Begini Cara Membuat Bangunan Tetap Kuat di Saat Pergantian Musim

0
8
Bangunan
Beberapa pekerja sedang menyiapkan rangka bangunan. (Dok: internet)

Perubahan cuaca yang kerap terjadi seperti sekarang ini sedikitnya berpengaruh terhadap daya tahan bangunan. Kondisi panas yang secara tiba-tiba dan berganti dengan hujan bisa membuat bangunan mudah retak atau rapuh. Terlebih bila komposisi bahan bangunan yang digunakan tidak sesuai ketentuan, maka kemampuan bangunan untuk bertahan bisa berkurang.

Direktur TOP Mortar, Novitasari menjelaskan, dalam kondisi pancaroba seperti sekarang, setiap pemilik bangunan atau tempat tinggal harus rajin melakukan pemeriksaan kondisi bangunan. Sebab pancaran sinar matahari dan guyuran hujan yang terjadi secara silih berganti bisa berpengaruh pada kemampuan struktur bahan bangunan.

Novitasari menambahkan pemeriksaan rutin ini sangat diperlukan untuk menjaga keamanan, keselamatan dan keindahan bangunan.

“Perawatan bangunan secara rutin itu sangat penting dilakukan untuk memperpanjang usia penggunaan bangunan. Melalui pemeriksaan rutin itu kita jadi tahu bagian mana saja yang perlu diperbaiki atau bahkan direnovasi. Bila terdapat bagian bagunan yang rusak sebaiknya segera diperbaiki tanpa menunggu merembet ke bagian lain,” saran Novita.

Novita menyebut ada beberapa hal yang patut diperhatikan masyarakat bila ingin memilih bahan bangunan.

 

  1. Pilih bahan bangunan yang berkualitas

Langkah awal yang harus dipikirkan adalah memilih bahan bangunan berkualitas. Pada bagian awal memang terkesan biaya membeli bahan berkualitas lebih mahal daripada bahan biasa saja. Tapi dalam jangka panjang penggunaan bahan berkualitas ini bisa menghemat pengeluaran. Daya tahan bangunan lebih kuat sehingga tidak membutuhkan biaya perawatan rutin yang besar.

 

  1. Pilih Distributor atau Importir Terpercaya

Banyak keuntungan sebenarnya yang bisa dirasakan dengan membeli bahan bangunan langsung pada distributor atau supplier. Selain murah, produk yang ditawarkan juga bermacam-macam.

Para distributor yang terpercaya biasanya juga bekerja sama dengan para produsen secara langsung. Bahkan, tak jarang mereka menjadi importir resmi bahan bangunan¸ sehingga pilihan produk bahan bangunan jauh lebih lengkap dan berkualitas.

 

  1. Cuaca dan Iklim

Jika ingin bangunan berdiri kukuh, kita perlu mempertimbangkan kondisi cuaca pada lokasi proyek bangunan. Cuaca mempengaruhi bahan bangunan apa saja yang akan dipakai. Contohnya, bangunan yang sering terkena sinar matahari tentu tidak dianjurkan menggunakan bahan yang menyerap panas.

 

  1. Pilih Bahan Bangunan yang Ber-SNI

Bahan bangunan yang SNI di sini merupakan bahan bangunan yang bisa tahan hingga jangka waktu yang lama. Biasanya, bahan bangunan berkualitas telah mempunyai sertifikasi uji ketahanan.

Bahan bangunan yang sudah tersertifikasi biasanya sudah diuji di lab sebelum diproduksi dan dipasarkan. Meskipun lebih mahal, bahan bangunan yang berkualitas tinggi tentu tidak akan terlalu membutuhkan biaya pemeliharaan yang banyak.

 

  1. Ketersediaan Tenaga Ahli dan Bahan

Proyek tentu akan berjalan dengan lancar dan baik jika adanya pekerja dan bahan bangunan. Untuk tenaga ahli, pastikan mereka memiliki pengalaman dan profesional mengerjakan proyek yang semacam guna menghindari kesalahan.

Ketersediaan bahan bangunan juga sangat penting. Jika barang yang digunakan tidak ada, masa penyelesaian proyek bisa jadi mundur. Jika membutuhkan beberapa barang import, carilah distributor atau toko bangunan yang menjadi importir resmi bahan bangunan. Akan lebih baik lagi jika proyek Anda telah bekerja sama dengan distributor atau toko bangunan tersebut. Dengan begitu, pengerjaan proyek tidak akan terhalang.