Diprediksi Prabowo Unggul dalam Debat Capres Ketiga dengan Fokus pada Pertahanan dan Geopolitik

0
279
Debat Ketiga
Prabowo Diprediksi Unggul dalam Debat Capres Ketiga dengan Fokus pada Pertahanan dan Geopolitik
Pojok Bisnis

Menurut Direktur Pusat Riset Politik, Hukum, dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, debat capres-cawapres ketiga diprediksi akan menjadi menarik karena topiknya saling terkait dengan jabatan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Topik-topik yang akan dibahas meliputi pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Saiful menyatakan bahwa secara teori, Prabowo memiliki keunggulan dalam debat ini. Menurutnya, Prabowo akan menjadi yang terdepan, kemudian Anies, dan baru kemudian Ganjar. Hal ini disampaikan oleh Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL pada tanggal 2 Januari 2024.

Saiful berpendapat bahwa publik akan cenderung melihat Prabowo sebagai sosok yang akan mendominasi dalam debat tersebut. Hal ini dikarenakan topik-topik yang akan dibahas merupakan hal-hal yang merupakan rutinitas sehari-hari bagi Prabowo. Sebagai sosok yang terlibat langsung dalam isu-isu tersebut, Prabowo dianggap siap dalam menghadapi pertanyaan dan memberikan jawaban yang mumpuni.

“Menurut saya, Prabowo lebih siap dalam hal ini karena ia langsung terlibat dengan topik-topik tersebut. Oleh karena itu, bagi Prabowo, tidak sulit untuk menjawab semua pertanyaan yang terkait dengan topik-topik tersebut,” ujar Saiful.

PT Mitra Mortar indonesia

Prediksi Unggul dalam debat calon presiden ketiga

Namun, seorang akademisi dari Universitas Sahid Jakarta juga menekankan bahwa isu-isu penting yang perlu diperhatikan dalam debat ini adalah peran Indonesia dalam konteks geopolitik global. Indonesia tidak boleh hanya menjadi objek perkembangan geopolitik dunia, melainkan harus jelas tentang peran yang akan diambil.

Selain itu, penting untuk menegaskan prinsip politik bebas aktif Indonesia yang bertujuan untuk mendorong dan menegaskan posisi bangsa Indonesia dalam konteks internasional.

“Selain itu, isu ketahanan nasional juga sangat penting. Kita tidak boleh terlalu fokus pada pertahanan global sehingga mengabaikan perkembangan pertahanan nasional kita sendiri. Saya yakin debat ini akan menjadi semakin menarik, karena kita akan melihat kemampuan calon-calon dalam bidang hubungan internasional dan geopolitik,” tambah Saiful.

Namun, dalam konteks yang lebih luas, Saiful Anam juga menekankan pentingnya peran Indonesia dalam kancah geopolitik global. Ia berpendapat bahwa Indonesia tidak boleh hanya menjadi objek perkembangan geopolitik dunia, tetapi harus jelas tentang peran yang akan diambil. Saiful Anam juga menyoroti pentingnya politik bebas aktif Indonesia dalam mendorong dan memperkuat posisi bangsa Indonesia dalam hubungan internasional.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan