Mengayuh Bisnis Sepeda Model Cruiser

0
614
Sepeda Model Cruiser (dok alicdn.com)

 

Budaya bersepeda di tanah air terutama di Jakarta yang semakin meningkat belakangan ini membuat banyak model sepeda bermunculan mulai dari sepeda fixi, mountain bike hingga sepeda yang memiliki bentuk yang unik. Apalagi dengan makin sadarnya masyarakat terhadap udara bersih yang dapat menyehatkan tubuh, membuat makin banyak pula masyarakat yang mulai beralih menggunakan sepeda pada setiap kegiatan mereka salah satunya ketika pergi ke tempat bekerja.

Booming-nya pengguna sepeda di tanah air tersebut membuat pangsa pasar penjualan sepeda semakin meningkat. Dan hal inilah yang mengilhami terciptanya sepeda roda tiga berbentuk unik yang biasa disebut dengan sepeda model cruiser. Sebenanya sepeda model cruiser ini sedang booming di Amerika dan karena itulah model ini coba didatangkan ke Indonesia yang tentunya dengan spesifikasi yang telah disesuaikan dengan postur orang Indonesia.

Model Cruiser. Sepeda roda tiga yang berbentuk unik yang biasa disebut dengan sepeda model cruiser ini sengaja diciptakan untuk bersantai. Dari segi bentuk, sepeda model cruiser dibuat hampir menyerupai kursi dorong sehingga pengendara bisa sambil bersandar santai. Karena itu sepeda roda tiga ini memiliki sadel yang berada di roda bagian depan. Sementara itu agar lebih nyaman sandaran sepeda ini dilapisi busa dan tuas pengereman dibuat dekat dengan tempat sandaran.

Sepeda model cruiser yang kami buat terbagi dalam dua ukuran yaitu ukuran besar 20 inchi dan ukuran kecil 16 inchi. Harga sepeda ukuran besar sekitar Rp 4,5 juta per unit, sedangkan ukuran kecil Rp 3,7 juta. Yang membedakan kedua ukuran sepeda ini ialah pada bentuk roda depannya, sedangkan modelnya sama.

Desain sepeda ini dibuat senyaman mungkin namun tetap fungsional. Kenyamanan model yang dibuat terlihat dari sandaran jok dengan busa berbentuk silinder terpisah. Desain model jok seperti tersebut bukan tanpa alasan karena model sandaran jok seperti itu telah lulus tes dari dokter ortopedi sebagai salah satu alat pencegahan dan terapi perbaikan tulang belakang.

Selain model jok yang unik, beberapa keunggulan sepeda ini antara lain adalah kursi yang ukurannya dapat disesuaikan dengan keinginan pengendara, menggunakan pengunci pin yang dilengkapi per pegas, sehingga kunci pin lebih mudah disesuaikan dan tidak akan terlepas dari kedudukannya. Rem darurat berbentuk pin pengunci juga tersedia untuk mengurangi kecepatan saat melalui trek turunan curam dan lainnya. Selain itu, setiap produk dilengkapi dengan aksesoris keamanan seperti bendera yang ditempatkan di belakang jok sepeda dan mata kucing (alat apabila terkena cahaya akan berpendar memantulkan cahaya) sebagai bagian keamanan pemakaian sepeda.

Dengan keamanan dan desain yang sangat memperhatikan kenyamanan dan kesehatan para penggunanya membuat sepeda ini sangat baik digunakan oleh semua umur serta juga bagus digunakan oleh penderita stroke ringan. Sebagai alat terapi, sepeda ini dapat melatih saraf-saraf motorik.

Cara Pembuatan. Untuk memproduksi sepeda model cruiser akan lebih murah bila dilakukan secara maklon karena semua bahan baku sudah dipersiapkan dan pengerjaan pun dilakukan oleh orang yang profesional. Tempat maklon sepeda model cruiser ini bisa dilakukan di sentra industri besi dan logam yang terletak di Kelurahan Mangkusuman, Kejambon dan Sierok, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Namun secara garis besar, membuat sepeda cruiser ini dibutuhkan bahan baku besi stainless steel yang ringan namun kuat, selain itu juga dibutuhkan busa untuk bagian sandaran serta pegangan/stang. Cara pembuatan, pertama-tama membuat desain sepeda cruiser dengan menampilkan aspek-aspek kenyamanan dan keamanan. Setelah itu membuat rangka sepeda sesuai dengan desain yang ada, kemudian pengecatan dengan warna yang diinginkan. Langkah terakhir ialah pemasangan busa pada sandaran,  jok dan juga ban sepeda di tempat yang sudah di tentukan. Bila itu telah selesai maka sepeda pun siap digunakan.

Pemasaran dan Kendala. Target pasar sepeda cruiser ini selain masyarakat umum adalah pengelola kawasan wisata, pusat perbelanjaan dan hiburan, sekolah dan lain sebagainya. Dibandingkan dijual secara retail, penyewaan ke tempat-tempat wisata akan memiliki keuntungan yang berlipat ganda karena biasanya pembagian keuntunganya adalah 70:30. Dan untuk menyasar tempat-tempat wisata tersebut, cara paling efektif ialah dengan menawarkannya secara langsung dengan mendatangi beberapa tempat wisata yang ada.

Selain dipasarkan secara langsung, cara lain yang juga bisa dilakukan untuk memasarkan produk sepeda ini adalah dengan membuka sistem keagenan/kerja sama. Dan untuk lebih menarik para Agen, ada beberapa keuntungan yang diberikan seperti masing-masing Agen diatur dalam pengelompokan wilayah, untuk mengurangi risiko Agen bersinggungan dalam satu wilayah pemasaran.

Permasalahan dan kendala pasti selalu ada di setiap usaha. Kendala yang biasa dihadapi dalam usaha ini ialah waktu produksi yang panjang, yakni hingga 4 bulan lamanya. Hal tersebut dikarenakan panjangnya rangkaian uji produksi dan pengiriman.

 

Oleh: Andi Setiawan

Pemilik Moto Cruiser

Alamat: Citra 7 blok A 03 No. 8,

Pegadungan, Kalideres Jakarta Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.