Lazada dan idEA Komitmen Edukasi Konsumen Belanja Online Aman dengan Pembayaran yang Tepat

0
50

Lazada kembali berkolaborasi dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), menghadirkan sesi ketiga dari rangkaian webinar edukasi konsumen dengan tajuk “Belanja Hemat, Bayar Dengan Cara Tepat”. Webinar kali ini membahas tips & trik berbelanja online yang aman dengan metode pembayaran yang tepat sehingga cash flow keuangan tetap sehat.

Studi yang dilakukan oleh Bain & Company bersama Facebook menunjukkan bahwa di tahun 2020 terjadi perubahan tren yang membentuk kebiasaan normal baru. Adopsi pembelanjaan online di Asia Tenggara, yang semula diprediksi akan mencapai 310 juta di tahun 2025, kini dikoreksi menjadi mencapai 310 juta di akhir tahun 2020. Di Indonesia sendiri, terjadi peningkatan sebanyak hampir 10%, dari 119 juta penduduk yang merupakan konsumen digital di tahun 2019 menjadi 137 juta penduduk konsumen digital di tahun 2020.

Memahami perubahan tren serta perilaku konsumen Indonesia yang terjadi selama masa pandemi, Sawitri Hertoto, Vice President (VP) Marketing Lazada Indonesia menjelaskan, “Dengan terus meningkatnya minat konsumen Indonesia akan berbelanja online, sangatlah penting bagi konsumen untuk selalu bijak dan waspada saat bertransaksi secara online. Oleh karena itu, Lazada Indonesia berkomitmen untuk selalu mengedukasi masyarakat akan perilaku berbelanja online yang aman. Hal ini sejalan dengan peningkatan layanan yang terus dilakukan di platform kami agar dapat selalu memberikan pengalaman berbelanja online nyaman dan aman, di antaranya dengan menawarkan berbagai opsi pembayaran sehingga konsumen dapat memilih cara pembayaran yang paling nyaman untuk mereka.”

Peningkatan tren belanja online juga disikapi dengan hadirnya berbagai inovasi solusi pembayaran yang bisa menjadi cara pembayaran alternatif bagi konsumen. Salah satu bentuk inovasi dalam solusi pembayaran konsumen adalah DANA, sebuah aplikasi dompet digital terdepan di Indonesia. Steve Saerang, Vice President (VP) Corporate Communications DANA Indonesia menjelaskan, “Keamanan dalam bertransaksi, terutama terkait pembayaran menjadi sangat penting, baik untuk transaksi online dan offline. Keamanan dan kemudahan pembayaran menjadi salah satu prioritas tertinggi DANA. Pengguna DANA kini dapat dengan tenang melakukan pembayaran di gerai dengan QRIS, maupun di platform eCommerce seperti Lazada, dengan pilihan menggunakan saldo DANA yang tersedia, kartu debit atau kartu kredit dari bank manapun yang tersimpan di dalam aplikasi. Berbagai opsi yang kami tawarkan merupakan upaya DANA untuk dapat mengakomodir kebutuhan pengguna dan utamanya menggerakkan pengguna agar semakin adaptif dalam bertransaksi digital.”

Di webinar kali ini, selain membahas keamanan bertransaksi online, Lazada dan idEA juga mengundang Kaukabus Syarqiyah, Financial Planner Kikau Talk. Dalam sesi tersebut, Kaukabus menambahkan, “Selain memperhatikan keamanan bertransaksi, sangat penting bagi konsumen untuk memahami perbedaan masing-masing metode pembayaran, baik dari segi bunga, biaya admin, dan lainnya. Dengan memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan, para konsumen pun juga dapat mengatur cashflow agar tetap sehat dan menata keuangan keluarga dengan lebih baik lagi.”

Menyadari bahwa opsi pembayaran yang beragam dan lengkap menjadi salah satu faktor pendukung konsumen untuk berbelanja online, Lazada menawarkan opsi pembayaran yang lengkap, seperti DANA, bayar di tempat (COD), kartu kredit/debit, Lazada Credit, debit instan (berbagai bank mitra), transfer via bank, cicilan, dan masih banyak cara lainnya.

“Agar dapat tercipta ekosistem serta pengalaman belanja online yang aman, tentu saja dibutuhkan kerja sama dan keaktifan para penggunanya, baik dari sisi platform, penjual maupun pembeli. Oleh karena itu, selain terus mengoptimalkan platform, kami juga berkomitmen untuk terus mengedukasi para penjual dan pembeli agar dapat lebih bijak dalam memilih opsi pembayaran yang paling tepat serta mendorong perilaku belanja online yang aman,” tutup Sawitri.