Mengubah Kompetitor Menjadi Energi Positif Untuk Bisnis

0
91
Kompetitor (dok entrepreneurcamp.id)

 

Dalam bisnis ada yang namanya kompetitor. Kompetitor bisa didefinisikan sebagai pengusaha lain yang menawarkan produk berupa barang atau jasa yang sama dengan produk yang kita tawarkan kepada konsumen.

Adanya kompetitor dalam sebuah bisnis merupakan hal yang biasa. Namun banyak yang beranggapan kompetitor dalam berbisnis adalah musuh yang akan mengancam bisnis kita di kemudian hari.

Sebenarnya kompetitor bukanlah musuh bagi bisnis kita namun memiliki kompetitor mempunyai beberapa manfaat penting bagi bisnis kita. Setidaknya entrepreneurID telah mengumpulkan 3 manfaat kompetitor bagi bisnis kita.

Yang Pertama, Referensi Target Pasar
Dengan adanya kompetitor, secara tidak langsung kita mempunyai referensi pasar yang lebih luas dari pada yang kita punya sekarang. Bisa jadi target pasar yang kita punyai sekarang berbeda dengan para kompetitor walaupun apa yang kita jual sama dengan apa yang mereka jual. Lihatlah para kompetitor kita, kita bisa melihat jangkauan target pasar potensial yang mungkin saja belum kita optimalkan sebelumnya.

Yang Kedua, Meningkatkan Pelayanan
Pelayanan sangatlah penting dalam dunia bisnis. Dengan pelayanan yang baik, para calon pembeli akan merasa nyaman sehingga calon pembeli akan melakukan tranksaksi untuk produk yang kita jual. Juga pelayanan dapat membuat orang sudah pernah membeli produk kita di masa lalu, akan membeli lagi produk kita yang nantinya akan menjadi pelanggan bisnis kita.

Dengan melihat kompetitor, kita akan melihat bagaimana cara mereka dalam memperlakukan konsumen kita. Sehingga kita juga dapat menerapkan itu atau memberikan pelayanan lebih dari pada yang di berikan oleh kompetitor bisnis kita

Yang Ketiga, Meningkatkan Kualitas Produk
Ketika kita berbisnis ataupun menjual suatu barang, kualitas merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Kualitas produk akan membuat para calon pembeli merasa yakin dengan produk yang kita jual.

Salah satu fungsi yang baik dari hadirnya kompetitor adalah “memberikan rasa tidak nyaman”. Rasa tidak nyaman ini karena saingan dengan kualitas produk yang mungkin lebih dari produk bisnis kita. Rasa tidak nyaman ini lah yang mendorong kita menjaga dan meningkatkan kualitas produk kita lebih dari pada para kompetitor. Itulah sharing pada malam hari ini mengenai pentingnya kompetitor dalam bisnis.

Tidak selamanya kompetitor bernilai negatif. Tergantung cara kita memandangnya. Contoh adalah nike dan adidas. Dengan bersaing satu sama lain, mereka berusaha menghadirkan yang terbaik untuk para konsumennya.

Tetap semangat dalam proses mengembangkan bisnis. Hambatan akan susah di lewati jika kita selalu berpikiran negatif terhadap sesuatu. “jangan mengamati perilaku negatif orang lain, biasakan untuk melihat keunggulan dan kehebatan orang lain”.

Selamat berjuang karena orang yang kita sayang selalu menunggu kita sukses dengan senyuman.

 

Oleh: Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.