Prospek Bisnis Cheese Cake Berbahan Baku Lokal

0
256
Cheese cake (dok myrecipes.com)

Ragam kuliner di tanah air memang terus bertambah setiap saat, mulai dari makanan lokal hingga internasional banyak disajikan oleh pelaku usaha kuliner mulai dari yang menjajakan di pinggir jalan, pusat keramaian seperti mall dan lain sebagainya. Salah satu produk kuliner yang diminati konsumen adalah cake/kue, untuk cake yang satu ini memang berbeda. Selain dari rasanya yang khas, penyajian yang menggunakan gelas membuat cheese cake semakin memikat para pencinta kuliner tanah air.

Kue yang biasanya dimakan sebagai hidangan penutup ini dibuat dengan menggunakan bahan baku keju yang bertekstur lembut dipadukan dengan telur, susu, dan gula. Cheese cake umumnya diberi hiasan buah segar, krim dan lapisan gula. Selain itu dapat diisi dengan biskuit, kacang yang dihancurkan ataupun bahan lainnya yang bertekstur rapuh. Dengan bahan baku keju tidak heran jika kudapan yang satu ini banyak diminati.

Bahan Lokal dan Impor

Cheese cake yang dikemas di dalam gelas atau kotak membuat kudapan ini terlihat elegan dan mudah dibawa bepergian ataupun sebagai hadiah pada momen spesial seperti ulang tahun dan sebagainya.

Cheese cake memiliki berbagai varian mulai dari cheese cake dengan selai strawberry dan topping buah strawberry, Green Tea Cheese Cake, Blueberry Cheese Cake, Durian Cheese Cake, Oreo Cheese Cake dan berbagai varian rasa lainnya.

Bahan baku keju yang digunakan dalam pembuatan cheese cake adalah keju muda atau yang biasa disebut soft cheese, fresh cheese atau keju segar yang dicampur dengan produk olahan susu seperti whipping cream, yoghurt, serta susu kental manis. Dan juga diperkaya dengan bahan-bahan lain seperti buah-buahan, kacang, dan cokelat.

Satu lagi keunggulan cheese cake ini ialah harganya yang relatif murah dibandingkan dengan cheese cake kebanyakan. Hal tersebut terjadi karena dalam membuat cheese cake ini menggunakan bahan baku keju import merek Philadelphia dan keju lokal merek VLA. Walaupun keju tersebut berbeda namun kualitas dan rasa hampir sama sehingga sangat cocok bila dipadukan. Harga cheese cake ukuran 150 ml Rp 150 ribu per cup.

Cara Membuat

Ketika ingin membuat cheese cake rasa strawberry diperlukan berbagai bahan baku dan peralatan. Bahan baku yang digunakan adalah 450 gram keju lokal seharga Rp 350 ribu, 150 gram keju import Rp 40 ribu, 2 butir telor Rp 4 ribu, 80 gram gula halus Rp 2 ribu, 250 gram biscuit Ro 8 ribu, 100 gram margarin Rp 2,5 ribu, dan 80 gram cokelat Rp 10 ribu.

Setelah bahan baku disediakan, langkah berikutnya adalah membuat adonan dasar crust dengan cara hancurkan biskuit, lelehkan mentega dan campur jadi satu dengan cara diaduk. Lalu setelah itu ratakan adonan dasar tadi dalam loyang ukuran 18 cm. Bila sudah selesai lalu adonan tersebut dipanggang di dalam oven selama 10 menit dengan suhu 100 derajat Celcius lalu angkat dan sisihkan.

Langkah berikutnya ialah membuat adonan cake dengan cara melelehkan cokelat putih lalu sisihkan. Kocok telur dan gula pasir hingga rata dengan kecepatan sedang, lalu masukan cream cheese. Setelah itu masukkan lelehan cokelat putih, kocok sampai rata.

Setelah itu masukkan adonan cake ke atas adonan crust yang sudah dipanggang.  Lalu panggang kedua adonan, cake dan crust dengan suhu 160 derajat Celcius. Setelah matang biarkan dalam suhu ruang satu hingga dua jam setelah itu  masukkan ke dalam kulkas minimal 4 jam. Bila sudah membeku tambahkan topping selai strawberry dan buah strawberry di atasnya.

Pemasaran

Produk cheese cake ini diperlukan pemasaran yang gencar. Ada beberapa cara pemasaran yang bisa dilakukan, seperti menyebar brosur baik itu di jalan, kampus, daerah perkantoran atau mal-mal ternama. Dalam brosur tersebut dilengkapi dengan daftar menu serta harga dari menu yang ditawarkan dan juga jangan lupa kontak dari pelaku usaha.

Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan memberikan tester pada awal membuka gerai cake, agar konsumen tahu bagaimana rasa cheese cake yang disajikan sehingga pengunjung ingin kembali lagi. Pemasaran lain yang juga bisa dilakukan ialah dengan menggunakan media internet dan handphone berbasis android dan Blackberry.

Promosi lain yang cukup efektif dan  lebih memikat konsumen, serta membuat konsumen lebih betah berlama-lama dalam menikmati menu yang disajikan, adalah dengan cara menyajikan konsep cafe yang lebih nyaman pada gerai cake.

Untuk mempertahankan konsumen agar tidak mudah beralih ke produk lainnya, yang harus dilakukan ialah mempertahankan kualitas rasa cheese cake dan menambah varian agar konsumen tidak mudah bosan dan memiliki banyak pilihan varian rasa yang berbeda. Selain dari segi kualitas rasa, hal lain yang perlu dipertahankan ialah kenyaman dan keindahan tempat usaha serta penambahan jaringan wifi gratis agar konsumen betah belama-lama.

 

oleh: Wenny Agustine

Pemilik Leticiacake

Villa Pamulang, Cluster Harmonia Blok CH 3 No. 17 Tanggerang Selatan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.