Mengintip Bisnis Pembuatan Krim Wajah Berbahan Alami

0
20735
Krim Pemutih Wajah Yang Aman
http://cindymrani.blogspot.com
Pojok Bisnis

Sebelum menjalankan usaha krim wajah ini sebaiknya kita mengetahui tentang krim pemutih wajah yang aman meski secara garis besar. Krim wajah sendiri menurut Ditjen POM, merupakan bentuk sediaan setengah padat mengandung satu atau lebih bahan obat terlarut atau terdispersi dalam bahan dasar yang sesuai dan krim ini biasa  dimaksudkan untuk pemakaian luar.

Karena berhubungan langsung dengan kulit maka dalam pembuatan krim pemutih wajah yang aman harus diperlukan ke hati-hatian dan bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami yang tidak berbahaya untuk kulit namun memberikan khasiat yang diinginkan.

Dalam membuat produk krim kulit ini modal utama yang dibutuhkan adalah pengetahuan tentang bahan-bahan pembuatan krim dan juga komposisi dalam meraciknya. Sedangkan untuk modal dananya sendiri, tergantung dari produksi awal, seperti yang dulu yang alami modal yang dibutuhkan hanya sebesar Rp 200-Rp 500 ribu untuk membuat krim wajah. Dari situ, bila memiliki dana lebih sebaiknya langsung mendaftarkan pada pihak terkait seperti MUI untuk sertifikasi halal dan juga BPOM untuk sertifikasi keamanan bahan yang digunakan.

Krim Wajah

Produk krim pemutih wajah yang aman dan berbahan alami yang saya buat sangat beragam, mulai dari krim tabir surya, krim malam, krim pencerah, cabe krim dan lain sebagainya. Untuk krim pencerah berbada-beda tergantung dengan karakteristik kulit pengguna. Begitu juga dengan krim wajah jerawat yang di bedakan berdasarkan pada jenis jerawat yang menyerang.

Top Mortar gak takut hujan reels

Harga produk krim tersebut beraneka ragam seperti misalnya small package include (day cream + sunblock, night cream) Rp 150 ribu, standart package include (day cream + sunblock, night cream, aroma teraphy facial shower) Rp 200 ribu, lalu ada facial shower 60ml Rp 180 ribu. Full package (day cream + sunblock, night cream, aroma teraphy facial shower, cleanser, toner) seharga Rp 320 ribu, dan lainnya.

Dibandingkan dengan produk lainnya, tentunya produk krim ini memiliki beberapa keunggulan seperti menggunakan bahan-bahan alami yang tidak mengganggu kesehatan kulit, di buat masih menggunakan sistem tradisional (handmade) namun tetap steril, dan berbagai keunggulan produk lainnya.

Karena produk yang saya buat menggunakan bahan-bahan alami sehingga untuk proses reaksi terhadap kulit tidak mungkin instan (secara cepat) namun diperlukan beberapa tahap dan waktu sehingga membutuhkan waktu yang agak lama sekitar 2 hingga 3 minggu tergantung dengan jenis kulit pengguna dan pemakaian sendiri sebaiknya dilakukan rutin setiap hari.

Dari semua produk saya yang paling best seller yaitu acne cream yang fungsi mencegah, membersihkan jerawat, membersihkan komedo serta mengikis komedo secara halus. Agar lebih memberikan pelayanan kepada para konsumen, selain menjual produk juga ditawarkan proses konsultasi kepada konsumen yang menggunakan produk sehingga bila ada keluhan dan sebagainya bisa segera diatasi.

Proses Pembuatan Krim Wajah

Karena keamanan merupakan prioritas utama dalam usaha ini, maka untuk pembelian bahan baku tidak dilakukan di sembarang tempat. Karena untuk memperoleh bahan baku ini bisa dibilang sangat sulit maka untuk mendapatkannya harus bekerja sama dengan orang yang memiliki akses seperti dokter maupun apoteker seperti yang saya lakukan.

