Usaha Lampu Akrilik Custom Remote Control

0
1207
dok bgxcdn.com

 

Usaha di bidang teknologi selalu memberikan inspirasi bagi setiap pelakunya untuk terus berkreasi dan mengembangkan produk. Dengan kreativitas tersebut, keuntungan pelaku usaha bisa berlipat karena pastinya masih jarang pelaku usaha lain yang membuat produk serupa. Salah satunya adalah usaha pembuatan kreasi lampu akrilik. Dengan desain sesuai keinginan pemesan dan dipadu berbagai varian lampu LED aneka warna membuat kreasi akrilik memiliki tampilan yang indah.

Dalam menjalankan usaha lampu akrilik custom ini dibutuhkan modal yang lumayan besar karena bahan baku akrilik dan juga peralatan pemotong akrilik di pasaran lumayan mahal. Sehingga untuk memulai usaha ini dibutuhkan modal hingga ratusan juta rupiah. Untuk menyiasati besarnya modal yang diperlukan, bagi pelaku usaha pemula yang ingin menjalankan usaha ini bisa memulainya dengan memaklonkan proses pencetakan akrilik. Sedangkan untuk mendesain produk bisa menggunakan seperangkat laptop serta software untuk mendesain tampilan akrilik.

Modal yang dibutuhkan tidak lebih dari Rp 5 juta, karena peralatan yang digunakan hanyalah seperangkat laptop dan juga software pendukung desain seperti Coreldraw untuk mendesain gambar dan mengedit foto yang dibutuhkan. Perlu diingat karena yang dijual dalam usaha ini ialah tampilan produk maka modal utama dalam usaha ini ialah kemampuan mendesain dengan menggunakan software grafis.

Remote Control. Keindahan produk kreasi lampu akrlik custom akan semakin indah dengan tambahan remote control sebagai komponen yang bisa mengaktifkan lampu ini dari jarak jauh sekitar lima meter. Dan remote control tersebut yang memberikan nilai tambah produk akrilik ini karena dari beberapa produk lampu akrilik custom di pasar hanya menyediakan cara manual untuk mengaktifkannya.

Lampu akrilik ini mempunyai beberapa ukuran seperti 8 R dengan harga jual untuk konsumen Rp 380 ribu dan 6 R seharga Rp 320 ribu. Selain ukuran tersebut terdapat juga ukuran  14 cm x 15 cm Rp  245 ribu dan ukuran 12 cm x 14 cm seharga Rp 230 ribu.

Selain menggunakan remote control untuk mengaktifkannya, kreasi lampu akrilik ini memiliki keunggulan lain dibandingkan produk di pasaran. Keunggulan tersebut ialah variasi lampu LED yang beraneka ragam dengan jumlah mencapai 12 lampu yang terdiri atas warna merah, biru, hijau, kuning, orange dan beberapa warna lainnya.

Dari beberapa ukuran kreasi akrilik yang ada ukuran akrilik 8R dengan foto pasangan (couple) adalah ukuran yang paling banyak diminati konsumen. Untuk pengerjaan lampu custom remote memakan waktu paling lama tiga hari dari mulai pemesanan, produksi hingga barang diserahkan kepada konsumen.

Bahan Baku dan Peralatan. Dalam membuat kreasi lampu akrilik  custom ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Yang pertama ialah menyiapkan bahan baku seperti akrilik dengan ukuran 20 cm x 25 cm seharga Rp 155 ribu yang bisa dibeli di Sarana Mica, Jl. Stasiun Bogor No. 29-30, lampu LED aneka warna dengan kapasitas 2,5 volt, adaptor, kabel, remote control, dan air controller yang bisa dibeli di pusat elektronik Glodok, Jakarta.

Sedangkan peralatan pendukung proses desain gambar atau foto dibutuhkan seperangkat komputer atau laptop yang sudah diinstal software grafis seperti Photoshop maupun Coreldraw. Untuk bisa mengoperasikan software ini, sekarang banyak tersedia buku-buku ataupun literatur praktis di toko-toko buku.

Cara Membuat. Setelah bahan baku dipersiapkan, langkah-langkah untuk membuat akrilik ini secara garis besar adalah dengan mendesain foto atau gambar yang akan di jadikan kreasi lampu akrilik dengan menggunakan software aplikasi Coreldraw. Setelah gambar desain siap, lalu gambar tersebut diprint ke papan lembaran akrilik dengan menggunakan mesin laser grafis. Mesin laser grafis ini dapat dibeli di pusat penjualan barang produksi di daerah Glodok dengan harga sekitar Rp 203 juta.

Setelah dicetak di atas akrilik, kemudian foto atau gambar tersebut dipotong menggunakan gergaji mesin sesuai dengan bentuk logo yang telah dibuat. Bila sudah dipotong, langkah berikutnya ialah melakukan pemasangan/perakitan lampu LED. Untuk merakit lampu LED ini, peralatan yang digunakan antara lain obeng plus maupun minus untuk mengencangkan baut, tang sebagai alat penjepit, gunting untuk memotong kabel. Selain itu lem Power Glue dan lem stick (lem bakar) sebagai perekat, resistor untuk penahan lampu LED agar lampu tersebut menjadi awet atau bola lampu tidak cepat putus/mati, kabel dan juga papan PCB (printed circuit board) sebagai dudukan lampu.

Jika semua peralatan siap, langkah pertama yang perlu dilakukan ialah merangkai lampu LED pada papan PCB. Setelah dirangkai kemudian masukkan rangkaian tersebut ke bagian bawah akrilik setelah itu, sambungkan kabel dari PCB ke resistor yang berfungsi untuk mengubah daya sekitar 2,5 watt menjadi 12 volt. Setelah itu, dilanjutkan dengan menyambungkan kabel ke air controller dan adaptor  yang digunakan sebagai pusat sensor yang bisa mematikan dan menghidupkan lampu dengan menggunakan remote control. Setelah penyambungan selesai maka akrilik pun siap di gunakan.

Prospek dan Pemasaran. Memasarkan produk ini bisa dengan beberapa cara mulai dari menawarkan langsung kepada teman-teman serta kenalan di sekolah, kampus maupun kantor. Dalam menawarkan produk ini bisa dilakukan dengan menunjukkan produk kreasi akrilik kepada target pasar yang dituju.

Selain itu, karena produk ini bagus dijadikan hadiah maka pemasaran lainnya ialah dengan membagikan brosur ke toko-toko kado atau souvenir. Untuk memperluas pasar, bisa dilakukan pula dengan memanfaatkan jejaring sosial yang banyak digunakan anak muda seperti Instagram, Twitter, dan membuat blog.

Melihat desain yang beraneka ragam dan produk yang belum banyak di pasaran maka bukan tidak mungkin usaha ini memiliki prospek yang cerah dan mampu bertahan hingga beberapa tahun ke depan.

Dari segi kendala, biasanya pelaku usaha terkendala pengiriman. Maka dari itu sebaiknya menggunakan jasa pengiriman yang bergaransi.

 

Oleh: Diah Rahayu, Pemilik Diandra Store

Jl. Lodaya 2 RT 05 RW 02 No. 2 Cilibende, Bogor, Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.