Telkomsel Inovation Center 2020 Siap Digelar

0
118
Pemenang TINC 2018 (dok Telkomsel)

 

Telkomsel sebagai digital telco company terus bergerak maju mengembangkan ekosistem digital, untuk meningkatkan daya saing global Indonesia di era Industry 4.0. Melalui wadah riset dan pengembangan start-up internet of things (IoT), Telkomsel siap kembali menggelar Telkomsel Innovation Center (TINC) 2020.

TINC diinisiasi untuk menciptakan ekosistem IoT yang matang, yang dapat mendukung terciptanya produk siap pakai yang juga layak jual secara bisnis bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi Telkomsel untuk melakukan transformasi digital dan senantiasa menjadi yang terdepan dalam menerapkan perkembangan teknologi seluler terkini yang akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia di masa depan.

Ajang kompetisi ini menantang para pesertanya untuk menghadirkan solusi inovatif berbasis IoT bagi industri di berbagai bidang. Telkomsel memberikan kesempatan bagi para inovator baik itu akademisi, professional, startup, developer, maupun system integrator untuk berkolaborasi dengan Telkomsel, membuka akses masuk ke pasar pelanggan dan mitra ritel Telkomsel, serta memberikan dukungan pendanaan hingga ke proses komersialisasi produk.

Meranti alat pengukur PH tanah,kerjasama Telkomsel bersama Start Up (dok Telkomsel)

Selama setahun berjalan, kolaborasi bersama para inovator yang berada di bawah naungan TINC sudah menghasilkan berbagai solusi bisnis berbasis NB-IoT (Narrowband Internet of Things). Di antaranya bike sharing di Universitas Indonesia hasil kolaborasi bersama Banopolis, automatic fish feeder/aqua culture solution bagi petani dan petambak di berbagai daerah di Indonesia hasil kolaborasi bersama eFishery, dan smart bin waste management system bersama Danone dan Alfa Mart yang merupakan hasil kolaborasi bersama SMASH.

Tiga tim pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa dana pengembangan dan kesempatan untuk mengikuti program inkubasi TINC yang dapat mengakselerasi perkembangan bisnis.

Suskes dengan menggelar TINC hingga batch 3, Telkomsel kembali membuka kesempatan emas bagi para inovator-inovator muda Indonesia untuk ikut tergabung dalam TINC batch 4 yang akan dimulai Januari 2020.

Eko Seno Prianto, GM Business Incubation Telkomsel mengatakan adalima bidang yang bisa dipilih di antaranya Artificial Intelligence, Internet of Things, Machine Learning, Fintech, Big Data & Analytics, 5G and other digital technologies.

“Dari pendaftar kami akan seleksi 5-10 tim terpilih akan masuk dalam Telkomsel Incubation yang di dalamnya akan terdapat boothcamp, prototyping dan POC. Berikutnya akan masuk dalam tahapan accelesation yang merangkum piloting dan commercial. Terakhir tahapan scale up yang akan ditangani oleh anak perusahaan Telkomsel TMI (Telkomsel Mitra Inovasi),” jelas Seno dalam Media Update Telkomsel 2019 di Highland Park Resort Bogor, Jumat (22/11/2019).

Nah bagi Anda yang telah memiliki ide bisnis berbasis teknologi masa depan, kirimkan ide dan data diri tim Anda ke https:/tinc.id, email ke [email protected], IG @tinc.id atau kirimkan ke alamat The Telkom Hub, Telkomsel Smart Office lantai 19, Jl Gatot Subroto Kav 52 Jakarta Selatan.

“Pendaftaran kami buka hingga bulan Desember 2019, dan batch 4 akan dimulai Januari 2019,” tutup Seno.

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.