian cari industri yang sejenis dan pelajari proses lebih mendalam, baru lakukan proses duplikasi dengan sedikit menambahkan teknik modifikasi dari barang/jasa yang kita akan jual. Pembahasan mengenai konsep 3 N ini pernah saya tulis juga pada Peluang Wirausaha beberapa edisi lalu
  2. Menemukan Ide Kreatif Produk/Jasa Tambahan. Seringkali toko-toko yang menjual produk atau tempat yang menjual jasa yang umurnya cukup pendek dan tidak berumur panjang hanya mengandalkan satu produk/jasa yang dijual. Sehingga biaya operasional tidak mencukupi dari margin.keuntungan yang didapat

Pada langkah ketiga di atas akan kita bahas teknik menemukan ide baru dengan berbasis Anatomi Tubuh. Karena pada dasarnya konsumen kita adalah manusia, dan manusia punya kebetuhan pada setiap anatomi tubuhnya, sehingga banyak sekali produk atau jasa yang bisa kita tawarkan dengan memperhatikan kebutuhan itu.

Kepala. Salon rambut wanita, barber shop, produksi atau penjualan kerudung, masker penutup muka, minyak untuk perawatan rambut,  aksesoris-anting, produksi dan penjualan berbagai jenis topi, kopiah, peci, belangkon. Lalu juga untuk keperluan di dalam kepala, yaitu otak atau pikiran, seperti bimbingan belejar dan kursus, buku-buku bacaan baik pelajaran, pengetahuan popular, hingga hiburan, serta bermacam-macam ide lain untuk memenuhi kebutuhan kepala dan otak manusia.

Mulut. Dagang Bakso, Cireng, Gorengan, sarapan pagi, makan siang, makan malam, wedangan, Ronde, Jahe, Nasi Pecel Lele, Nasi Uduk, jamu gendong, Es Buah, Es Cendol, dan berbagai usaha kuliner, serta usaha-usaha lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan mulut, dan indra pengecap manusia.

Telinga. Jual HP bekas, service Hp, Jual aksesoris HP, jual pulsa, jual jasa insert music, dagang CD, bikin band buat captain lagu, menyewakan alat alat musik, membuat ring tone, jasa membuat jingle perkantoran, jadi penyiar radio, jadi MC, jadi presenter, jadi penyanyi,semuanya tentunya berkaitan dengan pendengaran telinga kita.

Hidung. Jualan parfum, jual aroma therapy dan tempat untuk pembakaran guna mendapatkan aroma penguapannya, Jual lilin aroma terapi, sabun mandi beraroma therapy dan lain-lain.

Badan, Kaki dan Tangan. Berjualan atau memproduksi  baju, sarung tangan, sapu tangan, ikat pinggang, kaos dalam, pakaian dalam, celana, rok, mukena, jasa bekam, sepatu, kaos kaki, service sepatu, jual kutek, jasa refleksi kaki, manicure dan pedicure, jasa pijat tuna netra, jual alat olahraga, dan lain-lain.

Kita patut bersyukur, bahwasannya semua yang diciptakan yang kuasa, selalu ada keberkahan di dalamnya. Jadi dalam mencari ide usaha tak perlu jauh-jauh karena dalam anatomi tubuh kita pun, terdapat kebutuhan-kebutuhan yang bisa kita jadikan peluang untuk berwirausaha.

Selain hanya satu jenis usaha, bisa juga menggabungkan satu paket produk atau jasa yang bisa memenuhi kebutuhan dari kepala sampai kaki yang terintegrasi, dan Anda tawarkan dalam konsep one stop shopping.

Misalnya, gabungkan dalam satu tempat pelayanan jasa yaitu jasa cukur rambut (barber shop), jasa bekam, jasa pijat pria dan jasa refleksi, jus sehat pria (Strawberry + madu, Jambu +Madu+Jinten ,dll ) dalam satu layanan yang one stop shopping. Jika tempat perawatan khusus wanita sudah banyak yang mengembangkan konsep ini, mengapa tidak mencoba yang untuk pria.

Selamat berkarya dan semoga selalu sukses, Amien..

 

Oleh :  Coach Yoyok Indrayatno

Pelatih Kewirausahaan dari ACC Indonesia

( Amanah Coaching Clinik Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.