Dukung Transformasi Digital, Pemerintah Bangun 340 Ribu KM Fiber Optic Backbone

0
96
(Dok: kominfo.go.id)
Semen Instan Serbaguna

Jakarta – Sebagai leading sector  transformasi digital, Kementerian Kominfo telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 yang meliputi empat sektor strategis yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

“Pada sektor infrastruktur digital, Kementerian Kominfo membangun lebih dari 340.000 KM nasional fiber optic backbone yang dikombinasikan dengan 9 satelit, jaringan microwavelink, serta penyediaan sejumlah base transceiver station (BTS) di tingkat the last-mile,” jelas Sekjen Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba dalam Forum Ekonomi Merdeka yang berlangsung secara virtual dari Jakarta Pusat, Senin (28/02/2022).

Di sektor pemerintahan digital, Kementerian Kominfo terus mendukung praktik e-Government dan Satu Data Indonesia. “Saat ini, Kementerian Kominfo membangun sejumlah Pusat Data Nasional yang memungkinkan interoperabilitas dan efisiensi dalam tata kelola data,” tutur Sekjen Mira.

Mengingat potensi ekonomi digital untuk memulihkan perekonomian nasional, Kementerian Kominfo telah mengembangkan berbagai program prioritas khusus dalam pilar ekonomi digital.

Top Mortar Semen Instan

“Di dalamnya program prioritas tersebut dirancang untuk mendukung berkembangnya Startup Digital, UMKM digital dan pengembangan talenta digital,” ujar Sekjen Kementerian Kominfo.

Sekjen Mira Tayyiba menjelaskan, pengembangan Startup Digital di Indonesia terus diupayakan Kementerian Kominfo melalui program startupdigital.id. Program itu ditujukan bagi pemula usaha industri startup.

“Program startupdigital.id terdiri dari berbagai sub program yaitu Sekolah Beta, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, startupstudio.id, HUB.id, dan Indonesia Game Developer Exchange (IDGX),” jelasnya.

Sekolah Beta merupakan pembekalan pengetahuan dasar terkait konsep dan model usaha startup. Kemudian, Gerakan Nasional 1000 startup digital yang merupakan program pendampingan bagi calon founder startup dan membuat minimum viable product.

“Startupstudio.id. merupakan program pembinaan bagi startup tingkat awal dalam mengembangkan produk marketing dan jumlah akuisisi pelanggan. Selanjutnya, adapula HUB.id. Program Business Matchmaking yang mempertemukan para startup dengan calon investor. Sedangkan Indonesia Game Developer Exchange (IDGX), merupakan program mentoring pertumbuhan bisnis dan promosi untuk meningkatkan kapasitas dan kuantitas game developer Indonesia,” tutur Sekjen Kementerian Kominfo.

Kementerian Kominfo juga mendorong digitalisasi UMKM melalui program pemberdayaan UMKM ke tahap digital active selling dan scale up, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia serta onboardingUMKM go digital.

Guna menjawab kebutuhan talenta digital di sektor masyarakat digital, Sekjen Mira Tayyiba menyatakan Kementerian Kominfo menyelenggarakan beberapa program pendidikan non-formal dan formal. Pada pendidikan non-formal, Kementerian Kominfo memfasilitasi pelatihan kapabilitas digital dari tingkat dasar melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), tingkat menengah melalui Digital Talent Scholarship (DTS) dan tingkat lanjutan melalui Digital Leadership Academy (DLA).

“Pada pendidikan formal, kami juga menyediakan program beasiswa S2 serta memfasilitasi transformasi Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta menjadi Institut Digital National University (IDN-U),” ungkapnya.

Menurut Sekjen Kementerian Kominfo peta jalan itu dilaksanakan melalui berbagai enabler antara lain sumber daya manusia, regulasi, kebijakan, pendanaan dan insentif. Mengutip ungkapan penulis buku How to fix the future dan pengamat dunia digital, Andrew Kean, Sekjen Mira Tayyiba mengajak seluruh pihak untuk mengupayakan seluruh ekosistem digital yang inklusif bagi seluruh manusia untuk melaksanakan hak dan kewajibannya dalam aspek sosial politik, sosial, budaya, dan tentunya ekonomi.

“Menjadi manusia di dunia digital adalah membangun dunia digital untuk manusia. Dengan semangat tersebut, kami mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi dan menjalin sinergi dalam membangun ekonomi digital Indonesia demi mewujudkan Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” ungkapnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan