Kunjungi Pasar Palmerah, Mendag Pastikan Stabilitas Harga Bahan Pokok

0
140
Kunjungi Pasar Palmerah, Mendag Pastikan Stabilitas Harga Bahan Pokok
Kunjungi Pasar Palmerah, Mendag Pastikan Stabilitas Harga Bahan Pokok (Dok Foto: Kemendag)
Pojok Bisnis

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan bahwa harga bahan pokok (bapok) di Pasar Palmerah, Jakarta, saat ini stabil secara umum dan pasokannya terjaga. Pernyataan tersebut disampaikan saat kunjungannya ke Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, pada hari Selasa (30/4).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan rasa terima kasih kepada rekan-rekan media yang telah mendampingi kunjungannya di pasar pada pagi hari. Dia menjelaskan bahwa harga-harga barang, seperti beras yang dijual seharga Rp12.000/kg, bawang merah yang turun dari Rp75.000/kg menjadi Rp65.000/kg, dan cabai seharga Rp60.000/kg, menunjukkan kondisi yang baik.

Selain itu, harga telur yang berada pada angka Rp29.000/kg sesuai dengan standar pemerintah. Meskipun ada kenaikan harga gula yang masih cukup tinggi, namun mengalami penurunan dari Rp20.000/kg menjadi Rp19.000/kg. Menteri Perdagangan juga menyatakan keyakinannya bahwa harga-harga tersebut telah mencerminkan situasi yang memuaskan.

Stabilitas Harga Bahan Pokok: Pemantauan di Pasar Palmerah

Pantauan di Pasar Palmerah menunjukkan bahwa harga bapok stabil. Rp12.000/kg beras medium, Rp14.000/kg beras premium, Rp15.300/lt minyak goreng curah, Rp20.000/lt minyak goreng premium, Rp17.000/lt Minyakita, Rp12.000/kg tepung terigu, Rp140.000/kg daging sapi, Rp36.000/kg daging ayam ras, Rp29.000/kg telur ayam ras, Rp19.000/kg gula pasir, Rp70.000/kg cabai merah besar, Rp60.000/kg cabai merah keriting, Rp40.000/kg cabai rawit merah, Rp60.000- Rp70.000/kg bawang merah, Rp45.000/kg bawang putih.

PT Mitra Mortar indonesia

Berdasarkan hasil pemantauan, harga bapok di Pasar Palmerah relatif stabil, bahkan beberapa komoditas mengalami penurunan harga seperti beras, bawang merah, dan ayam. Stok ini juga cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menteri Perdagangan menekankan bahwa stabilitas harga bapok di pasar rakyat memiliki dampak signifikan terhadap daya beli masyarakat. Dalam menyambut Iduladha, Kementerian Perdagangan akan terus menjaga stabilitas harga bapok dan ketersediaan pasokan.

Salah satu pedagang di Pasar Palmerah, Adam, mengonfirmasi adanya penurunan harga bawang merah dan cabai. “Harga bawang merah Rp60.000—Rp70.000/kg, sedangkan harga cabai sudah turun menjadi Rp60.000/kg,” katanya.

Upaya Pemerintah dalam Menjaga Stabilitas Harga Bahan Pokok

Menteri Perdagangan juga mengungkapkan bahwa kenaikan harga bawang putih telah ditangani. “Harga bawang putih naik sedikit. Kami telah memberikan izin impor dan akan melakukan pengecekan. Jika masih belum tertangani, tindakan pinalti akan diberlakukan,” ungkap Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Selain itu, Menteri Perdagangan menegaskan bahwa Kementerian akan terus berupaya menjaga stabilitas harga bapok dan ketersediaan pasokan menyambut Iduladha. “Kami akan berusaha keras agar harga tetap stabil, barang tersedia, pasokan terjaga, dan harga dapat terkendali,” ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Pada kunjungan tersebut, turut hadir Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, serta Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Budi Santoso, yang mendampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan