Cendol Dawet Daun Kelor, Minuman Nikmat dan Sehat untuk Berbuka Puasa

Berempat.com – Gresik – Momen berburu takjil untuk berbuka puasa, banyak ditunggu pecinta kuliner. Di Gresik, Jawa Timur, kini sedang Ngetrend es cendol dawet daun kelor. Selain segar dan nikmat, minuman tradisional ini, dipercaya banyak mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Cendol dawet daun kelor ini, adalah produk perajin UMKM di komplek perumahan Gresik Kota Baru (gkb), kecamatan Manyar, kabupaten Gresik, Jawa Timur. Untuk menyesuaikan pasar dan tren di masyarakat, produk ini tampil dengan beragam varian, dan juga dikemas ala milenial, dengan desain lebih modern.

Inovasi kuliner ini tidak hanya menghadirkan sensasi rasa manis dan segar, tetapi juga diklaim mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Pada bulan suci Ramadhan, minuman tradisional ini menjadi primadona para pecinta kuliner. Setiap menjelang bedug magrib, warga berdatangan memenuhi sentra pedagang takjil, untuk membeli cendol kelor.

Perajin cendol dawet kelor Sulis Setyowati, sengaja memanfaatkan daun kelor, karena tanamannya mudah didapat, dan menyehatkan. “Saya membuatnya dengan bahan alami, dan tanpa pengawet, sehingga aman bagi kesehatan.

Sejumlah pecinta kuliner menjadikan cendol kelor/ sebagai hidangan buka puasa/ agar tubuh tetap bugar di bulan suci Ramadan. Yusnita, salah satu pelanggan mengatakan.

proses pembuatan cendol kelor tak begitu sulit, cukup bermodalkan daun kelor, daun pandan, tepung beras, garam/, santan buah kepala, serta gula aren.

Setelah dicuci bersih, daun kelor diblender. Usai itu, daun kelorĀ  dimasak di wajan dengan tambahan bahan lainnya. Setelah dingin, campuran daun kelor itu dicetak hingga menjadi cendol, dan siap dihidangkan.

Bagi anda pecinta kuliner yang tertarik menikmati kesegaran cendol dawet kelor, tidak perlu repot. Produk minuman tradisional ini tersedia dalam beragam kemasan, dengan harga yang bervariatif, mulai dari Rp 8.000, hingga Rp 35.000 per botolnya. (Anto)