Gunakan AI Atasi Masalah Sampah, Duet Gringgo dan Datanest Terima Hibah $25 juta

0
94

Dua perusahaan start-up lulusan akselerator program GK-Plug and Play Indonesia yakni Gringgo dan Datanest, salah satu dari 20 organisasi penerima hibah dengan nilai total sebesar $25 juta dari Google.org melalui Google AI Impact Challenge.

Hibah dini diberikan Google AI Impact Challenge bagi Lembaga lembaga nonprofit, social enterprise, serta penelitian dari seluruh penjuru dunia untuk mengajukan ide seputar penggunaan AI untuk mengatasi tantangan sosial kemasyarakatan. Ada lebih dari 2600 lembaga yang mengajukan ide mereka untuk memperoleh hibah ini.

Yayasan Gringgo Indonesia akan bekerjasama dengan Datanest.io, startup penyedia platform Data-Science-as-a-Services yang bergerak pada industri Machine Learning & Artificial Intelligence, untuk menerapkan sistem kecerdasan buatan (AI).

Penggunaan Ai ini untuk meningkatkan kapasitas daur ulang, mengurangi polusi plastik di laut, dan memperbaiki pengelolaan sampah di lingkungan dengan sumber daya yang minim secara “real time”.

Minggu depan, Febri dan Olivier (pendiri Gringgo) bersama dengan Thibaud (pendiri Datanest.io), akan terbang menuju San Francisco untuk mempersiapkan pelaksanaan hal tersebut dengan Google.

“Merupakan suatu kehormatan untuk terpilih sebagai salah satu penerima hibah Google AI Impact Challenge. Kami merasa sangat gembira melihat sejauh mana kami dapat melangkah dan memberikan dampak yang lebih besar melalui kerjasama kami dengan Google dan Datanest. Dan sebagai satu-satunya penerima hibah dari Asia Tenggara, kami akan menyumbangkan nilai yang positif bagi kawasan serta Indonesia.” Tutur Febriadi Pratama, Ketua Yayasan Gringgo Indonesia dalam rilis Google pada Selasa pada saat acara I/O berlangsung di Mountain View, California,
Amerika Serikat. (07/05/2019).

Wesley Harjono selaku Managing Partner GK-Plug and Play
Indonesia juga merasa bangga dengan pencapaian kedua startup tersebut. Menurutnya kolaborasi kedua startup itu mampu memberikan dampak yang besar bagi Indonesia melalui penanggulangan sampah.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here