Siap Jadi Pusat Riset dan Pengembangan Teknologi, Presiden Jokowi Dukung Investasi Microsoft di Indonesia

0
138
Siap Jadi Pusat Riset dan Pengembangan Teknologi, Presiden Jokowi Dukung Investasi Microsoft di Indonesia
Siap Jadi Pusat Riset dan Pengembangan Teknologi, Presiden Jokowi Dukung Investasi Microsoft di Indonesia (Dok Foto: BPMI Setpres)
Pojok Bisnis

Presiden Joko Widodo memberikan dukungan sepenuhnya terhadap rencana investasi Microsoft di Indonesia. Investasi ini akan fokus pada pembangunan pusat riset serta pengembangan talenta digital, sebagai bagian dari upaya menuju transformasi digital yang lebih luas.

Menkominfo, Budi Arie Setiadi, yang turut hadir dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dan CEO Microsoft Satya Nadella di Istana Kepresidenan Jakarta, menjelaskan bahwa investasi ini akan memberikan dampak positif pada pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

Satya Nadella menyampaikan rencana Microsoft untuk menginvestasikan secara signifikan dalam infrastruktur kecerdasan buatan (AI) dan komputasi awan (cloud computing) di Indonesia selama empat tahun ke depan.

Salah satu inisiatif utamanya adalah pelatihan AI untuk 840.000 individu serta dukungan untuk komunitas pengembang, melalui program “AI Odyssey” yang bertujuan untuk melibatkan 10.000 pengembang dengan kredensial Microsoft.

PT Mitra Mortar indonesia

Budi juga menegaskan bahwa investasi ini merupakan yang terbesar dalam sejarah bisnis Microsoft selama 29 tahun beroperasi di Indonesia.

Tawarkan Ibu Kota Nusantara dan Bali untuk Jadi Lokasi Investasi dan Pembangunan Pusat Riset Microsoft di Indonesia

Pemerintah Indonesia juga turut berperan dengan menawarkan beberapa lokasi potensial, termasuk Bali dan Ibu Kota Nusantara (IKN), untuk pembangunan pusat riset Microsoft. Pembangunan pusat riset dan pengembangan teknologi ini diharapkan akan mendukung Indonesia dalam mencapai status negara maju.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menerima delegasi Microsoft di Istana Merdeka Jakarta untuk membahas kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia dan teknologi, khususnya dalam bidang kecerdasan buatan (AI).

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa Microsoft juga berencana untuk membangun pusat penelitian dan pengembangan Asia-Pasifik di Indonesia, sebagai bagian dari upaya mendukung pembangunan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam pertemuan itu, juga dibahas mengenai pengembangan teknologi kecerdasan buatan di sektor perikanan dan pertanian di Indonesia. Presiden Jokowi secara konsisten mendukung kerja sama antara Microsoft dan pemerintah Indonesia, percaya bahwa integrasi teknologi akan membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih maju.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir, menegaskan komitmen Microsoft terhadap pengembangan bisnis dan investasi teknologi di Indonesia. Microsoft akan mengikuti upaya pengembangan riset di Indonesia sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan komitmen kuat dari Microsoft, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat inovasi teknologi yang memimpin di kawasan Asia-Pasifik.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan