Lulur Gold hingga Lulur Susu Kambing di Royal Garden Spa

0
146
Royal garden Spa (dok framchiseglobal.com)

 

Di Jakarta, bisnis spa sudah tidak lagi asing. Ribuan spa mulai menawarkan berbagai treatment menarik guna menjaring konsumen. Tepat 24 Desember 2010, Anita Feng,  kelahiran Solo, 14 Juni 1981 pun tertarik untuk ikut terjun di bisnis spa. Wanita yang akrab disapa Anita ini, sebetulnya sudah lama melirik ke bisnis spa.

“Yang mendorong saya untuk membangun bisnis spa ini adalah saya suka spa, dan selalu melihat suasana dan produk kecantikan dan kesehatan. Apalagi seiring perkembangan aktivitas orang bergerak cepat dan ingin tampil segar menjadi prospek bisnis spa ini sangat bagus,” terangnya.

Pada Tanggal 24 Desember 2010, dengan bermodalkan  Rp 400 juta, Anita lantas memutuskan untuk fokus dengan usaha yang akan dirintisnya. Modal tersebut digunakan untuk menyewa toko, mempekerjakan 8 orang yang terlatih dan bahan-bahan membuat produk alami

Setahun usaha berjalan, Usaha Spa yang diberi nama Royal Garden miliknya mulai di buru konsumen karena harga murah dan berkualitas memakai bahan alami. Dalam membangun bisnis spa, Anita mengedepankan berbagai treatment yang menarik, tetapi harus ditunjang dengan suasana yang nyaman untuk pelanggan.

Hal tersebut diterapkan Royal Garden Spa  dengan mengusung konsep family spa dan desain interior yang menarik, seperti penggunaan furniture  yang disesuaikan dengan padu padan warna ruangan dalam nuansa Jawa atau nuansa daerah Indonesia lainnya.

Selain menawarkan berbagai treatment spa, ia pun menjual berbagai produk perawatan spa bagi pelanggan yang ingin melakukan treatment spa di rumahnya.

“Saya juga menjual produk perawatan spa bagi pelanggan yang ingin melakukannya sendiri di rumah. Jadi mereka pun bisa melakukan perawatan tanpa harus datang ke tempat spa,” terangnya.

Home Spa

Adapun produk perawatan tubuh yang diproduksi Anita antara lain the secret serum gold yang dijual Rp 149 ribu per botol isi 250 ml, sampoo & Conditioner Rp 65 ribu per botol isi 250 ml, hair mask Aloe Vera Rp 74 ribu per botol isi 250 ml, hair butter with honey Rp 74 ribu per botol isi 250 ml, The Javanese Green tea Body Scub Rp 74 ribu per botol isi 250 ml, the Javanese rose body scrub Rp 74 ribu per botol isi 250 ml, The secret gold body scrub Rp 249 ribu per botol isi 250 ml, dan lain-lainnya.

Produk alami yang ditawarkan Anita memiliki banyak khasiat, seperti menghilangkan masalah bau badan dan sehat. Berikut lulur yang dapat menghilangkan bau badan banyak diminati konsumen antara lain Lulur Susu Kambing (Goat’s Milk).

Lulur susu kambing berfungsi untuk memberikan kelembutan ekstra pada kulit. Keharumannya dapat bertahan lama dan dapat memberikan kesegaran sempurna, sehingga mencegah timbulnya bau badan. Lulur ada pula lulur Teh Hijau (Green Tea) yang kaya antioksidan, serta Vitamin E. Manfaatnya dapat mengangkat kotoran-kotoran yang menyumbat kulit yang dapat menyebabkan bau badan.

Dari banyak varian produk yang ditawarkan Anita, ada beberapa produk yang menjadi best seller para pelanggannya, yakni Lulur Gold, Lulur Susu Kambing dan Sabun Susu Kambing. ”Produk-produk tersebut memang efektif untuk meremajakan kulit tubuh serta memberikan kesan putih dan cerah. Jadi memang banyak dicari konsumen,” terangnya. Semua produk yang ditawarkannya, bisa bertahan hingga satu tahun, bahkan lebih.

Keunggulan dan Persaingan

Idealisme untuk tetap memakai bahan baku alami dan bukan sintetis untuk produk spanya, membuat Anita yakin bahwa produknya lebih unggul dari produk sejenis. “Produk-produk saya bisa bersaing di Mancanegara karena bahan alami banyak yang tertarik,” ujarnya. Ditambahkan oleh Anita, saat ini Konsumen sekarang juga mulai kritis, jadi mereka juga sudah paham mengenai keamanan produk.

Kualitas yang terjamin dibuktikan Anita dengan kepemilikian 25 item sertifikat BPOM, mulai dari kulaifikasi bahan baku alami, aman untuk kulit sensitif, hingga aman untuk anak-anak di atas usia satu tahun.

Ditanyai soal persaingan dengan produk sejenis baik dari usaha rumahan maupun buatan pabrik, Anita tidak menanggapinya sebagai suatu hal yang perlu diwaspadai. “Kita punya pasar masing-masing. Lagian, saya yakin kalau kita berani mempertahankan kualitas bahan baku berbahan alami guna kesehatan tubuh, pasti bisa memenangkan pasar,” Ujarnya.

Bahan Alami

Dari awal usahanya, Anita memang fokus pada produk perawatan tubuh dengan menggunakan bahan alami. Oleh karena itu, ia pun menggunakan bahan-bahan alami di semua produk yang dibuatnya. ”Bahan-bahan alami yang saya gunakan merupakan bahan yang sudah lama dikenal memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh sejak dulu. Jadi benar-benar terjamin,” terangnya.

Beberapa bahan baku alami yang digunakannya seperti Jeruk Nipis berfungsi sebagai antioksidan alami, Daun sirih mengandung minyak atsiri, terpenan, tanin dan lain-lain, Batu Tawas dapat menghilangkan bau badan karena mengandung astringent, antiseptik, anti bakterial dan deodoran. Ada juga bahan cuka Putih atau vinegar yang mengandung asam asetat, dapat menghilangkan bau badan, serta membunuh jamur, bakteri dan kuman, hingga Daun Kemangi dikenal dapat menghilangkan bau badan, karena mengandung minyak atsiri.

Untuk membuat formula resep masing-masing produk, Anita sudah melewati masa-masa trial and error. Hal ini dilakukannya untuk mendapatkan produk yang benar-benar terjamin kualitas dan khasiatnya.

”Namun untuk kepastian resepnya, masih rahasia perusahaan. Namun bila ingin mengetahuinya, bisa dilihat di berbagai info di internet ataupun mengikuti kursus pembuatan produk kecantikan,” terangnya.

Dalam memproduksi puluhan item produk Royal Garden, Anita dibantu oleh SDM yang sudah berpengalaman dan bisa diandalkan. Untuk menjaga kualitas produk, ia pun menekankan untuk menjaga kebersihan tempat dan peralatan produksi. Menurutnya, kebersihan adalah salah satu faktor untuk mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas. Misalnya pada kebersihan peralatan usaha, setelah melakukan proses produksi, semua peralatan harus dicuci bersih dan dikeringkan, agar tidak menempel kotoran dan jamur.

Promosi dan Pemasaran

Banyak cara yang digunakan Anita untuk memperkenalkan produknya pada konsumen. Selain promosi dari rekan dan kerabatnya yang diakui Anita cukup efektif, promosi buka gerai di pusat perkotaan dan lewat pameran di Jakarta pun sangat efektif.  Saat ini, Anita telah memasok produk  ramuan spanya ke seluruh Indonesia melalu reseller

Untuk memperluas pemasaran, sejak tahun 2010 ia pun  membuat website dengan alamat  www.royalgardenspa.com. Berkat toko online yang dibuatnya, ia mulai mendapatkan banyak pesanan dari luar kota Jakarta, Bandung, Bali dan kota-kota lainnya. “Saat ini saya mempunyai aplikasi royal garden spa berbasis semua gadget smartphone  untuk mempermudahkan konsumen,” katanya.

Selain itu, langkah jitu yang ditempuh Anita dalam menggaet konsumennya yakni dengan membuka kesempatan sebagai Resseller. Syarat khusus bagi calon reseller. Konsumen yang menghabiskan biaya sebesar Rp 500 ribu (paket Silver) dan biaya Rp 1 juta (paket gold). Para Reseller akan diberikan diskon sebesar 25-30%.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.