Menangkap Gaya Baru Cara Belanja Pembeli Properti

0
341
Pameran Properti (dok rumah123.com)

Berbagai cara dilakukan pengembang guna menarik minat calon pembeli properti. Dari trik konvensional hingga strategi terbaru pun digunakan guna mendobrak kelesuan pasar. Mulai dari memberikan jaminan sewa, nabung propertisampai midnight sale.

Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata mengatakan jika investasi di sektor properti sangat menjanjikan. Pasalnya, harga properti akan terus mengalami kenaikan. Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat untuk mulai berinvestasi di properti. “Kalau investasi di tahun depan harga sudah naik. Sekarang lah waktunya membeli,” ujar Soelaeman

Menabung Properti

Strategi yang dilakukan Triniti Properti Group dengan founder & CEO motivator dan pengusaha sukses terbuka di Asia, Bong Chandra. Triniti Group melalui menabung properti Triniti Properti Group mengajak generasi mellennial dapat memiliki hunian yang nyaman sejak dini. Generasi Millennial akan memerlukan hunian 5-10 tahun kedepan. Namun umumnya terkendala besarnya Down Payment (DP) dan harga properti yang selalu naik.

Misal saja harga properti Rp Rp 500 juta, dengan DP sebesar 20% atau Rp 100 juta. Dibutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk menabungdan mengumpulkan DP. Namun 2 tahun kemudian, ternyata properti yang ingin dibelinya sudah naik harga menjadi Rp 1 miliar. Di mana DP yang dibutuhkan menjadi Rp 200 juta (20%).

Melalui menabung properticalon konsumen dapat membeli properti di tahun 2019 dengan mengunci harga properti dengan pricelist tahun 2019. Calon konsumen dapat memilih unit dan mengunci harga properti dengan menabung Rp 5 juta/bulan selama 2 tahun pada pengembang.Setelah menabung selama 2 tahun, pada tahun 2021 konsumen baru memutuskan cara pembayaran apa yang ingin dipilih, mulai dari installment 12–36 kali.

Midnight Sale

Masih menyasar generasi Millennial strategi menarik lain dilakukan Property Guru Group melalui perusahaan ber-platform teknologi Rumah,com. Mencontek suksesnya program diskon di malam hari (midnight sale) yang biasa dilakukan pusat perbelanjaan Rumah.com pun mengelar midnigh saledalam ajang Property Show.

Midnight salemerupakan cara menarik calon konsumen yang dilakukan dengan cara yang berbeda. Acara yang digelar di ajang pameran properti mulai pukul 22.00 hingga 24.00 WIB cukup menyedot minat konsumen pembeli properti. “Dari lima hari pameran, 40% penjualan diperoleh dari ajang midnight sale. Dan sebagaian besar pengunjung dating dari generasi muda usia 25-39 tahun itu ada sekitar 60%,” jelas Country Manager Rumah.com, Wasudewan.

Selama acara, pengunjung bisa mendapatkan keuntungan dengan penawaran rumah dari uang muka nol persen, DP 50%, diskon ratusan juta rupiah, hadiah sepeda motor dan mobil, gratis cicilan, cashback hingga Rp 125 juta, voucher belanja dan hotel senilai puluhan juta, serta hadiah lain.

Tabungan Harian

Setelah DP 0% kini muncul gimmick menawarkan hunian dengan cicilan harian. Ambar Kemang Regency menjual rumah dengan harga jual Rp 141 juta itu berlokasi di kawasan Bogor, Jawa Barat itu menawarkan cicilan Rp 3- ribu/hari.

Selain Ambar Kemang Regency ada pula Panorama Bali Residence yang menawarkan konsep tabungan harian sebesar Rp 30 ribu. Begitu juga dengan Grand Kahuripan, menawarkan tabungan harian yang harus disisihkan sebesar Rp 30 ribu per hari. Selain itu masih ada Cluster Bukit Ebony, Citra Indah yang menawarkan tabungan per hari Rp 27.111/hari, Indoalam Residence, di Jalan Raya Citayam Parung, Bojonggede juga menawarkan tabungan harian sebesar Rp 27.407 tiap harinya.

Memiliki hunian dengan tabungan harian Rp 48 ribu/hari juga dinikmati mitra operator jasa transportasi Go-Jek. Ali salah satu driver Go-Jek merasa sangat terbantu dengan program deposit rumah harian itu. Menurut Ali, waktu itu ada sekitar 15 developer di daerah Cikarang, Bogor dan lainnya dengan rumah 2 bedroom dan 1 living room.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.