Untung Gede Usaha Rice Box

0
11436
Dok :indoclubbing.com

Jeli melihat peluang membuat bisnis kuliner selalu berkembang dinamis, seperti saat ini kehadiran sajian kuliner yang disebut Rice Box marak dijumpai di berbagai tempat, terutama di kota-kota besar.  Gaya hidup masyarakat yang menuntut kepraktisan membuat sajian menu Rice Box saat ini banyak diminati, terutama kalangan anak muda. Tak heran menu nasi dilengkapi lauk yang dikemas dalam paper cup atau box dengan tampilan menarik ini menjadi menu favorit yang tengah menjadi tren. Seperti apa prospek usahanya?

Bisnis kuliner selalu berkembang, tak hanya sajian menu yang variatif, namun saat ini masyarakat juga sudah mulai memperhatikan dari segi tampilan atau penyajiannya. Salah satunya yang tengah popular dan banyak diminati masyarakat adalah sajian menu yang disebut Rice Box.

Menu ini terdiri dari menu utama berupa nasi atau kentang dengan aneka jenis lauk berbahan ayam, daging hingga udang dan aneka topping, seperti Veggie, Onion Ring, Cheese dan Cabage, serta dilengkapi aneka saus Tomato Sauce, Chili Sauce, Cheese Sauce, Mayonaise Sauce,  Thousand Island Sauce, Barbeque Sauce,dan lainnya.

Yang menjadi ciri khas dari Rice Box atau disebut juga Rice Bowl adalah kemasannya. Menu tersebut disajikan dalam wadah berbahan kertas yang dibentuk bulat, kotak atau bentuk lain dan diberi warna mencolok dengan tulisan-tulisan yang menarik.

Tren Rice Box menurut Pakar Wirausaha Wulan Ayodya berkembang ketika gaya hidup bergeser ke arah praktis, dan dari sisi usaha kebanyakan pelaku ingin membuat paket lebih murah dengan ukuran tidak sama dengan piring besar, Sajian menu dengan konsep paket itupun  dibuat menarik dengan menonjolkan tampilan atau kemasannya atau box. Dan sekarang ini  sudah banyak box untuk makanan yang tahan air dan ramah kesehatan.

“Tren itu muncul karena ada kebutuhan juga dan dari sisi bisnis juga menguntungkan karena banyak yang dihemat. Apalagi Rice Box menghadirkan sesuatu yang berbeda, sehingga banyak orang ingin mencoba, yang pada akhirnya menjadi bahan pembicaraan dari mulut ke mulut, yang membuat orang penasaran dan akhirnya banyak yang suka dengan Rice Box,” papar Wulan.

Ragam Menu. Varian menu yang disajikan di rice box yang banyak dijumpai saat ini terdiri dari nasi  yang dilengkapi dengan paket seperti Chicken Teriyaki, Rica-Rica, Capcay, dan lauk yang kuahnya tidak terlalu banyak. Varian menu yang dijual pun tidak terlalu banyak namun memiliki cita rasa yang khas. Seperti halnya Heci-Heci yang menawarkan menu andalan Rice Bowl Bakwan Udang. Bakwan yang sudah familiar di lidah masyarakat Indonesia dikembangkan lagi dengan cita rasa yang sedikit berbeda.

Potongan-potongan bakwan udang diberi saus mayones dan taburan rumput laut yang digiling halus dengan pelengkap siraman sambal homemade spesial ala Heci-Heci. Jika Bakwan Udang biasanya berisi wortel, kol, ataupun jagung manis, namun Bakwan Udang kreasi Heci-Heci justru tampil beda dengan potongan sayur kangkung, potongan talas, dan udang yang crunchy di atasnya. Kreasi nasi juga bisa dibuat dengan mengembangkan varian nasi uduk, nasi kuning, nasi kebuli, dan lainnya. Pelaku usaha juga bisa menawarkan pilihan kentang sebagai pengganti nasi.

Ke depannya, menurut Wulan Ayodya, varian menu rice box bisa menggunakan menu berkuah, dan pengembangan menu tergantung dari menu utamanya. Jadi bisa membuat varian dari menu  utama, seperti varian ayam yang dilengkapi aneka saus seperti barbeque dll.  Jadi tergantung menunya, dan bisa membuat menu berkuah dengan menggunakan rice box itu.

Apalagi untuk kemasan makanan, sekarang ada box yang dari kesehatan aman, tidak ada bahan kimia tambahan, dari bahan kertas yang dilaminating secara aman, sehingga menu apapun termasuk yang berkuah bisa dimasukkan dalam kemasan itu, seperti Mie Ayam bisa menggunakan bahan tersebut, tidak lagi menggunakan styrofoam karena bahan styrofoam tidak bagus untuk kesehatan.

Meski tampilan kemasan menarik, namun kualitas bahan baku juga harus diperhatikan, seperti  jenis beras menggunakan beras pulen misalnya jenis Ramos Super Setra, yang memiliki bentuk bulat panjang, warna cerah dan aroma wangi. Bahan seperti daging ayam, sapi, udang, dan lainnya sebaiknya juga fresh,  begitu pun minyak goreng yang digunakan sebaiknya tidak menggunakan minyak curah tetapi minyak kemasan bermerek.

