Satelit Republik Indonesia Sukses Diluncurkan: Mewujudkan Pemerataan Akses Internet

0
429
Satelit Republik Indonesia
Satelit Republik Indonesia Sukses Diluncurkan: Mewujudkan Pemerataan Akses Internet
Pojok Bisnis

Pada hari Senin, 19 Juni 2023, Indonesia merayakan kesuksesan peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria 1). Melalui akun Instagram pribadinya @mahfudmd, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, mengucapkan selamat kepada seluruh rakyat Indonesia atas prestasi ini.

Peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria 1) berhasil dilakukan di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX pada pukul 18.21 waktu Florida atau pukul 05.21 WIB.

Mahfud MD menjelaskan dalam pernyataan resminya bahwa Satria 1 adalah satelit internet pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Tujuan dari peluncuran ini adalah untuk menghadirkan akses internet yang merata di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah terpencil, terdepan, dan tertinggal (3T).

Dengan keberadaan Satria 1, diharapkan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, termasuk sekolah, rumah sakit, pos-pos TNI, dan Polri, dapat memanfaatkan internet dengan efektif untuk keperluan pendidikan, kesehatan, dan layanan pemerintah.

PT Mitra Mortar indonesia

Menurut Mahfud MD, Satria 1 memiliki peran penting dalam menyediakan akses internet yang merata, terutama dalam mendukung pendidikan, kesehatan, dan layanan pemerintah di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah-daerah 3T.

Dengan ketersediaan akses internet yang merata, diharapkan kesenjangan digital antarwilayah dapat dikurangi, sehingga masyarakat di daerah terpencil juga dapat menikmati manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang sama dengan masyarakat perkotaan.

Meskipun ada beberapa pihak yang skeptis terhadap manfaat peluncuran Satria 1, Mahfud MD membantah pandangan tersebut. Ia menegaskan bahwa proyek Satelit Republik Indonesia ini memiliki peran penting dalam memajukan Indonesia melalui pemerataan akses internet.

Selain itu, Mahfud MD juga menegaskan bahwa peluncuran Satria 1 tidak terkait dengan program BTS 4G dari Kejaksaan Agung. Ia menjelaskan bahwa proyek ini merupakan proyek mandiri yang bertujuan untuk memperluas akses internet untuk pendidikan, kesehatan, dan layanan pemerintah di seluruh wilayah Indonesia.

Di era digital saat ini, kebutuhan akan akses internet yang cepat dan terjangkau sangat penting bagi masyarakat. Peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria 1) merupakan langkah signifikan dalam mengatasi kesenjangan digital di Indonesia. Satelit ini diharapkan dapat menyediakan akses internet yang handal dan merata di daerah-daerah 3T, sehingga masyarakat di daerah terpencil juga dapat merasakan manfaatnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan