Top Mortar Gak Takut Hujan
Home Bisnis Tiket Laris Manis! Puncak Arus Balik Libur Maulid Nabi Diprediksi 16 September

Tiket Laris Manis! Puncak Arus Balik Libur Maulid Nabi Diprediksi 16 September

0
Tiket Laris Manis! Puncak Arus Balik Libur Maulid Nabi Diprediksi 16 September (Dok Foto: KAI)

Selama libur Maulid Nabi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan 113 kereta api (KA) dengan beragam kelas yang melayani rute ke berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, Tegal, dan lainnya.

“Beberapa rute yang paling diminati oleh masyarakat selama liburan panjang ini meliputi Jakarta – Surabaya PP, Jakarta – Semarang PP, Ketapang – Lempuyangan PP, Blitar – Kiaracondong PP, Purwosari – Pasar Senen PP, serta Malang – Pasar Senen PP,” ujar Anne Purba, Vice President Public Relations KAI.

Kereta dengan Penjualan Tiket Tertinggi

Berikut adalah kereta dengan penjualan tiket tertinggi:

  1. KA Airlangga (Pasar Senen – Pasar Turi PP)
  2. KA Joglosemarkerto (Jogya – Purwokerto – Semarang – Solo PP)
  3. KA Sri Tanjung (Lempuyangan – Ketapang PP)
  4. KA Kertajaya (Pasar Senen – Pasar Turi PP)
  5. KA Jayakarta (Pasar Senen – Surabaya Gubeng PP)
  6. KA Matarmaja (Pasar Senen – Malang PP)
  7. KA Kahuripan (Kiaracondong – Kediri PP)
  8. KA Ambarawa Ekspres (Semarang Poncol – Pasar Turi PP)
  9. KA Pasundan (Kiaracondong – Surabaya Gubeng PP)
  10. KA Argo Cheribon (Gambir – Cirebon PP)

Anne menjelaskan bahwa tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api selama liburan panjang ini sejalan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke berbagai kota di Pulau Jawa, terutama DI Yogyakarta yang mengalami lonjakan jumlah wisatawan.

Kenaikan Wisatawan di Beberapa Kota

“Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), hingga Juli 2024, jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke DI Yogyakarta mencapai 22.588.531 orang, meningkat 19 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 dengan 18.981.643 wisatawan. Tren serupa juga terlihat di Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta,” lanjut Anne.

Ia juga menambahkan bahwa kereta api memiliki peran penting dalam mendukung konektivitas wisatawan karena efisiensinya, bebas dari kemacetan, dan menawarkan perjalanan yang aman dan nyaman.

“Masyarakat memilih kereta api untuk liburan panjang karena banyak destinasi wisata menarik, seperti Yogyakarta dengan candi-candi bersejarahnya dan Banyuwangi yang dikenal dengan pantai-pantainya yang menawan,” tambahnya.

Lonjakan Penumpang Kereta Api

PT KAI juga melaporkan peningkatan jumlah penumpang selama libur Maulid Nabi 2024 yang dimulai pada Jumat (13/9). Puncak arus keberangkatan terjadi pada Sabtu (14/9), dengan penjualan tiket mencapai 189.737, melebihi kapasitas tempat duduk yang tersedia, yakni 148.227. Puncak arus balik diprediksi pada 16 September 2024, dengan penjualan tiket sudah mencapai 152.365 dari 149.880 tempat duduk yang tersedia.

Anne menjelaskan bahwa tingkat okupansi yang melebihi 100 persen disebabkan oleh penumpang dinamis, yang naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute.

“Minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api selama libur Maulid Nabi sangat tinggi, dengan rata-rata okupansi harian mencapai 112,37 persen,” ujar Anne.

Pembaruan Penjualan Tiket Selama Long Weekend

Berikut pembaruan penjualan tiket selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW (data per Minggu pagi, 15 September 2024):

  • Jumat, 13 September: 182.020 tiket (penjualan ditutup)
  • Sabtu, 14 September: 189.737 tiket (penjualan ditutup)
  • Minggu, 15 September: 143.883 tiket (data masih dinamis)
  • Senin, 16 September: 152.365 tiket (data masih dinamis)

Anne juga mengingatkan masyarakat yang ingin bepergian selama libur Maulid Nabi untuk memeriksa ketersediaan tiket melalui aplikasi Access by KAI, dan menekankan komitmen KAI dalam memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan selamat.

Exit mobile version