Sandiaga Uno Pantau Langsung Persiapan Jalur Wisata di Libur Lebaran 2024

0
180
Sandiaga Uno Pantau Langsung Persiapan Jalur Wisata di Libur Lebaran 2024
Sandiaga Uno Pantau Langsung Persiapan Jalur Wisata di Libur Lebaran 2024 (Dok Foto: Kemenparekraf)
Pojok Bisnis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, melakukan peninjauan terhadap persiapan jalur wisata, termasuk di Puncak, Bogor, yang diperkirakan akan ramai oleh masyarakat dan wisatawan pada musim mudik serta libur Lebaran tahun ini.

Peninjauan ini dimulai dari Pos Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2024 Polres Bogor di Pos Polisi Gadog pada Senin (8/4/2024). Sandiaga Uno secara langsung mengevaluasi sistem pemantauan lalu lintas yang ditempatkan di Pos Terpadu tersebut, sambil melihat pos-pos mudik dari berbagai instansi terkait.

“Saya memperhatikan persiapan jalur mudik yang juga terhubung dengan jalur wisata. Jalur Puncak selalu menjadi tujuan utama wisatawan, terutama bagi pemudik dengan kendaraan roda dua. Saya menghargai kerja sama yang baik antara Pj Bupati (Kabupaten Bogor) dan instansi terkait,” ujar Sandiaga.

Diperkirakan sekitar 140 ribu hingga 160 ribu orang akan melintasi jalur Puncak pada musim mudik dan libur Lebaran, yang empat kali lipat dari kapasitas jalan. Hal ini menuntut penyesuaian dan persiapan tambahan dari segi rekayasa lalu lintas dan jalur alternatif.

PT Mitra Mortar indonesia

Kolaborasi dan Kerja Sama Berbagai Pihak

Sandiaga Uno mengapresiasi kolaborasi semua pihak untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama musim mudik dan libur Lebaran. Dia juga berterima kasih kepada TNI, Polri, Basarnas, dinas kesehatan, dan semua pihak yang terlibat.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, menyatakan kesiapan bersama seluruh instansi terkait dalam menyambut kedatangan masyarakat selama musim mudik dan libur Lebaran. Kabupaten Bogor memiliki banyak destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif yang menjadi favorit masyarakat.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto Ashari, menjelaskan bahwa Polres Bogor telah menyiapkan 400 personel di sepanjang jalur Puncak untuk musim mudik dan libur Lebaran. Jalur Puncak tidak hanya digunakan sebagai jalur mudik, tetapi juga sebagai jalur wisata.

Antisipasi terhadap kepadatan di jalur Puncak diperkirakan akan mencapai puncaknya setelah Lebaran, terutama antara tanggal 12 hingga 21 April 2024. Polres Bogor telah memetakan 72 titik hambatan di sepanjang jalur Puncak, dengan lima titik utama di Pasir Muncang, simpang Mega Mendung, simpang Loka Wiratama, Pasar Cisarua, dan simpang Taman Safari.

Upaya Pencegahan dan Perlindungan Bagi Pemudik

Masyarakat diimbau untuk memperhatikan waktu keberangkatan saat melakukan perjalanan mudik atau wisata di Puncak. Sistem ganjil-genap tetap diterapkan di jalur Puncak dari tanggal 5 hingga 16 April 2024, kecuali pada hari pertama Lebaran.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas, memeriksa kondisi kendaraan, dan menjaga kesehatan diri. Satlantas Polres Bogor juga menyediakan pos terpadu di Simpang Gadog sebagai tempat istirahat bagi pemudik yang lelah.

Sandiaga Uno memberikan penghargaan kepada petugas yang berjaga di Pos Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2024 Polres Bogor di Pos Polisi Gadog, serta kepada pemudik yang melintas di jalur tersebut.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan