Pemerataan Konektivitas Digital: Telkomsat Targetkan Jangkau 1.000 Lokasi di Indonesia Timur

0
275
Telkomsat
Pemerataan Konektivitas Digital: Telkomsat Targetkan Jangkau 1.000 Lokasi di Indonesia Timur (Dok: Telkom)
Pojok Bisnis

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom Group) dan anak usahanya, Telkomsat, terus berupaya memajukan konektivitas digital di seluruh Indonesia, termasuk di daerah terpencil. Salah satu inisiatif penting yang mereka lakukan adalah membawa internet cepat ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau oleh jaringan kabel, serat optik, dan nirkabel. Khususnya, fokus utama mereka adalah di wilayah timur Indonesia.

Dalam program ini, Telkomsat memberikan layanan konektivitas berkecepatan tinggi dengan kecepatan unduh mencapai 180 Mbps dan unggah hingga 20 Mbps per terminal.

Layanan ini ditujukan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), perusahaan, lembaga kesehatan, dan pemerintah di daerah terpencil, perbatasan, dan pulau-pulau terluar Indonesia.

Direktur Utama Telkom Satelit Indonesia, Lukman Hakim Abd. Rauf, menjelaskan bahwa lebih dari 40 ISP lokal telah bermitra dengan Telkomsat untuk menghadirkan layanan MangoStar, dengan setengah dari mereka beroperasi di wilayah timur Indonesia.

PT Mitra Mortar indonesia

Jangkau Berbagai UMKM di Indonesia Timur

Telkomsat berambisi untuk menjangkau setidaknya 1.000 lokasi yang dikelola oleh UMKM dan ISP lokal di wilayah timur Indonesia, yang nantinya dapat melayani banyak pelanggan.

MangoStar, produk unggulan Telkomsat, menawarkan konektivitas kelas dunia (enterprise-class connectivity) dengan berbagai solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, terutama UMKM dan penyedia jasa layanan internet (ISP).

Pentingnya inisiatif ini terbukti dengan pertumbuhan pelanggan yang pesat, meningkat 10 kali lipat dalam satu tahun terakhir, antara tahun 2022 hingga 2023. Selain itu, Telkomsat juga meluncurkan layanan MangoStar di sektor maritim dengan fasilitas Network Monitoring System (NMS) 7×24 jam dan kecepatan unduh hingga 180 Mbps serta unggah 20 Mbps per terminal.

Lukman menegaskan bahwa upaya Telkomsat sejalan dengan program pemerintah untuk memajukan konektivitas digital di seluruh Indonesia. Mereka berkomitmen untuk terus menyediakan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia dan berkolaborasi dengan ISP lain dalam menyediakan solusi layanan komunikasi berbasis satelit.

Ini adalah upaya signifikan dari Telkomsat dan Telkom Group dalam menghadirkan konektivitas digital yang lebih merata, terutama di wilayah yang sulit dijangkau di Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan