Aneka Rasa Buah Kurma

Kurma memiliki banyak jenis dan varian. Masing-masing punya rasa dan ketebalan yang berbeda-beda.

0
33
Hidangan buah kurma (Dok: Kompas.com)

Jakarta – Menjelang bulan Ramadhan biasa mulai ramai dijajakan buah kurma. Selain diyakini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi orang berpuasa, mengkonsumsi buah khas timur tengah ini juga diyakini sebagai sunnah atau sesuatu yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw.

Kurma memiliki banyak jenis dan varian. Masing-masing punya rasa dan ketebalan yang berbeda-beda. Beda jenis, beda pula harganya.

Berikut jenis kurma yang biasa dipasarkan di Indonesia.

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa

Kurma ajwa disebut juga kurma nabi, karena dulu kurma jenis ini sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW. Kurma ajwa memiliki rasa yang mirip dengan kismis, dan tidak terlalu manis.

Kurma ajwa memiliki tekstur yang lembut di dalam mulut dan kering. Beberapa orang berpendapat bahwa kurma ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Bahkan, kurma ini dipercaya bisa melindungi dari racun dan energi buruk.

Kurma Sukari

Kurma Sukari

Sukari atau dalam bahasa Arabnya ‘Sukkur’ berarti sugar atau gula. Sesuai dengan namanya, kurma sukari memiliki rasa yang manis dan berdaging lembut bak karamel.

Pun secara karakteristik, sukari terasa lebih lezat ketimbang kurma lain pada umumnya. Tak heran, buah berwarna keemasan ini menjadi salah satu jenis kurma yang disukai banyak orang.

Kurma Barhi

Kurma Barhi

Kurma ini bentuknya hampir silinder, berwarna kuning sawo terang, dan ketika matang akan berwarna coklat ketuaan. Kurma Barhi memiliki tekstur yang lembut dengan daging yang tebal dan rasanya sedikit seperti caramel.

Kurma Kholas

Kurma Kholas

Kurma ini berwarna cokelat terang. Bentuk kurma ini mirip dengan kurma barhi. Kurma Kholas ini terkenal di Arab Saudi karena memiliki tekstur yang empuk dan rasanya tidak terlalu manis. Kurma ini terkenal dari daerah ‘Huffuf’ (Al-Ahsa) dan ‘Qatif’ di Timur Provinsi Arab Saudi (Al-Sharqheyah).

Kurma Khidri

Kurma Khidri

Kurma Khidri ini berwarna maroon gelap dan lebih kering. Memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan kenyal. Kurma ini biasa digunakan sebagai bahan dasar olahan kurma, mulai dari kurma isi jeruk, almond, hingga isi cokelat.

Kurma Majol

Kurma Majol

Kurma ini berasal dari Maroko, tetapi juga tumbuh di Amerika Serikat, Arab Saudi, Jordan, Palestina dan Israel. Kurma jenis ini mengandung banyak air, berbentuk besar dan manis.