Peluang Pasar. Kalangan anak muda biasanya menyukai sesuatu yang baru dan berbeda, tak heran jika rice box saat ini banyak diminati kalangan anak muda. Selain  itu. kesibukan keluarga muda dengan aktivitas pekerjaan membuat mereka menyukai kepraktisan termasuk dalam hal menu makanan. Rice box memberikan solusi, karena bisa dibawa atau take away, dan bisa pula dimakan di tempat dengan penyajian yang cepat.

Wulan Ayodya juga melihat besarnya pangsa pasar untuk acara-acara semi formal, karena  banyak masyarakat yang menginginkan nasi box yang berbeda dari biasanya, dengan tampilan lebih menarik dan jumlah menu yang tidak bermacam – macam.

Lokasi usaha rice box tergantung target market yang dituju , misalnya jika untuk anak remaja maka menunya harus disesuaikan dengan selera anak remaja yang saat ini suka dengan Ayam Crispy dan aneka saus. Misalnya di mall, dekat  kampus, sekaolahan, tempat les, dan lainnya.

Jika target pasarnya anak- anak maka lokasi yang dipilih bisa dekat tempat bermain. Menurut Wulan Ayodya, dari level ekonomi juga perlu diperhatikan dengan menyesuaikan harga menu. Jika harga jual tinggi maka disesuaikan dengan lokasi usahanya, misalnya dijual di mal yang didatangi konsumen menengah atas.

Seperti halnya Heci-Heci yang menyasar konsumen pengunjung event di mall-mall papan atas  mematok harga sekitar Rp 30 ribuan per porsi. Lain halnya dengan Box To Go yang menyasar segmen anak sekolah dengan harga jual rice  box lebih terjangkau sekitar Rp 13 ribuan per box.

Tak kalah penting adalah bagi pemula juga harus memilih lokasi yang sudah dikalkulasi dulu, artinya dalam membuat perencanaan juga harus ada prediksi keuntungan.

“Contohnya kalau kita buat target sehari 20-30 porsi, maka ada perhitungan keuntungan yang sebulan sudah ada gambarannya. Ketika memilih lokasi harus diperhitungkan apakah dari segi keuntungan untuk membayar lokasi itu sudah bisa, kalau nggak bisa lebih baik mencari lokasi yang pas untuk target penjualan yang kita tuju,” terang Wulan.

Untuk itu, menurut Wulan, ketika memulai usaha rice box yang perlu diperhatikan adalah konsep usahanya baik dari produk yang dijual, cara berjualan, dan target pasarnya. Jika target pasarnya adalah orang-orang bekerja maka disesuaikan untuk orang bekerja, jika targetnya untuk ibu dan anak juga harus disesuaikan menunya.

Sehingga konsep dan produk utama harus jelas, barulah merencanakan mulai dari lokasi, alat yang dibutuhkan untuk usaha, modal, perizinan, dan bagaimana manajemen usahanya, seperti memperhatikan pemasaran usaha, operasional usaha, jadi harus melakukan perencanaan secara lengkap, tidak hanya memikirkan produk tapi juga bagaimana pengelolaan usahanya.

Promosi Usaha. Berkembangnya teknologi membuat promosi usaha rice box sangat terbantu dengan promosi melalui sosial media seperti halnya lewat instagram. Begitu pun pemasaran dengan mengikuti berbagai bazaar, atau menetap di lokasi strategis seperti di dekat kampus atau sekolah.

Dengan memperkenalkan menu melalui bazaar, konsumen bisa aware dan tahu banyak mengenai menu yang ditawarkan. Dengan semakin banyak pengunjung yang mengetahui menu rice box di event bazaar, maka konsumen yang berminat secara tidak langsung akan mempromosikan menu tersebut kepada orang lain.

Rice box yang praktis penyajiannya dengan pilihan menu yang sesuai selera konsumen bisa dijual dalam booth-booth maupun membuka outlet di mall yang ramai pengunjung. Dengan modal sekitar Rp 5 jutaan hingga Rp 30 jutaan, pelaku usaha bisa mulai menjalankan usaha di booth-booth dengan mengikuti berbagai event kuliner, dan setelah usaha berkembang bisa menyewa outlet di mall yang ramai pengunjung.

Dari usaha ini, pelaku usaha bisa meraup keuntungan bersih hingga  puluhan juta rupiah per bulan. Keuntungan terbesar diperoleh jika pelaku usaha menyasar konsumen menengah atas dengan mengikuti event bazaar atau membuka outlet di mall, yang bisa mencapai 60 persen hingga 80 persen lebih.

Melihat prospek untung yang menggiurkan dan momen yang tepat, tak salah jika Anda segera buka lembar-lembar halaman berikut untuk mengetahui apa saja strategi usaha hingga varian menu andalan rice box yang tengah jadi primadona.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.