Dalam proses pembuatan krim kulit ini tidaklah sulit karena proses secara garis besar hanyalah mencampurkan berbagai bahan baku menjadi satu hingga merata dengan menggunakan blender ataupun alat pencampur lainnya. Namun yang perlu di pahami oleh pelaku usaha ialah khasiat dari berbagai bahan campuran yang digunakan. Karena pada produk krim yang saya buat menggunakan bahan alami dari berbagai sari tumbuhan maka di perlukan pengetahuan tentang khasiat bahan alami tersebut.

Yang pertama kali harus dilakukan dalam membuat krim wajah ini adalah mempersiapkan peralatan pencampur serta bahan baku seperti basic cream yang bisa di dapat di apotik, kosmetik pendukung berdasarkan pada jenis krim yang dibuat, sari buah dan tumbuhan asli serta berbagai bahan baku lainnya. Pastikan semua peralatan dan juga tempat pembuatan dalam keadaan steril.

Setelah bahan baku dan peralatan siap, langkah berikutnya adalah mencampurkan basic cream, kosmetik pendukung, sari buah-buahan yang berfungsi sebagai penyembuh problem kulit seperti lemon extract, gamat extract, fragrance, pure honey, zinc okside, dan sebagainya. Untuk takarannya sendiri basic cream 25%, Kosmetik 25% dan sari buah serta tumbuhan 50%. Karena konsep dalam pembuatan krim ini alami maka komposisi sari buah dan tumbuhan lebih banyak dibandingkan dengan bahan lain.

Bila semua bahan tersebut telah tercampur dengan merata, maka bisa dilanjutkan dengan memasukkan krim tersebut ke wadah yang telah di siapkan. Dalam memasukkan krim ini ke dalam wadah harus benar-benar di tutup rapat agar krim di dalamnya tidak terlalu banyak tercampur udara dan tetap steril.

Promosi

Dalam memasarkan produk krim ini tidaklah sulit, asalkan produk krim yang digunakan berkhasiat dan aman untuk kulit maka krim tersebut akan banyak dicari orang. Untuk itu, sebelum dilempar kepada pasar, sebaiknya krim ini digunakan pada kulit kita sendiri (produsen). Selain untuk melihat khasiat dan keamanan juga secara tidak langsung merupakan suatu bentuk promosi.

Bila krim tersebut berkhasiat dan aman digunakan, maka bisa di pastikan akan banyak kerabat maupun kenalan yang bertanya-tanya dan akan menggunakannya. Dari sana juga secara tidak langsung akan terus menyebar dari informasi para penggunanya.

Pangsa pasar usaha ini sangat luas, dan bukan hanya para wanita. Banyak pria yang sangat memperdulikan penampilan merupakan pasar potensial usaha ini, bahkan beberapa publik figur yang sangat menjaga penampilan lebih menggunakan produk krim wajah yang saya buat dibandingkan dengan krim wajah yang sudah memiliki nama dan dikenal masyarakat luas.

Selain menggunakan cara konvensional, dalam memasarkan produk ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan media internet seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Dengan berbagai sistem pemasaran yang digunakan, maka produk krim ini bukan hanya di kenal di dalam negeri namun juga sudah di pasarkan hingga keluar negeri seperti Singapura.

Prospek dan Kendala

Karena penampilan dan kesehatan kulit merupakan hal yang sangat diprioritaskan sekarang ini, maka akan banyak peminat untuk produk krim kecantikan ini. Hal tersebut dapat terlihat dari permintaan produk kecantikan yang saya buat, dalam satu bulan bisa mencapai 500 pot (tempat krim), dengan hitungan per minggunya 100 sampai 150 pot dengan omset sebesar Rp 8 juta.

Sedangkan untuk kendalanya sendiri, ialah dalam hal penanganan terhadap konsumen, karena permintaan yang terlalu besar sedangkan usaha ini masih di jalankan dalam skala kecil maka hal tersebut agak sedikit menghambat pelayanan kepada para konsumen.

 

Oleh: Dien Diana Afrianti, Pemilik Beauty Addiet

Komp. Jati Waringin, Antilop, JL. Tampak Siringan 2 Blok C17 No. 206

Pondok Gede, Jati cempaka, Bekasi

Instagram        : fourskinroutine.com

Email               : fourskinroutine@gmail.com

Dindin_44@yahoo.com

Twitter                        : @fourskinroutine

@diendiana

Facebook         : Dien Diana Afrianti

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.