TikTok Music: Platform Baru Streaming Musik Siap Menantang Dominasi Spotify dan Apple Music

0
424
TikTok Music
TikTok Music: Platform Baru Streaming Musik Siap Menantang Dominasi Spotify dan Apple Music
Pojok Bisnis

TikTok Music telah secara resmi hadir di Indonesia dengan tujuan bersaing dengan platform sejenis seperti Spotify dan Apple Music yang saat ini mendominasi pasar streaming audio di Indonesia. Aplikasi ini menggantikan Resso, platform serupa yang sebelumnya dimiliki oleh ByteDance, perusahaan induk TikTok, dan akan berhenti beroperasi pada tanggal 5 September 2023.

TikTok Music memiliki desain antarmuka yang mirip dengan Resso, namun lebih simpel dan memiliki tampilan premium terutama di halaman utama atau beranda. Aplikasi ini menawarkan pengalaman layaknya bermedia sosial dengan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk memberikan komentar, menyukai, serta membagikan lagu-lagu yang mereka suka.

Meskipun demikian, berdasarkan informasi yang kami himpun dari beberapa sumber, TikTok Music tidak menampilkan total jumlah orang yang menyukai lagu-lagu tersebut seperti fitur “like” yang ada di media sosial lainnya. Halaman utama TikTok Musik, seperti halaman rekomendasi For You Page (FYP), juga berisi daftar lagu-lagu yang disukai oleh pengguna.

Pengguna juga akan lebih mudah menemukan lagu-lagu yang sedang viral di TikTok melalui daftar chart (tangga lagu) yang secara otomatis disusun dalam menu Explore. Selain itu, TikTok Music menawarkan fitur-fitur lain yang hampir serupa dengan Spotify dan Apple Music, seperti menampilkan lirik saat lagu diputar, membuat daftar lagu (playlist) dengan kategori tertentu, dan melakukan pencarian lirik melalui kolom pencarian.

PT Mitra Mortar indonesia

Salah satu fitur menarik dari TikTok Music adalah kolom pencarian yang memiliki fungsi serupa dengan Shazam milik Apple. Dengan mengklik simbol musik pada kolom pencarian, pengguna dapat diarahkan ke halaman Song Catch untuk mengidentifikasi musik yang sedang diputar di luar aplikasi.

Selain itu, ada juga fitur Song Catch yang bermanfaat bagi pengguna untuk mencari tahu judul lagu dan penyanyinya ketika mendengarkan musik di luar aplikasi yang tidak dikenali. TikTok Musik juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh lagu-lagu favorit agar dapat didengarkan secara offline. Aplikasi ini juga mendukung impor daftar lagu dari Spotify atau platform lain yang bermitra dengan TikTok.

Namun, sayangnya pengguna TikTok Music diharuskan untuk berlangganan dengan berbagai pilihan paket harga, mulai dari mingguan hingga bulanan. Meskipun begitu, TikTok Music saat ini masih menawarkan masa percobaan gratis selama satu bulan bagi pengguna baru.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan