Usaha Jasa Lukis Kuku Semakin Diminati

0
92
Kuku lukis (dok tandapagar.com)

 

Usaha lukis kuku memang termasuk usaha yang mendapat tanggapan positif dari para konsumen terutama kaum wanita yang ingin tampil beda. Usaha ini tidak lepas dari maraknya usaha sejenis yang muncul sebelumnya yaitu usaha digital nail printing (stiker kuku) yang mengandalkan kemajuan teknologi dalam proses pembuatan.

Dibandingkan dengan usaha digital nail printing (stiker kuku), lukis kuku ini memiliki beberapa keunggulan terutama dalam hal desain yang dibuat lebih menonjolkan nilai seni di dalamnya. Karena itu tidak heran jasa ini banyak diminati pasar.

Untuk menjalankan usaha ini tidak dibutuhkan modal yang besar, hanya dengan modal Rp 2 juta yang kita gunakan untuk membeli peralatan dan bahan baku,  kita sudah bisa menjalankan usaha ini. Modal paling utama di usaha ini adalah keahlian dalam melukis yang menurut saya tidak mudah, karena memang dalam memperdalam ilmu melukis ini saya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan.

Lukis Kuku

Dalam menjalankan usaha ini, varian desain atau gambar merupakan kunci utama dalam menjalankan usaha. Karena itu, dibutuhkan berbagai macam desain untuk ditawarkan kepada para konsumen.

Desain yang ditawarkan kebanyakan diambil dari internet karena di sana banyak terdapat desain yang unik dan lucu yang diminati kaum wanita. Dari berbagai desain yang saya tawarkan desain tokoh animasi seperti Hello Kitty, Doraemon dan berbagai animasi lainnya banyak diminati pasar.

Bicara mengenai daya tahan, hasil lukis kuku memiliki daya tahan yang bisa dibilang cukup lama yaitu sekitar 3 minggu. Sedangkan untuk harganya sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 40 ribu untuk dua tangan. Untuk lama proses melukis kuku ini memakan waktu sekitar 15 menit.

Proses Pembuatan

Selain harus mahir dalam melukis, untuk melakukan proses melukis di atas kuku membutuhkan ketelitian serta kesabaran yang tinggi. Hal tersebut tidak lepas dari media kuku yang tidak besar. Untuk peralatannya sendiri, dibutuhkan beberapa peralatan seperti kutek (cat warna kuku) berbagai warna, jarum kutek sebagai alat untuk melukis, alkohol, kapas dan hair dryer untuk mengeringkan hasil lukisan.

Bahan dan peralatan tersebut, bisa dibeli di berbagai tempat atau toko kecantikan dengan harga terjangkau. Seperti misalnya kutek merek Marimar dengan harga Rp 15 ribu per pcs, jarum kutek yang juga dijual dengan harga berkisar Rp 15 ribu per pcs. Saya memilih merek Marimar karena menurut saya kutek tersebut memiliki daya tahan yang cukup lama dan harganya yang terjangkau.

Setelah semua peralatan dan bahan lengkap, proses selanjutnya adalah memberikan warna dasar pada kuku, setelah itu dilanjutkan dengan membuat motif atau design yang diinginkan konsumen dengan cara dilukis di setiap bagian kuku.

Bila sudah tunggu beberapa saat agar sedikit mengering dan setelah itu di lanjutkan dengan pemberian kutek warna putih dan kutek  liter agar terlihat lebih indah. Dan bila dirasa desain sudah sesuai dengan keinginan konsumen, kuku pun bisa langsung dikeringkan dengan menggunakan hairdryer.

Pemasaran dan Kendala

Untuk pemasaran jasa lukis kuku bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dari cara sederhana yaitu dengan memberikan informasi kepada orang terdekat seperti teman dan kerabat, serta membuka lapak di berbagai pusat keramaian terutama yang banyak di datangi remaja wanita. Selain itu, agar lebih memberikan pelayanan kepada para konsumen, saya juga menerima jasa panggil ke rumah dengan biaya disesuaikan dengan jarak rumah konsumen berada.

Dalam menjalankan usaha ini ada beberapa kendala yang saya rasakan yaitu dalam hal perilaku konsumen yang terkadang selalu berberak sehingga menyulitkan dalam proses pelukisan dan juga proses pengeringan yang memakan waktu lumayan lama yaitu sekitar 5 menit. Prospek dalam menjalankan usaha ini menurut Saya sangat menguntungkan apalagi jika kita pandai untuk mendesign atau menggambar.

 

Oleh: Mujiasih

Pemilik Nail Art Lukis Kuku

Kota Tua, Jakarta Utara (Samping Museum Fattaillah)

Facebook: Blayone

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.